Ke mana pun Anda pergi, persiapan traveling menjadi hal penting yang perlu Anda pikirkan. Artikel kali ini akan membahas persiapan traveling menggunakan mobil pribadi atau bisa juga disebut sebagai road trip. Pada umumnya, road trip membutuhkan waktu yang cukup lama. That’s why persiapannya harus matang.

Mengapa Mobil Pribadi?

Traveling dengan mobil pribadi cukup diminati. Mengapa? Mobil pribadi bisa memuat beberapa orang sekali jalan. Cocok untuk bepergian dengan keluarga maupun sendirian. Anda juga bisa berhenti sesekali sesuai kebutuhan tanpa harus menunggu adanya stasiun atau pemberhentian lainnya. Waktunya juga lebih bebas.

Traveling dengan mobil pribadi juga bisa dibilang lebih fleksibel. Anda bisa pergi kapanpun tanpa perlu memesan tiket. Apalagi harga tiket kereta, bus, pesawat dan kendaraan umum lainnya kadang naik pada high season. Jadi traveling dengan mobil pribadi bisa lebih hemat dibandingkan transportasi umum. 

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Traveling dengan Mobil Pribadi

Namun demikian, traveling dengan mobil pribadi tetap saja membutuhkan banyak persiapan. Baik solo traveling, apalagi jika Anda traveling bersama keluarga. Persiapan traveling dengan mobil pribadi sebaiknya direncanakan dengan matang. Sehingga perjalanan Anda nyaman dan aman. Apa saja persiapannya? 

1. Cek Mobil Anda

7 Tips Persiapan Traveling Agar Road Trip Anda Aman Dan Nyaman
Cek kondisi mobil sebelum digunkan traveling. Sumber: Istockphoto.com

Mobil Anda harus berada dalam kondisi baik sebelum Anda bawa traveling. Pastikan Anda sudah memeriksa keadaan mobil Anda secara menyeluruh. Bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan penanganan terbaik. Pastikan ban, aki, hingga AC dan semua peralatan berfungsi dengan baik.

Anda dapat bawa mobil pribadi ke service mobil Jogja atau service mobil daerah Anda terlebih dahulu jika ditemukan masalah teknis pada mobil. Tentu melakukan service kendaraan pribadi sebelum digunakan traveling adalah langkah yang bijak.

2. Bawalah Surat-Surat dan Dokumen Penting

Periksalah SIM Anda, cek masa berlakunya, pastikan SIM Anda belum kadaluarsa. Begitu juga STNK dan BPKB mobil Anda. Jangan lupa bawa pula asuransi kendaraan Anda jika terjadi sesuatu selama perjalanan. Gandakan dokumen tersebut dan bawalah selama Anda melakukan perjalanan.

3. Buatlah Itinerary dan Rute Perjalanan

Itinerary atau jadwal perjalanan memegang peran penting. Tentukan tujuan mana saja yang akan Anda singgahi dan seberapa lama Anda akan singgah. Tentukan juga rute yang akan Anda tempuh. Pantau terus lewat aplikasi seperti Google Maps atau Waze untuk menghindari kemacetan dan menemukan jalan alternatif.

4. Pantau Kondisi Cuaca

7 Tips Persiapan Traveling Agar Road Trip Anda Aman Dan Nyaman
Pantau prakiraan cuaca sebelum berangkat traveling. Sumber: Istockphoto.com

Cuaca juga mempengaruhi efisiensi perjalanan Anda. Agar lebih lancar, pastikan Anda bepergian saat cuaca cerah. Pantau juga kondisi cuaca di wilayah yang Anda lewati dan daerah tujuan Anda. Jika memang Anda harus tetap bepergian di musim hujan, persiapkan kendaraan Anda untuk itu.

5. Jaga Kesehatan Sebelum Bepergian

Perjalanan dengan mobil pribadi membutuhkan kondisi tubuh yang prima dan tetap sehat. Anda harus tetap fokus selama mengemudi mobil agar tetap aman dan selamat. Konsumsi makanan yang sehat dan jagalah hidrasi selama berkendara. Pastikan Anda cukup istirahat agar tetap fokus selama mengemudi. 

6. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Mampu membaca tanda-tanda atau rambu-rambu lalu lintas menjadi basic skill bagi setiap pengemudi. Jangan terlalu ngebut selama berkendara, ya. Patuhilah aturan lalu lintas yang berlaku di setiap daerah yang Anda lewati atau menjadi tujuan Anda. Mematuhi aturan lalu lintas bisa meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas. 

7. Siapkah Perlengkapan Darurat untuk Mobil Anda

Meskipun mobil Anda sudah dalam keadaan terbaiknya, Anda perlu tetap membawa perlengkapan darurat untuk mobil Anda. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, persiapkan sebaik mungkin. Bawalah kunci roda, ban serep, dongkrak, dan peralatan servis yang biasa Anda gunakan.

Bawa Apa Saja Untuk Traveling Dengan Mobil?

Selain mempertimbangkan dan mempersiapkan hal-hal di atas, ada juga beberapa barang perlu Anda bawa. Barang-barang ini sebaiknya menjadi prioritas Anda sebelum barang bawaan pribadi Anda. Barang-barang ini bisa saja akan sangat Anda butuhkan dan sangat membantu di situasi tidak terduga. Apa saja, ya?

1. Aplikasi Peta dan Navigasi/GPS

7 Tips Persiapan Traveling Agar Road Trip Anda Aman Dan Nyaman
Ilustrasi road trip dengan bantuan peta. Sumber: Istockphoto.com

Peta menjadi hal yang penting dalam traveling. Untungnya, Anda bisa mengakses rute dari aplikasi peta dan navigasi. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi peta dan navigasi/GPS di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini dapat memberikan informasi terkini mengenai kondisi jalan dan cuaca dari rute yang Anda tempuh.

2. Charger Gawai di Mobil 

Pastikan ponsel pintar Anda berada dalam kondisi baterai penuh. Bawa charger ponsel untuk mengisi daya jika suatu saat ponsel Anda kehabisan daya. Pastikan juga bahwa mobil Anda memiliki saluran untuk mengisi ulang daya ponsel pintar Anda. Powerbank juga akan sangat membantu, bawalah saat perjalanan.

3. Kotak P3K

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Maka, persiapkanlah semuanya sebaik mungkin. Termasuk kotak P3K. Isilah kotak P3K dengan obat-obatan umum seperti salep, obat merah, alkohol, obat anti mabuk perjalanan, paracetamol, minyak kayu putih. Siapkan juga plester dan kasa untuk menutup luka.

4. Bantal Leher dan Konsumsi

Mengemudi mobil sebaiknya dilakukan dalam keadaan rileks. Bawalah bantal leher untuk menopang leher Anda selama mengemudi. Jangan lupa bawa makanan ringan (seperti permen dan kacang-kacangan) dan  dan minuman agar Anda tetap bertenaga dan terhidrasi selama perjalanan. Jangan lupa kumpulkan sampahnya.

5. Perkakas Mobil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bawalah perkakas mobil untuk berjaga-jaga. Setidaknya bawalah dongkrak, ban serep,dan pompa ban portabel. Pompa ban akan sangat membantu jika terjadi ban kempes dan Anda tidak menemukan bengkel atau SPBU. Pompa ban akan membantu Anda mengisi ulang angin ban mobil Anda.  

Demikian sedikit ulasan mengenai persiapan traveling khususnya menggunakan mobil. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Maka persiapkanlah semuanya sebelum Anda berangkat. Jangan lupa banyak berdoa agar perjalanan tetap aman dan selamat. Simak ulasan lainnya, ya!