+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Nglambor Yogyakarta berbeda dengan pantai-pantai lainnya di wilayah selatan Jogja. Wilayah selatan Jogja adalah wilayah pantai berombak besar dan terbilang ekstrim. Ombak besar dan ekstrim disebabkan pantai-pantai ini merupakan pesisir Samudera Hindia. Karena Samudera adalah laut yang besar, tentu saja prosedur keamanannya bisa berbeda bila dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada diantara pulau yang ombaknya cenderung santai dan tenang.

Namun tidak perlu berkecil hati, Pantai Nglambor Yogyakarta adalah salah satu pantai yang bisa dinikmati permainan airnya. Meski menjadi salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Nglambor mampu menawarkan permainan dan wahana pantai yang sayang untuk dilewatkan. Mengapa bisa demikian? Simak informasi lengkap Pantai Nglambor Jogja berikut ini.

Pantai Nglambor Yogyakarta, sumber ig lailaistiqomah
Pantai Nglambor Yogyakarta, sumber ig @lailaistiqomah

Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglambor Yogyakarta terkenal sebagai pantai wahana snorkeling di Kabupaten Gunung Kidul. Awalnya, pantai ini hanyalah pantai yang tidak terlalu luas yang seolah hanya menjadi pantai peralihan antara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Pantai ini juga sepi karena penduduk sekitar hanya menjadikannya sebagai tempat menggembala ternak-ternak mereka.

Pantai Nglambor Yogyakarta ini terlihat memiliki ombak yang lebih tenang karena beberapa bukit karang yang menghalangi deburan ombak langsung dari Samudera Hindia. Dengan suasana yang lebih tenang dan santai ini akhirnya dipahami potensi yang bisa dimiliki oleh pantai ini.

Beberapa tahun belakangan, Pantai ini terkenal sebagai pantai tempat ber-snorkeling. Karena pantainya yang cenderung aman untuk dinikmati. Ombak yang tenang juga menjadikan biota laut yang terdapat di pantai ini indah karena tidak terganggung dengan deburan ombak keras. Sehingga pantai ini bisa menjadi salah satu tempat snorkeling favorit.

Dengan potensinya ini, pemerintah setempat membangun akses sehingga bisa sangat memudahkan para wisatawan untuk menikmati Pantai Ngelambor Jogja.

Lokasi dan Rute

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini, jalur yang ditempuh sama dengan Pantai Siung. Yaitu jika melalui Kota Jogja melewati Jalan Wonosari tembus bukit bintang mengarah ke Kota Wonosari. Dari Kota Wonosari menuju Tepus, Menthel, Cabean, lalu Bintaos. Dari Bintaos Anda akan sampai di kantor kecamatan Tepus, kemudian menuju ke desa Tepus, Gesing, setelah itu Purwodadi.

Dari Purwodadi ini Anda sudah hampir dekat dengan pantai Nglambor. Arahkan kendaraan Anda menuju simpang tiga Nagun menuju ke jalur Pantai Siung.

Nama : Pantai Siung
Lokasi : Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Pantai Nglambor yang akhirnya menarik perhatian dengan potensi wahana permainan airnya dilengkapi dengan akses yang bagus dan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngelambor Yogyakarta antara lain:

  • Wahana Permainan Air Snorkeling
  • Jasa Foto Dalam Air
  • Toilet, Mushola, Parkir
  • Fasilitas lainnya seperti warung dan sebagainya.

Harga Tiket

Untuk menikmati wisata di Pantai Nglambor Yogyakarta Anda perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000. Selain itu, untuk menikmati snorkeling, Anda bisa menyewa peralatannya dengan biaya Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000. Terdapat ojek untuk mengantarkan Anda dari area parkir menuju pantai dengan tarif Rp. 5.000. Sedangkan parkir akan dikenakan biaya Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Tentu saja Anda disarankan untuk menikmati wahana snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta ini. Meskipun lumayan mahal, namun sebanding dengan sensasi yang bisa Anda nikmati. Antara lokasi area parkir dengan pantai jaraknya cukup jauh. Biasanya area ini dimanfaatk untuk susur pantai atau trekking oleh para pengunjung pantai. Namun Anda bisa memanfaatkan ojek sehingga tidak terlalu menguras tenaga untuk sampai ke pantai.

Pantai Nglambor Yogyakarta, sumber ig rijalmau87
Pantai Nglambor Yogyakarta, sumber ig @rijalmau87

Selain menikmati permainan air, tentu saja berfoto didalam permukaan air menjadi hal yang juga jarang dilakukan. Untuk aktivitas ini bisa jadi Anda memiliki kamera tahan air sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmatinya.

Demikian beberapa informasi Pantai Ngelambor Yogyakarta yang bisa kami ulas. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menjadi referensi berwisata Anda berikutnya di Jogja. Simak ulasan lainnya terkait informasi wisata pantai Jogja dan tips-tips berwisata di halaman antareja tour. Selamat menikmati wisata Anda di Jogja.