+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Berwisata rasanya tidak lengkap jika tidak sembari melakukan aktvitas hiburan lainnya seperti wisata kuliner, berfoto ria, berekresi termasuk membawa pulang oleh-oleh. Jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang juga beragam seperti pakaian adat khas, kerajinan khas tidak terkecuali oleh-oleh kuliner khas. Yang paling banyak dan paling terjangkau ditemukan adalah oleh-oleh kuliner khas. Karena memang berwisata yang menghabiskan energi sangat cocok untuk dipadukan dengan aktivitas makan makanan khas.

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi oleh para pelancong. Selain banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi, di sana terdapat pula surga bagi penikmat jajanan atau oleh – oleh kuliner yang siap untuk dinikmati. Mulai dari oleh – oleh kuliner legendaris hingga yang paling hits pun dapat dijumpai. Jadi, tinggal siapkan budget dan perut kita. Berikut ini paket wisata Jogja akan memberikan beberapa informasi oleh-oleh kuliner khas Jogja.

Oleh-Oleh Kuliner Khas Jogja

Jogja dikenal kreatif untuk berbagai hal. Banyak karya seni budaya terkenal dan terkemuka yang berasal dari Jogja. Tidak terkecuali dengan kuliner. Banyak kuliner-kuliner khas dan bahkan dikembangkan untuk menyesuaikan dengan selera kekinian yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkesempatan untuk berkunjung ke Jogja. Nah, berikut ini oleh-oleh kuliner khas Jogja yang bisa Anda nikmati.

1. Gudeg

Mendengar kata gudeg sepertinya langsung terbersit salah satu daerah istimewa yaitu Jogjakarta. Di Jogjakarta banyak dijumpai lapak gudeg dan masing – masing tempat menyajikan keunikannya sendiri. Jadi, jika berlibur ke Jogjakarta jangan lupa untuk mencoba gudegnya. Terkait dengan gudeg, sebenarnya gudeg Jogjakarta terdapat dua jenis, yakni gudeg basah dan gudeg kering.

Oleh-oleh khas Jogja, sumber ig gudegayam

Oleh-oleh khas Jogja, sumber ig @gudegayam

Keduanya sama – sama nikmat untuk dimakan, tetapi jika kita ingin membawa pulang sebagai oleh – oleh untuk keluarga tercinta, maka alangkah baiknya kita memesan gudeg kering. Gudeg kering ini bisa bertahan hingga 3 hari. Dalam proses pembuatannya gudeg ini cenderung membutuhkan waktu lebih lama, sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gudeg basah.

2. Geplak

Geplak merupakan salah satu dari sekian banyak jajanan khas Jogjakarta yang terkenal. Dalam pembuatannya geplak menggunakan bahan dasar berupa kelapa dan gula. Untuk warna – warnanya yang khas, biasanya menggunakan pewarna makanan. Varian rasanya juga bermacam – macam, diantaranya adalah coklat, nangka, durian, vanilla dan lainnya.

3. Bakpia

Bakpia juga salah satu oleh – oleh yang populer di Jogjakarta. Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara pasti tak akan asing mendengar nama bakpia. Bakpia merupakan makanan yang berbahan dasar tepung dan kacang hijau. Bentuknya bulat kecil – kecil, proses memasaknya dengan cara dipanggang sehingga akan terasa gurih ketika dimakan.
Seiring dengan perkembangan jaman dan munculnya daya saing dari produsen, maka produsen bakpia pun menginovasi isian dalam bakpia tidak hanya dengan kacang hijau saja, akan tetapi menggunakan isi kumbu hitam, cokelat, hingga keju pun ada. Untuk soal harga, mereka menawarkan harga yang relatif terjangkau sehingga tidak membuat kantong kita kering.

4. Yangko

Yangko merupakan makanan berbentuk persegi empat kecil, berbahan dasar tepung ketan dengan dibaluri taburan tepung terigu di sekelilingnya. Yangko memiliki rasa yang unik, selain manis makanan ini juga kenyal dan beraroma khas. Makanan ini awalnya, berisi cincangan kacang dan gula. Akan tetapi saat ini sudah banyak varian rasa. Seperti rasa buah – buahan, yang meliputi rasa melon, durian, stroberi.

5. Salak Pondoh

Salak pondoh berbeda dengan salak pada umumnya. Rasanya manis dan antara daging buah dan bijinya mudah lepas. Salak ini terdapat di pedesaan sekitar gunung merapi Jogja yang terkenal karena setidaknya bererupsi setahun sekali. Masyarakat di sekitaran merapi melakukan budidaya salak pondoh serta membuat olahan-olahan yang berbahan dasar salak. Selain itu desa yang membudidayakan salak pondoh juga menjadi obyek wisata sebagai desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Demikianlah ulasan oleh – oleh kuliner khas Jogja yang bisa Anda nikmati dan bawa pulang sembari berwisata di Jogja. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk menyimak terus ulasan tentang informasi dan tips berwisata Jogja di antarejatour.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!