+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Air terjun Sidoharjo adalah salah satu obyek wisata air terjun yang terdapat di Jogja. Masih banyak obyek-obyek wisata Jogja selain Air terjun Sidoharjo yang mengagumkan serta bergenre kekinian yang ramai dikunjungi pada masa-masa berliburan. Jogja memang kaya dengan aset pariwisatanya.

Sebagai salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia, Jogja menyimpan berbagai jenis wisata alam Kulon Progo yang menarik. Wisata air terjun, wisata bukit, wisata pantai, desa wisata dan jenis wisata alam lainnya. Selain wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner juga bisa dinikmati di Jogja.

Air terjun Sidoharjo masih terbilang jarang terdengar bagi banyak wisatawan. Meskipun begitu, Air terjun Sidoharjo atau disebut juga Air terjun Perawan Sidoharjo menyimpan berbagai daya tarik yang membuat penasaran para wisatawan. Simak berbagai informasinya berikut ini.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo, sumber ig jogjatripstory
Air Terjun Sidoharjo, sumber ig @jogjatripstory

Air terjun Sidoharjo berada diantara perbukitan menoreh. Daerah Kulon Progo yang menjadi lokasi keberadaan air terjun ini memang merupakan bukit dengan jalan menanjak naik dan turun. Sehingga Air terjun Sidoharjo ini adalah salah satu air terjun dengan tebing tertinggi di Jogja.

obyek wisata alam yang satu ini juga disebut sebagai Air terjun Perawan. Biasanya kata “perawan” adalah konotasi bagi tempat-tempat yang belum terjamah sama sekali. Namun versi lainnya dari penduduk sekitar juga menyatakan bahwa disebut Air terjun Perawan karena yang pertama kali menemukan lokasi wisata ini adalah seorang gadis.

Terlepas dari uniknya asal-usul nama lokasi wisata ini, obyek wisata yang satu ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa. Selain itu, memang belum ada begitu banyak sarana-sarana buatan sehingga kondisinya masih begitu alami dan apa adanya. Tetapi jangan khawatir, obyek wisata ini masih tetap bisa dinikmati.

Pada saat sampai di lokasi, para pengunjung disuguhi pemandangan tebing yang sangat tinggi dibandingkan tinggi orang dewasa pada umumnya. Dari tebing tinggi ini mengalir air terjun yang menyegarkan. Dibawahnya terdapat tampungan aliran arus air yang biasa dimanfaatkan untuk berendam.

Hutan yang menjadi lokasi air terjun berada begitu sejuk dan asri pada pagi hari. Disekitar lokasi ini juga terdapat bunga-bunga liar yang menghiasi keindahan pemandangan. Di sini juga berkeliaran monyet berekor panjang yang menjadi penghuni hutan.

Lokasi dan Rute

Curug Sidoharjo, sumber ig anton_ariyadi
Curug Sidoharjo, sumber ig @anton_ariyadi

Air terjun Perawan berada di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di area perbukitan menoreh sehingga saat hampir menuju lokasi, banyak tanjakan yang akan dilewati.

Dari Jogja yaitu titik nol km, menuju ke arah barat melewati Jl. K.H. Ahmad Dahlan menuju Jalan Wates. Kemudian terus ke barat hingga masuk ke Jalan Godean. Ketika bertemu dengan perempatan, menuju ke arah utara Jalan Gedongan-Tempel. Kemudian bertemu pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3.

Perjalanan terus berlanjut hingga menuju ke perempatan Nanggulan. Dari perempatan Nanggunlan menuju ke arah utara hingga bertemu perempatan Dekso. Kemudian menuju ke arah Samigaluh hingga bertemu dengan MTs Sidoharjo. Di sekitar inilah obyek wisata alam ini berada.

Kondisi jalan menuju lokasi sudah memadai. Jarak yang ditempuh dari Jogja sekitar 31 km dengan waktu tempuh berkisar 1 jam. Lebih mudah apabila menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Namun meskipun begitu, tetap bisa diakses menggunakan mobil dengan perhatian dan kewaspadaan yang tinggi.

Nama : Air Terjun Sidoharjo
Lokasi : Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Fasilitas

Belum terdapat sarana dan prasarana wisata di lokasi wisata ini. Sehingga para pengunjung sebaiknya mempersiapkan sendiri seluruh perbekalan kebutuhan untuk berkunjung ke lokasi wisata ini.

Informasi Harga

Belum terdapat tiket masuk lokasi wisata. Namun tetap memerlukan biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000 sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 5.000.

Informasi Tambahan

Air Terjun Perawan Sidoharjo, sumber ig @travellerscantik
Air Terjun Perawan Sidoharjo, sumber ig @travellerscantik

Belum banyak aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi selain menikmati air terjun, berfoto dan melihat pemandangan di lokasi obyek wisata. Namun jika dilihat dari keadaan obyek wisatanya, lokasi ini bisa menjadi wahana aktivitas outdoor seperti hiking, panjat tebing dan flying fox.

Demikian berbagai informasi terkait obyek wisata Air terjun Perawan Sidoharjo yang berhasil dirangkum redaksi antarejatour.com. Simak berbagai informasi wisata Jogja lainnya di halaman kami. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.