+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Air terjun Sri Gethuk Wonosari menjadi pilihan alternatif diantara seluruh pesona wisata yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Biasanya, Gunung Kidul terkenal dengan beragam obyek wisata pantainya yang eksotis seperti Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Kukup dan pantai-pantai lainnya. Namun, air terjun Sri Gethuk ternyata salah satu yang menjadi daya tarik juga.

Jogja memang memiliki banyak jenis-jenis wisata yang ditawarkan. Bukan hanya wisata alam, terdapat juga wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, wisata sejarah dan jenis-jenis wisata lainnya. Dengan beragam jenis wisata ini, tentu saja terdapat banyak obyek wisata tersebar di seantero Jogja yang bisa dikunjungi.

Fasilitas wisata yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Terdapat fasilitas paket wisata Jogja yang melayani akomodasi penjemputan, penginapan hingga kunjungan ke obyek-obyek wisata. Terdapat sewa mobil, paket tour dan fasilitas lainnya yang bermanfaat bagi para wisatawan.

Salah satu obyek wisata yang disarankan oleh jasa paket wisata adalah air terjun Sri Gethuk Wonosari. Air terjun ini memiliki daya tarik yang berbeda karena bentuk pemandangannya serta dilengkapi dengan khazanah budaya penduduk setempat. Berikut informasi terkait air terjun Sri Gethuk Jogja selengkapnya.

Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, sumber ig juwardi605
Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, sumber ig @juwardi605

Air Terjun Sri Gethuk

Sekilas air terjun Sri Gethuk Wonosari terdengar biasa karena yang tergambar adalah air terjun pada umumnya. Namun jika melihat obyek wisatanya secara langsung, air terjun ini berada di tepian tebing sungai yang cukup panjang dan lebar. Sehingga untuk berada tepat di sumber air terjunnya, para pengunjung perlu menyusuri sungai sepanjang lebih kurang 700 meter.

Hal menarik lainnya adalah nama “Sri Gethuk” itu sendiri. Nama ini sama sekali tidak berhubungan dengan makanan khas penduduk setempat yaitu “Gethuk”. Nama ini berhubungan dengan mitos kepercayaan penduduk setempat terkait kejadian di sekitar air terjun ini.

Konon, di sekitar air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul ini terdengar suara “kethukan” gamelan. Ketika dicari sumbernya, suara ini menjadi tidak terdengar lagi. Di sini para penduduk setempat memiliki kepercayaan tersendiri, yaitu mengenai makhluk ghaib berupa jin yang mendiami air terjun.

Jin yang oleh penduduk setempat disebut bernama Anggo Meduro ini mereka yakini menyukai seni musik khas Jawa yang berciri khas memakai gamelan sebagai salah satu alatnya. Dari sini penduduk setempat menamai obyek wisata ini sebagai Sri Gethuk.

Dengan keunikan ini, tentu saja para pengunjung memiliki pandangannya masing-masing. Terlepas dari mitos ini, bisa menikmati obyek wisata air terjun Sri Gethuk Wonosari ini tentu menjadi pengalaman yang bisa diingat. Berikut informasi terkait lokasi, fasilitas, harga tiket dan saran yang bermanfaat untuk Anda.

Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, sumber ig nurito_wahyu
Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, sumber ig @nurito_wahyu

Lokasi dan Rute

Air terjun Sri Gethuk beralamat di Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Air terjun ini berada di tengah hutan, namun aksesnya bisa dijangkau. Bahkan para pengunjung bisa menggunakan kendaraannya termasuk bus wisata untuk menjangkau lokasi air terjun ini.

Rute yang bisa ditempuh jika memulai perjalanan dari Kota Jogja adalah mengarah ke timur hingga bertemu ring road ketandan. Dari sini mengarah ke selatan di Jalan Wonosari ke arah Kabupaten Gunung Kidul. Sambil mengarah ke Kabupaten Gunung Kidul, sesampainya di Pathuk lurus saja sampai menemukan pertigaan Gading setelah Landasan Udara TNI AU, lalu Anda mengambil arah ke kanan tujuannya Playen. Dari Playen ambilah arah ke kanan menuju kecamatan Palihan. Menyusuri rute ini, Anda akan menemukan pertigaan dan mendapat petunjuk menuju ke lokasi air terjun Sri Gethuk Wonosari.

Jika merasa kesulitan atau ragu-ragu untuk mencari lokasi sendiri, pakailah map yang sudah tersedia. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan sewa mobil Jogja atau paket wisata Jogja yang biasanya driver mampu mengantarkan Anda ke tempat tujuan dan menghadapi segala kondisi yang kemungkinan bisa terjadi seperti macet, keterlambatan menuju lokasi dan kondisi-kondisi lainnya.

Nama : Air Terjun Sri Gethuk
Lokasi : Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Air terjun Sri Gethuk adalah obyek wisata yang sangat cocok untuk berekreasi. Dengan fasilitas wisata yang terbilang lengkap dan pengalaman pengelolaan obyek wisata ini, pengunjung dapat dengan nyaman menikmati obyek wisata yang satu ini. Fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Perlengkapan Bermain Air

Untuk Anda yang ingin menikmati air terjun Sri Gethuk, Anda dapat menyewa perlengkapan berupa pelampung dan perlengkapan lainnya yang tersedia.

  • Perahu

Sesampainya di lokasi, Anda harus menyusuri sungai yang lumayan panjang untuk akhirnya mencapai air terjun. Namun jangan khawatir, Anda dapat menikmati fasilitas perahu yang disediakan untuk mengantarkan para pengunjung menuju air terjunnya.

  • Cafetaria

Biasanya, lokasi obyek wisata ini ramai dengan pedagang yang menjajakan makanan dan jajanan yang dapat dinikmati sembari berwisata baik dari luar atau pedagan yang menempati tempat-tempa berjualan. Bukan hanya makanan, terdapat pula kebutuhan seperti kebutuhan yang diperlukas untuk menikmati air terjun atau aksesoris khas. Yang paling unik adalah kuliner kelapa muda yang dipanggang. Kuliner ini dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Air Terjun Sri Gethuk, sumber ig bowo85_jogjarentcar
Air Terjun Sri Gethuk, sumber ig @bowo85_jogjarentcar
  • Kamar Mandi

Terdapat fasilitas kamar mandi yang berjumlah banyak dan bisa dipakai tanpa tambahan biaya retribusi. Karena berada di sekitar wisata alam, tentu saja memiliki air yang bersih.

  • Mushola

Untuk Anda yang ingin seharian berada di lokasi ini, tidak perlu khawatir. Fasilitas obyek wisata air terjun Sri Gethuk sudah memadai untuk mengakomodir aktivitas Anda di sini. Salah satunya mushola. Sehingga ketika waktu sholat tiba Anda bisa sejenak melaksanakan sholat sebelum kembali menikmati air terjun.

  • Area Parkir Luas

Area parkir yang berada di lokasi air terjun Sri Gethuk ini sangat memadai untuk transportasi rombongan wisata seperti bus wisata. Apalagi jika hanya sekedar mobil pribadi atau mobil wisata. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir dengan area parkir.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati sensasi air terjun Sri Gethuk Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 13.000. Sedangkan untuk transportasi, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda pakai.

Saran Tambahan

Untuk bersantai sejenak, kembali ke alam yang asri, obyek wisata Sri Gethuk Jogja ini sangat cocok. Sembari mengajak keluarga mengawasi anak-anak bermain air terjun. Selain itu, ketersediaan perlengkapan bermain air dan perahu lebih memudahkan para pengunjung untuk menikmati wisata di sini.

Aktivitas lainnya yang bisa dinikmati tentu saja berswafoto. Untuk pemandangan aliran air terjun yang bagus, berkunjunglah di selain musim panas atau kemarau. Meskipun begitu, musim kemarau tidak begitu mempengaruhi suasana air terjun yang sejuk dan lingkungannya yang asri.

Air Terjun Sri Gethuk, sumber ig jeffromeda
Air Terjun Sri Gethuk, sumber ig @jeffromeda

Untuk yang hobi trekking, terdapat jalur trekking yang berada di sisi sungai hingga air terjun. Jalurnya dibangun dengan nyaman dan tidak begitu menantang. Meski begitu tetap bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Tetapi menikmati perahu juga memberikan sensasi yang berbeda pula.

Demikian informasi terkait air terjun Sri Gethuk Wonosari. Semoga bisa menghibur dan menjadi referensi wisata berikutnya untuk Anda. Simak ulasan lainnya terkait informasi wisata Jogja dan tips-tips berliburan di halaman paket wisata Jogja. Silahkan share artikel ini. Matur nuwun.