Jika Anda adalah seseorang yang sangat menyukai wisata alam, cobalah untuk berkunjung ke wisata Kalibiru Yogyakarta. Pemandangan yang asri ditambah dengan udara yang sejuk akan melengkapi liburan Anda.

Berwisata ke Kalibiru ini bisa membuat stress Anda hilang dalam sejenak. Cocok untuk dikunjungi bagi orang-orang yang bosan dengan rutinitasnya di kantor atau semacamnya. Nah, ada satu lagi hal menarik dari Kalibiru, yaitu ada banyak spot foto alam untuk bahan posting ke instagram Anda!

Wisata Kalibiru Jogja

Wisata Kalibiru adalah sebuah taman yang indah, lingkungan yang damai, dan pemandangan yang menakjubkan. Wisata ini terletak di perbukitan Menoreh, dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Kalibiru, sumber ig @__natashaaisyah__

Kalibiru, sumber ig @__natashaaisyah__

Tempat wisata ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Tersedia berbagai warung makan yang dapat dijadikan tempat untuk mengisi perut sebelum memulai pertualangan. Selain itu, ada juga penginapan yang disediakan di berbagai home stay yang terletak tidak jauh, serta fasilitas camping ground dan outbound yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu.

Lokasi dan Rute

Lokasi Kalibiru berada di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulonprogo. Lokasi wisata ini masih searah dengan waduk Sermo, yang juga destinasi tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan Kalibiru. Letak Kalbiru bisa dikatakan  begitu naik atau menanjak ke atas bukit. Namun jalan menuju ke wisata Kalibiru masih terbilang mulus dan tidak bergelombang. Sayangnya untuk menuju ke Kalibiru, Anda tidak bisa menggunakan transportasi umum. Jadi Anda harus menggunakan transportasi pribadi.

Seperti yang telah diijelaskan di atas, bahwa letak Kalibiru masih dekat dengan Waduk Sermo, maka untuk bisa menuju ke wisata ini Anda bisa menggunakan patokan ke Waduk Sermo. Jika Anda berada di kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda menuju jalan Wates sampai Sentolo.

Info wisata Kulon Progo lainnya: Hutan Mangrove

Sampai di Sentolo, arahkan kendaraan Anda ke kanan sampai menemukan perempatan. Setelah perempatan belok kiri ke arah alun-alun Wates. Dari alun-alun tersebut maka beloklah ke kana menuju arah wisata Waduk Sermo. Dari wisata Waduk Sermo, naik ke atas sampai Anda menemukan papan petunjuk menuju wisata kalibiru.

Nama : Kalibiru Jogja
Alamat : Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Wisata alam di kalibiru sangat diminati oleh para wisatawan. Maka pada masa liburan, bisa dipastikan obyek yang satu ini ramai oleh pengunjung, baik itu keluarga maupun anak-anak muda. Saat di puncak kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sungguh indah, antara lain deretan Perbukitan Menoreh yang subur dan hijau, dan apabila cuaca sedang cerah maka kamu dapat menyaksikan debur ombak pantai selatan dari kejauahan.

Sementara itu di sisi timur, kamu bisa melihat dataran yang menghampar luas tak terbatas. Di puncak terdapat sebuah prasasti batu, menara pandang, serta flyover. Jika ingin berkunjung kesana bisa melihat penawaran paket wisata 1 hari ini dari kami.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Wisata Kalibiru Yogyakarta, Anda bisa membayar biaya masuk sebesar Rp. 5000 per orang pada hari Senin-Jumat. Namun pada akhir pekan atau hari libur, maka biaya masuk dikenakan tarif sebesar Rp10.000 / orang.  

Untuk bisa mengambil gambar di beberapa spot foto yang telah disediakan di Kalibiru ini, tarifnya bervariasi mulai dari Rp10.000-Rp15.000 Untuk harga tersebut, Anda akan mendapatkan durasi mengambil foto selama 5 menit. Adapun untuk paket Climbing, Spyder web , Sling, Hanging Bridge atau  Zip-Line, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000.

Saran Tambahan

Kalibiru sumber ig ramaarlyadi

Kalibiru sumber ig @ramaarlyadi

Kapan waktu terbaik untuk berwisata Kalibiru ini? Jika Anda ingin menghindari keramaian dan antrian yang panjang di beberapa spot foto Kalibiru, Anda bisa berkunjung pada hari-hari aktif atau weekdays. Jika Anda mengunjungi Kalibiru pada akhir pekan, maka bersiaplah untuk berdesak-desakan. Anda juga perlu menghindari datang ke wisata Wisata Kalibiru Yogyakarta saat hujan karena sebagian besar spot foto di tempat pohon ditutup karena alasan keamanan.

Demikian ulasan menarik tentang wisata Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi liburan dan wisata anda jika berkesempatan ke Yogyakarta. Selepas dari Kalibiru, anda juga bisa berkunjung ke pantai Glagah untuk menikmati matahari terbenam yang bagus disana. Selamat berwisata!