+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Samas Jogja, hanyalah satu diantara pantai-pantai di Jogja yang terkenal. Jogja bagian selatan merupakan pesisir Samudera Hindia yang terbentang dengan pemandangan lautan dan ombak raksasa. Dengan pantai-pantai ini, Jogja juga terkenal dengan wisata baharinya sebagaimana Bali, Lombok, Labuan Bajo dan Raja Ampat. Tetapi meski sama-sama wisata bahari, Pantai Samas Jogja memiliki keunikan tersendiri yang bisa jadi tidak bisa ditemukan di pantai-pantai Bali, Lombok, Labuan Bajo dan Raja Ampat.

Daerah Jogja adalah daerah yang terkenal dengan berbagai macam daya tarik wisatanya. Kebudayaan dan adat istiadat penduduk setempat memberikan kesan tersendiri dan pastinya memberikan pengaruh pada obyek-obyek wisata sekitar Jogja yang biasa ramai dikunjungi. Pantai Samas sendiri memiliki sejarah yang menjadi bagian dari kebudayaan Jogja.

Pantai Samas Jogja

Pantai Samas Jogja, sumber ig dewimalcorps
Pantai Samas Jogja, sumber ig @dewimalcorps

Pantai Samas Jogja menjadi tempat pelaksanaan prosesi adat penduduk setempat yaitu Upacara Kitab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut yang diadakan setiap malam 1 suro yang merupakan tradisi masyarakat Sanden untuk mengenang legenda Maheso Suro. Maheso Suro adalah kerbau yang konon memberikan berkah bagi kehidupan warga di sekitar Pantai Samas ini.

Selain keunikan yang menjadi bagian dari cara hidup warga setempat, Pantai Samas Jogja ini juga terkenal dengan beberapa spot unik yang bisa ditemukan di sini. Beberapa spot unik tersebut diantaranya adalah area konservasi penyu, area pesona pengklik samas, mercusuar, taman bunga dan fasilitas yang terdapat di Pantai Samas Jogja lainnya.

Rute dan Lokasi

Pantai Samas berlokasi di Sogo Sanden, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Jogja. Untuk menuju ke Pantai Samas Jogja, Anda bisa mengarah ke Kabupaten Bantul terlebih dahulu sebelum menuju ke Jalan Pantai Samas. Kondisi jalur menuju Pantai Samas sudah cukup memadai karena jalanan yang bagus untuk bisa dilewati kendaraan mulai dari yang kecil hingga kendaraan rombongan berukuran besar.

Dari Kota Jogja, perjalanan menuju Pantai Samas Jogja terbilang cukup memakan waktu. Jaraknya berkisar 25 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 60 menit. Dari Kota Jogja, Anda mengarahkan kendaraan ke selatan yaitu menuju Jalan Parangtritis hingga melewati Jalan Bantul dan akhirnya melewati Jalan Samas hingga menuju ke Pantai Samas Jogja.

Nama : Pantai Samas
Lokasi : Sogo Sanden, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763

Fasilitas

Pantai Samas bisa dikatakan salah satu pantai dengan berbagai macam aktivitas dan spot kegiatan yang bisa dinikmati. Hal ini karena fasilitas yang ada di Pantai Samas sudah memadai. Selain itu pantai ini terkenal dengan kegiatan yang lebih dari sekedar bermain air di pantai. Jika Anda telah berada di Pantai Samas, Anda akan menemukan fasilitas wisata diantaranya :

  • Wahana bermain
  • Area Konservasi Penyu dan Pesona Pengklik Samas
  • Spot foto seperti Taman Bunga Matahari
  • Toilet, Mushola dan Tempat Parkir
  • Cafetaria
  • Penginapan

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Samas Jogja sebagaimana standar harga tiket masuk pantai di Kabupaten Bantul yaitu sebesar Rp. 4.000. Selain itu Anda juga perlu mengeluarkan biaya parkir mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Untuk informasi harga wahana bermain dan spot lainnya di Pantai Samas Anda bisa bertanya langsung kepada penyedia fasilitasnya.

Saran Tambahan

Banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati di Pantai Samas Jogja ini. Setiap malam 1 suro Anda bisa meliput atau menyaksikan prosesi adat yaitu Upacara Kitab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Selain itu, Anda juga bisa melihat penyu di area konservasi bersama anak-anak sehingga bisa bernilai edukatif.

Pantai Samas Jogja, sumber ig infowisataseru_id
Pantai Samas Jogja, sumber ig @infowisataseru_id

Anda juga bisa menikmati aktivitas standar wisata pantai dengan wahan permainan yang ada atau hanya sekedar bersantai dan menikmati kuliner di cafeteria. Salah satu yang paling unik adalah area Wisata Alam Pengklik Samas.

Pada area Pesona Pengklik Samas ini Anda bisa menikmati keindahan alamnya yaitu hamparan sawah dan pegunungan yang merupakan kawasan di Kabupaten Gunung Kidul. Pada area wisata alam ini juga bisa dilakukan aktivitas memancing serta menikmati Laguna Air.

Selain itu, terdapat mercusuar yang bisa jadi spot foto menarik dan taman bunga matahari yang juga bisa menjadi spot foto menarik untuk menghiasi akun media sosial Anda.

Bagi Anda yang ingin menikmati obyek wisata Pantai Samas Jogja dan obyek wisata Jogja lainnya, bisa memesan atau berkonsultasi terlebih dahulu di Paket Wisata Jogja Antareja Tour. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi lengkap dan bisa merasakan pengalaman wisata Jogja yang berkesan.

Pantai Samas Jogja, sumber ig fathonifat
Pantai Samas Jogja, sumber ig @fathonifat

Masih banyak lokasi pantai Jogja lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau rekan Anda. Setiap pantai yang terbentang dari Bantul hingga Gunung Kidul memiliki keunikannya masing-masing dan fasilitas berbeda untuk dinikmati.

Demikian beberapa informasi tentang Pantai Samas Jogja Untuk Anda. Perpaduan antara alam wisata dengan kebudayaan penduduk sekitar Jogja memang menjadi keunikan yang bisa jadi jarang ditemukan ditempat-tempat lainnya. Jagalah alam sekitar kita dengan bersama melestarikannya untuk kebaikan bersama dan generasi yang akan datang.

Simak ulasan lainnya terkait informasi wisata dan tips-tips wisata Jogja di halaman Antareja Tour. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menambah koleksi informasi wisata Anda. Silahkan share dan berikan komentar Anda di artikel ini. Selamat menikmati wisata Anda.