+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Bugel Peni merupakan salah satu pantai berpasir hitam yang terdapat di Jogja. Beberapa pantai berpasir hitam lainnya adalah Pantai Parangtritis, Pantai Glagah, Pantai Goa Cemara dan pantai lainnya. Meskipun termasuk salah satu diantara beberapa pantai berpasir hitam di Jogja, Pantai Bugel tidak begitu terkenal.

Umumnya pantai-pantai yang terdapat di Jogja didominasi oleh pantai berpasir putih. Pantai berpasir putih ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai-pantai ini berada di pesisir selatan Jogja yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Seluruh pantai ini berada lumayan jauh dari pusat Kota Jogja. Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena para wisatawan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas wisata yang terdapat di Jogja. Dengan berbagai fasilitas wisata yang dimiliki, Jogja menjadi salah satu daerah wisata terbaik di Indonesia.

Untuk transportasi daerah kota dan sekitarnya, para pengunjung bisa memanfaatkan trans Jogja atau kendaraan umum seperti taxi dan ojek online. Berbagai tempat menginap juga tersedia, mulai dari penginapan, hotel sampai home stay. Para wisatawan bisa memanfaatkan rental mobil wisata untuk kunjungan ke obyek-obyek wisata di Jogja.

Pasir Hitam Pantai Bugel, sumber ig @shukushy
Pasir Hitam Pantai Bugel, sumber ig @shukushy

Terdapat juga jasa paket wisata Jogja yang bisa mengakomodir seluruh kebutuhan perjalanan wisata di Jogja. Mulai dari itinerary, transportasi, penginapan dan layanan paket wisata lainnya. Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa menikmati kunjungan ke berbagai lokasi wisata sekaligus termasuk ke Pantai Bugel.

Pantai Bugel Peni Kulon Progo

Pantai Bugel adalah salah satu pantai berpasir hitam diantara beberapa yang lainnya. Meski didominasi yang berpasir putih, pantai berpasir hitam juga sering ramai dikunjungi. Namun, untuk Pantai Bugel sedikit berbeda.

Pantai Bugel berombak besar sehingga memang tidak digunakan untuk wahana bermain air. Namun, meskipun begitu, tetap tampak pesona pada obyek wisata yang satu ini sehingga masih terdapat kunjungan yang lumayan pada waktu-waktu tertentu.

Karena ombaknya yang besar, obyek wisata ini lebih sering menjadi target para nelayan dan menjadi lokasi pelelangan ikan. Sehingga bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang ikan laut segar, Desa Bugel bisa menjadi alternatif tempat untuk mendapatkannya.

Pemandangan di sekitar lokasi juga menakjubkan. Pantai-pantai di sekitar Kulon Progo memang lebih sering terlihat dikelilingi oleh pepohonan cemara. Karena banyaknya pepohonan cemara ini, disekitar pantai suasananya menjadi lebih sejuk.

Selain itu, terdapat lapangan rumput yang luas. Lapangan rumput ini bisa dimanfaatkan sebagai camping ground dan spot piknik. Obyek wisata yang satu ini memang sering dimanfaatkan sebagai tempat menepi dari hiruk pikuk keramaian karena lokasinya masih relatif sepi pengunjung terkecuali pada waktu-waktu khusus.

Pantai Bugel, sumber ig @yulia_angelina_
Pantai Bugel, sumber ig yulia_angelina_

Lokasi dan Rute

Pantai Bugel berada di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi, bisa melalui beberapa jalur ke arah barat Jogja seperti Jalan Bantul dan Jalan Wates. Patokan yang paling mudah untuk menuju lokasi adalah Pantai Glagah. Selain karena Pantai Glagah lebih dikenal, Pantai Bugel memang berada di area pantai daerah Kulon Progo.

Jika memilih untuk melewati Jalan Bantul, dari pusat Kota Jogja menuju ke arah selatan hingga berada di Jalan Bantul. Kemudian dilanjutkan hingga ke area Jalan Bantul – Palbapang dan berbelok ke arah barat menuju ke arah jembatan Srandakan. Setelah jembatan mengarah ke selatan hingga bertemu traffic light dan mengarah ke Desa Bugel.

Jika memilih melewati Jalan Wates, dari pusat Kota yakni titik nol km, cukup mengarah ke barat melewati sentolo menuju ke pusat Kota Wates. Kemudian dilanjutkan terus menuju Purworejo dan mengikuti jalan menuju Pantai Glagah. Ikuti jalur hingga bertemu Desa Bugel.

Perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Jogja atau titik nol km Jogja. Jarak tempuhnya diperkirakan sekitar 36 hingga 38 km. Untuk kondisi rute perjalanan sudah baik, namun disarakan untuk menggunakan kendaraan bermotor seperti roda dua dan roda empat.

Nama : Pantai Bugel
Lokasi : Panjatan, Gumuk Waru, Bugel, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655

Fasilitas

Meski terbilang sepi pengunjung, namun fasilitas yang terdapat di lokasi sudah cukup memadai. Beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi diantaranya :

  • Tempat Makan
  • Penginapan
  • Mushola
  • Toilet
  • Parkir
Pantai Bugel, sumber ig shukushy
Pantai Bugel, sumber ig @shukushy

Informasi Harga

Untuk mengunjungi obyek wisata ini tidak perlu membayar biaya retribusi masuk. Hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk roda dua Rp. 2.000 dan roda empat sebesar Rp. 5.000. Karena itu, obyek wisata ini bisa menjadi salah satu obyek wisata hemat di Jogja.

Informasi Lainnya

Lokasi wisata ini lebih dikenal sebagai kampung nelayan dibandingkan dengan obyek wisata. Sehingga lebih terlihat aktivitas para nelayan dibandingkan aktivitas wisata. Meskipun begitu, obyek wisata ini juga cocok menjadi lokasi wisata yang bagus dari segi pemandangan dan fasilitasnya.

Itu dia informasi seputar Pantai Bugel Peni Kulon Progo. Semoga bisa bermanfaat menjadi referensi wisata Anda selanjutnya di Jogja. Simak informasi wisata Kulon Progo lainnya tentang air terjun Sidoharjo di halaman antarejatour.com.