Jogjakarta merupaka salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan daya tarik wisatanya. Setiap tahun Jogjakarta selalu ramai dipenuhi oleh para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisatanya yang berbagai jenis seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner dan jenis wisata lainnya. Obyek wisatanya juga banyak dan tersebar hingga ke seluruh sudut daerahnya. Selain itu, para wisatawan juga dipermudah dengan banyaknya fasilitas wisata yang ditawarkan seperti paket wisata Jogja, jasa rental kendaraan, penginapan dan hotel serta fasilitas wisata lainnya.

Keindahan Jogja selalu membuat wisatawan kembali lagi dan lagi. Pesonanya tak memudar, keindahan wisata dan budayanya kian memikat hati para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Menghabiskan waktu liburan di Jogja seperti sebuah keharusan bagi mereka yang hatinya sudah terpaut oleh suasana Jogja. Lantas rasanya belum lengkp kalau belum mencicipi berbagai macam kuliner khas Jogjakarta yang terkenal di seantero nusa.

Ada berbagai destinasi yang patut didatangi oleh para pecinta wisata kuliner di Jogjakarta yang siap menjamu lidah para wisatawan. Namun tetap saja, saking banyaknya dibutuhkan tips-tips khusus agar bisa menikmati wisata kuliner di Jogja dengan cara yang menyenangkan dan maksimal. Pasti inginkan liburan menjadi ajang yang tak terlupakan?

Tips berwisata kuliner di Jogja

Dengan banyaknya tempat kuliner serta berbagai macamnya menu kuliner yang ada di Jogjakarta tentu membuat Anda ingin mencoba mencicipinya semua dalam waktu yang sesingkat mungkin. Karena memang beberapa wisatawan berasal dari daerah yang jauh dan hanya memiliki waktu yang tidak terlalu banyak untuk menjelajahi Jogjakarta. Maka, bagi Anda yang berasal dari luar daerah dan waktu berliburan yang singkat namun tetap ingin mencoba kuliner-kuliner khas Jogjakarta, berikut ini tips-tips wisata kuliner Jogja yang bisa Anda coba.

Ilustrasi Wisata Kuliner Jogja, sumber ig jogja

Ilustrasi Wisata Kuliner Jogja, sumber ig @jogja

1. Cari info tentang tempat wisata kuliner di Jogja

Sebelum akhirnya melakukan wisata kuliner, sebaiknya cari tau dulu info-info menarik tentang aneka tempat wisata kuliner di Jogja yang recommended. Infomasi-informasi tersebut dapat kamu ambil dari internet atau forum-forum yang membahas soal perjalanan wisata. Cermatilah review setiap tempat wisata Jogja tersebut lalu tulis daftar lokasi yang ingin dikunjungi.

Untuk mempermudah perjalanan, lebih baik membaginya dalam beberapa kategori seperti wisata kuliner pagi hari, siang hari atau malam hari. Selain berdasarkan waktu bisa juga berdasarkan tempat atau lokasi yang dekat dengan tempat wisata seperti di dekat malioboro, dekat candi-candi atau dekat pantai. Sehingga akan mempermudah perjalananmu.

2. Susunlah daftar prioritas lokasi wisata kuliner yang ingin dikunjungi

Pasti berat untung memutuskan tempat mana saja yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Pahamilah bawa perut yang kita miliki hanya satu, maka pastikan tidak berlebihan dan malah mengganggu pencernaan. Karena ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan keunikan atau bahkan tempat wisata kuliner yang sedang ngehits.

Seperti beberapa tempat yang pernah mejadi shooting film atau biasa dikunjungi artis atau pejabat. Maka dari itulah susun daftar prioritas mana saja yang ingin dikunjungi. Karena saking banyaknya, bisa jadi tak akan cukup dikunjungi dalam waktu 2-3 hari. Cara mensiasatinya adalah dengan mengunjungi tempat yang memiliki review tinggi di internet.

Selain itu juga ukurlah jarak lokasi kuliner tersebut dengan tempat menginap dan budget yang dimiliki serta makanan favorit. Dengan adanya daftar prioritas ini akan mempermudah perjalananmu untuk menyusun hal-hal lain selama di Jogjakarta. Serta membuatku tidak kalap saat makan dan mengambil keputusan.

3. Susun jadwal perjalanan

Susunlah jadwal dengan baik mengingat waktu yang dibutuhkan untuk menikmati liburan tidak lama, pastikan destinasi wisata yang dikunjungi berdekatan dengan lokasi wisata kuliner. Dengan begitu tak hanya liburan biasa tetapi juga bisa puas menyantap hidangan-hidangan khas Jogjakarta. Lalu disiplinlah dengan jadwal yang sudah dibuat.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips wisata kuliner Jogjakarta yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa memberikan manfaat dan bisa mendukung rencana berliburan Anda. Jangan lupa untuk menyimak juga ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata Jogjakarta lainnya di halaman antarejatour.com. Selamat berwisata!