+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Goa Cemara Jogja adalah salah satu wisata pantai yang berbeda di Jogja. Jika biasanya pantai menampilkan terik panas dan cerahnya langit, berbeda dengan Pantai Goa Cemara. Karenanya Pantai Goa Cemara Jogja menarik untuk diulas sebagai salah satu pantai eksotis Jogja.

Jika biasanya keberadaan pantai-pantai eksotis terdapat di area selatan yaitu Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Goa Cemara berada di area agak ke barat yaitu Bantul. Namun area ini sebenarnya juga merupakan sederet pantai-pantai Jogja di pesisir selatan.

Untuk mengunjungi pantai-pantai di pesisir selatan Jogja ini sudah terdapat sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Fasilitas wisata tersebut diantaranya seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, bus pariwisata, penginapan, tempat makan dan fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan para wisatawan.

Pantai Goa Cemara Jogja memiliki daya tarik berbeda yang tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai Jogja lainnya. Apa saja daya tariknya? Simak berbagai informasi terkait Pantai Goa Cemara Jogja berikut ini.

Pantai Goa Cemara Jogja

Pantai Goa Cemara, sumber ig bayupra215
Pantai Goa Cemara, sumber ig @bayupra215

Pantai Goa Cemara Jogja memang belum seramai pantai-pantai eksotis Jogja lainnya. Obyek wisata ini masih kurang viral di media-media sosial. Meskipun begitu sebenarnya Pantai Goa Cemara adalah salah satu obyek wisata pantai yang unik.

Dilihat dari namanya, Pantai Goa Cemara, sebenarnya di area ini tidak terdapat satupun Goa. Namun, lebih unik lagi, yang dimaksud Goa Cemara adalah pepohonan cemara yang tumbuh berbaris sehingga membentuk terowongan yang asri yang akhirnya disebut Goa Cemara.

Awalnya pepohonan cemara yang ada ditanam untuk mengimbangi pepohonan dan tumbuhan lainnya yang memang sengaja ditanam untuk mencegah abrasi dari pantai. Seiring perjalanan waktu, ternyata pepohonan ini malah menjadi keunikan tersendiri serta pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lainnya.

Keunikan lainnya adalah suasananya yang asri. Jika pantai-pantai lainnya menampilkan terik matahari yang cerah, hutan cemara yang terdapat di pantai ini malah menjadikan pantai ini asri dan lebih sejuk dari pantai-pantai lainnya.

Di Pantai Goa Cemara, setiap 1 tahun sekali diadakan aktivitas ritual budaya warga setempat. Aktivitas ritual ini namanya labuan. Labuan diadakan setiap tanggal 1 syuro atau 1 muharram tahun hijriyah. Para warga mempersiapkan sesembahan kepada laut sebagai bentuk rasa syukur menurut kepercayaan mereka.

Pantai Goa Cemara, sumber ig goodel_adventure
Pantai Goa Cemara, sumber ig @goodel_adventure

Saat ritual diadakan, banyak para pengunjung pantai yang penasaran dan mengikutinya. Biasanya para pengunjung juga bisa menikmati sajian yang sengaja dibuat sebagai bagian dari ritual ini. Menurut penduduk setempat, ritual ini diadakan karena kaitan asal-usul pantai ini dengan keberadaan Nyi Roro Kidul.

Sejak dibuka tahun 2010 yang lalu, pantai ini terus mengalami pertambahan jumlah pengunjung. Karena banyak yang penasaran dengan bentuk Goa Cemara yang dimaksud di sini. Apalagi di sini juga terdapat mercusuar yang bisa dijadikan spot foto. Selain itu, masih banyak aktivitas dan permainan lainnya yang dapat dilakukan di pantai ini.

Lokasi dan Rute

Pantai Goa Cemara Jogja berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kec Sanden, Kab Bantul, Yogyakarta. Lokasinya termasuk mudah dan akses menuju pantai ini juga terbilang baik dan lancar karena berdamping dengan sederet pantai Bantul lainnya.

Dari kota Jogja, keberangkatan dimulai dari titik pojok beteng kulon ke arah Jalan Bantul. Di Jalan Bantul perjalanan dilanjutkan terus menuju Kota Bantul. Sesampainya di Jalan Samas, Anda akan memasuki tempat pembayaran retribusi. Setelah membayar retribusi, Anda masuk menuju Pantai Samas, Pantai Krawu dan Pantai Goa Cemara yang berada di antara kedua pantai tersebut.

Nama : Pantai Goa Cemara
Lokasi : Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763

Fasilitas

Pantai Goa Cemara Jogja memiliki sejumlah fasilitas yang terbilang lengkap diantaranya :

  • Camping Ground
  • Persewaan Kuda
  • Persewaan ATV
  • Warung Makan
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Untuk menikmati aktivitas di pantai ini, para pengunjung perlu mengeluarkan sejumlah biaya mulai dari biaya masuk, biaya parkir dan biaya untuk memanfaatkan sejumlah fasilitas dan wahana permainan pantai. Untuk biaya masuknya sebesar Rp. 4.000. Sedangkan biaya parkir mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 15.000 tergantung dari jenis kendaraan yang dipakai. Untuk menikmati pemandangan dari atas mercusuar akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang. Serta biaya-biaya lainnya.

Pantai Goa Cemara, sumber ig ariekoesuma
Pantai Goa Cemara, sumber ig @ariekoesuma

Informasi Tambahan

Yang paling sering menjadi incaran para pengunjung di sini tentu saja adalah Goa Cemara. Lokasi ini bisa dimanfaatk untuk berfoto atau sekedar berjalan-jalan menikmati udara yang segar. Pepohonan cemara yang berjumlah kurang lebih sebanyak 6000 lebih memberikan sensasi dan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa memanfaatkan wahana ATV untuk menyusuri pantai. Bahkan terdapat juga kuda yang bisa disewa untuk melakukan aktivitas yang sama. Banyak juga terdapat spot santai dan piknik termasuk camping ground.

Itu dia berbagai informasi terkait Pantai Goa Cemara yang bisa dirangkum tim redaksi antarejatour. Masih banyak hal-hal yang menjadi keunikan dan daya tarik pantai ini yang bisa Anda temukan langsung di lokasi. Simak terus berbagai ulasan menarik lainnya tentang wisata Jogja di halaman antareja tour.

Untuk informasi Pantai Nguluran dapan Anda temukan di sini. Silahkan bagikan artikel ini dan berikan komentar Anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata selanjutnya untuk Anda. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.