+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Depok berada di area pantai terkenal di Jogja yaitu Parangtritis. Meski tidak begitu dikenal sebagaimana Pantai Parangtritis, Pantai Depok juga termasuk salah satu pantai dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. Bahkan Pantai Depok Jogja bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menikmati banyak hal dan aktivitas yang berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Jogja memiliki banyak sekali obyek wisata sejenis. Keberadaannya yang memang bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia memberikan daya tarik sebagai salah satu lokasi wisata bahari terkenal di Indonesia. Selain itu, Jogja terkenal dengan berbagai jenis wisata lainnya yang ditawarkan.

Beberapa diantaranya seperti wisata alam (bukit, hutan dan desa), wisata belanja, wisata budaya, wisata sejarah dan jenis wisata lainnya. Didukung dengan fasilitas wisata yang memadai, seluruh lokasi-lokasi wisata yang tersebar dapat dikunjungi dengan mudah. Meskipun baru pertama kali berkunjung.

Spot Foto Pantai Depok, sumber ig danang.ds47
Spot Foto Pantai Depok, sumber ig @danang.ds47

Salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan adalah jasa penyedia paket wisata Jogja. Jasa ini akan memfasilitasi transportasi wisata, reservasi, lokasi menginap bahkan itinerary wisata Anda di Jogja. Salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Depok Jogja.

Pantai Depok Jogja

Pantai Depok adalah salah satu tujuan bagi penggemar santapan laut segar. Ya, daya tarik pantai ini sedikit berbeda dengan Pantai Parangtritis yang berada tepat di sebelah timurnya. Meski begitu, kedua lokasi memang terkenal sebagai lokasi wisata yang ramai pengunjung di Jogja.

Sebelum mengulas pesona lokasi wisata bahari yang satu ini, menarik diketahui tentang sejarah yang ada dibalik keberadaannya. Sejarah ini kemudian menjadi asal-usul nama, asal-usul keberadaan pemukiman disekitarnya dan keindahan-keindahan seperti yang sekarang dapat disaksikan pada saat berkunjung.

Pantai Depok Jogja, sumber ig astariasridiah
Pantai Depok Jogja, sumber ig @astariasridiah

Pantai Depok adalah padepokan yang menjadi tempat mukim para prajurit yang meninggalkan kerajaan Majapahit yang pada waktu itu terpecah. Mereka berhenti di suatu tempat dan mendirikan padepokan yang sekarang menjadi nama Pantai Depok.

Depok yang kemudian menjadi sebuah dusun dikelola oleh Aris Baya yang merupakan anak angkat dari Tunggul Wulung. Setelah Tunggul Wulung wafat, terjadi perebutan kekuasaan yang berdampak pada terpecahnya wilayah-wilayah. Keseluruhan wilayah mulai dari Dusun, Desa dan lainnya berawal dari peristiwa ini.

Selanjutnya, pada tahun 1997 para nelayan yang berasal dari Cilacap menemukan daerah ini sebagai lokasi labuhan kapal hasil tangkapan yang strategis. Kemudian terjadi interaksi antara nelayan dan penduduk sekitar yang kebanyakan para petani, salah satunya interaksi jual beli hasil tangkapan. Sehingga di lokasi ini para penggemar makanan laut banyak berdatangan untuk membeli ikan.

Pantai Depok, sumber ig jogjagowes
Pantai Depok, sumber ig @jogjagowes

Dengan ramainya jual beli hasil tangkapan laut ini, akhirnya lokasi ini menjadi salah satu pangkalan pendaratan ikan dan tempat pelalangan ikan di Jogja. Bahkan bukan hanya hasil tangkapan yang berasal dari Pantai Depok, namun juga berbagai pantai-pantai Jogja lainnya.

Untuk daya tarik wisata, lokasi ini memiliki banyak wahana dan spot-spot menarik untuk dikunjungi. Selain pemandangan indah khas bahari Indonesia, pasir hitam dan kapal-kapal yang berlabuh, fasilitas berupa tempat makan kuliner lautnya adalah salah satu yang terkenal diantara pantai-pantai yang terdapat di Jogja.

Lokasi dan Rute

Obyek wisata Pantai Depok berada di Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah Barat Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Sehingga untuk menuju ke sini, rute dan lokasinya dapat dicari dengan mudah dengan petunjuk yang ada.

Pemandangan Jalan Di Sekitar Pantai Depok, sumber ig @lingkarjogjakarta
Pemandangan Jalan Di Sekitar Pantai Depok, sumber ig lingkarjogjakarta

Meskipun berada sederetan dengan Parangtritis dan Parangkusumo, namun memiliki tempat penarikan retribusi yang berbeda. Dari Kota Jogja menuju ke selatan memasuki Jalan Parangtritis. Ikuti terus jalur ini, sampai bertemu dengan tempat penarikan retribusi Parangtritis. Untuk menuju tujuan, masuk berbelok ke arah selatan sebelum tempat penarikan retribusi Parangtritis.

Nama : Pantai Depok
Lokasi : Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Fasilitas

Terdapat berbagai fasilitas baik untuk yang hanya sekedar ingin menikmati seafood maupun menikmati wisata di obyek wisata ini. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Pasar Ikan dan Hasil Laut
  • Tempat Kuliner
  • Wahana Permainan Pantai
  • Spot Foto
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Untuk mengunjungi lokasi ini, pada saat memasuki tempat penarikan retribusi, Anda perlu membayar sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan harganya bervariasi mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 15.000.

Biaya lainnya yang perlu dikeluarkan adalah biaya sewa spot foto mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000, sewa alas duduk seperti tikar Rp. 5.000 dan biaya jasa foto dan sewa ATV dengan harga bervariasi dan terjangkau.

Kuliner Seafood di Pantai Depok, sumber ig galihoktorika
Kuliner Seafood di Pantai Depok, sumber ig @galihoktorika

Informasi Tambahan

Pantai Depok memiliki ombak yang besar sehingga permainan air hanya bisa dinikmati di pinggiran pantai dengan pengawasan dan kewaspadaan. Namun, jangan khawatir, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana permainan dan aktivitas di lokasi ini.

Misalnya menikmati santapan seafood. Para wisatawan bisa menghampiri kapal-kapal nelayan yang baru berlabuh dan langsung membeli dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli di pasar ikan. Setelah membelinya, bisa dimasak langsung di tempat-tempat makan di sekitar pantai dengan harga bervariasi.

Untuk penggemar selfie, banyak sekali spot-spot foto baik yang tersedia dengan harga sewa maupun pemandangan indah pantai langsung. Spot-spot foto dengan harga sewa ini memiliki berbagai ornamen yang menarik dan instagrammable.

Itu dia berbagai informasi terkait Pantai Depok untuk para pembaca antarejatour yang setia. Semoga bisa menjadi tambahan dalam referensi wisata Anda di Jogja. Simak informasi lainnya mengenai Pantai Goa Cemara di halaman kami. Selamat berwisata!