Goa Gelatik adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Gunung Kidul yang tidak begitu populer. Wajar saja, karena biasanya yang menjadi tujuan para wisatawan di Kabupaten Gunung Kidul berkisar pada obyek wisata pantainya. Pantai-pantai di daerah ini memang terbilang eksotis karena luas terhampar dan berada di pesisir Samudera Hindia.

Kali ini, paket wisata Jogja akan membahas salah satu diantara banyak Goa di Kabupaten Gunung Kidul yang asyik untuk dijadikan wahana susur goa. Perlu diketahui bahwa sebenarnya goa di Kabupaten Gunung Kidul terbilang hampir 60 lebih. Beberapa yang terkenal adalah Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Kalisuci dan beberapa goa lainnya.

Goa Gelatik Lorong Sewu

Goa Gelatik Gunung Kidul, sumber ig rezanizer
Goa Gelatik Gunung Kidul, sumber ig @rezanizer

Goa Gelatik Lorong Sewu sebenarnya adalah obyek wisata minat khusus yang baru saja ditemukan sejak 2014 lalu. Dikatakan obyek wisata minat khusus karena pengunjung harus benar-benar dipandu untuk menyusurinya karena kondisinya ekstrim. Namun bukan berarti Goa Gelatik tidak bisa dikunjungi. Hanya faktor keamanan dan keselamatannya yang perlu perhatian khusus.

Dinamakan “gelatik” karena pada saat ditemukan, goa ini berada di bawah permukaan tanah dan pada pintu masuknya hinggap banyak burung gelatik. Mengenai sebutan “lorong sewu”, bahwa ternyata ketika ditelusuri oleh penduduk setempat goa ini memiliki 7 lapis goa yang berada di dalamnya.

Sejak ditemukan, keberadaan goa ini langsung menjadi daya tarik wisata salah satunya menjadi wahana caving atau susur goa. Pemerintah setempat sudah memberikan perhatian dan obyek wisata ini sudah dikunjungi wisatawan yang penasaran untuk merasakan sensasinya.

Lokasi dan Rute

Goa Gelatik berada di Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gunung Kidul adalah dataran yang paling tinggi di daerah Yogyakarta. Sehingga bisa dibayangkan bagaiamana situasi dan kondisi perjalanan. Untuk medan jalannya sediri sudah bagus dan bisa diakses oleh kendaraan wisata.

Jika berangkat dari Kota Jogja, Anda perlu mengarah ke Jalan Wonosari. Mengikuti Jalan Wonosari, Anda terus menuju ke arah Kota Wonosari, tetapi mengikuti jalur menuju Goa Pindul. Karena sebenarnya goa ini tidak begitu jauh dari lokasi Goa Pindul. Waktu tempuh diperkirakan selama 1,5 jam.

Nama : Goa Gelatik Lorong Sewu
Lokasi : Gunungbang, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Fasilitas

Dengan perhatian dari dinas dan warga setempat, obyek wisata goa ini mampu memberikan fasilitas susur goa yang memadai. Untuk Anda yang ingin menikmati caving di wahana ini, dengan biaya yang Anda keluarkan Anda akan diberi fasilitas berupa :

  • Jemputan
  • Loker
  • Pemandu
  • Head Protector (Helm)
  • Penerang (senter)
  • Tabung Oksigen
  • Plastik (untuk melindungi gadget elektronik)
  • Air Minum
  • Fasilitas lainnya

Harga Tiket Masuk

Biaya yang dibutuhkan dalam kunjungan di Goa Gunung Kidul ini berkisar antara paket susur goa dan biaya parkir. Untuk paket susur goa, Anda cukup mengeluarkan Rp. 30.000. Sedangkan untuk parkir berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 untuk kendaraan pribadi dan Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 untuk kendaraan wisata.

Saran Tambahan

Dengan banyaknya obyek wisata goa di Kabupaten Gunung Kidul ini, sebenarnya bisa menggambarkan bagaimana budaya warga setempat di sini. Obyek-obyek wisata ini meskipun dibuka untuk umum, namun biasanya adalah tempat ritual warga setempat pada waktu-waktu tertentu. Sehingga para pengunjung diharapkan bisa menikmatinya seproporsional mungkin.

Goa Gelatik Lorong Sewu, sumber ig insanwisata
Goa Gelatik Lorong Sewu, sumber ig @insanwisata

Tingkat kesulitan medan Goa Gelatik ini bisa dikatakan antara sedang dan sangat menantang. Sehingga mematuhi seluruh arahan pemandu sangatlah diperlukan. Untuk Anda yang memiliki kendala penyakit tertentu seperti asma atau sesak, maka perlu persiapan khusus atau jika sudah parah, tidak disarankan untuk mengikuti aktivitas caving di goa.

Dengan rute susur goa sepanjang 350 meter, waktu yang ditempuh untuk menyusuri Goa Gelatik Lorong Sewu ini seluruhnya berkisar 1,5 jam. Maka, persiapkanlah fisik Anda. Pastikan pengaman dan peralatan susur goa sudah terpakai dengan baik.

Demikian informasi terkait Goa Gelatik Lorong Sewu Gunung Kidul. Semoga ulasan ini bisa menjadi tambahan koleksi informasi wisata Anda. Simak keseruan wisata alam Pantai Nglambor Jogja di halaman kami. Silahkan share artikel ini, selamat menikmati aktivitas wisata Anda.