Keberadaan berbagai jenis wisata membuat para pengunjung memiliki cara tersendiri untuk menikmatinya. Setidaknya di Jogja terdapat berbagai jenis wisata seperti alam, budaya, sejarah, kuliner dan jenis wisata lainnya. Salah satu yang selalu ramai adalah wisata alam gunung atau bukit di Jogja. Obyek wisata yang satu ini digandrungi karena memiliki cara tersendiri untuk menikmatinya, yaitu dengan hiking. Tidak heran jika di Jogja banyak sekali toko perlengkapan hiking yang memudahkan para wisatawan untuk mempersiapkan perlengkapan hikingnya.

Hiking identik dengan aktivitas pendakian sehingga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang menantang adrenalin. Maka persiapan dan perlengkapan yang cukup bisa memperlancar aktivitas hiking Anda. Apabila Anda baru pertama kali untuk melakukan hiking, carilah informasi lengkap tentang bukit atau gunung yang ingin Anda taklukkan. Setelah itu lakukanlah persiapan dengan membawa peralatan lengkap yang bisa membantu Anda selama kegiatan hiking berlangsung. Nah, apa saja perlengkapan yang perlu Anda persiapkan untuk hiking? Simak ulasannya berikut ini.

Perlengkapan Hiking

Jika hanya sekedar mendaki bukit, maka tidak perlu ada perlengkapan yang banyak. Tetapi bagaimana apabila Anda mendaki gunung yang tingginya cukup lumayan? Bisa jadi Anda membutuhkan banyak perlengkapan bahkan harus stay sejenak dipuncak sebelum kemudian turun kembali. Nah, berikut ini beberapa barang perlengkapan hiking yang disarankan untuk Anda persiapakan.

Ilustrasi Perlengkapan Hiking, sumber ig outdoorpassionate
Ilustrasi Perlengkapan Hiking, sumber ig @outdoorpassionate

1. Backpack / Ransel

Backpack atau ransel khusus hiking merupakan kebutuhan utama untuk membawa berbagai hal termasuk perlengkapan yang hanya dipakai sewaktu-waktu. Setidaknya backpack atau ransel bisa dipakai untuk membawa bahan makanan dan minuman yang sudah pasti menjadi kebutuhan pada saat hiking.

2. Sleeping Bag

Jika hiking hanya sekedar mendaki kemudian turun kembali, rasanya masih banyak yang kurang. Normalnya, hiking dilakukan untuk mencapai puncak, sesampainya di puncak menikmati pemandangan dan melakukan berbagai aktivitas, hingga nantinya turun kembali. Maka sleeping bag bisa sangat berguna terutama untuk beristirahat dan sleeping bag bisa melindungi Anda ketika tidur baik dari cuaca yang relatif ekstrim atau lingkungan pegunungan yang biasanya adalah hutan.

3. Jaket

Gunung yang tinggi biasanya berpadu dengan cuaca yang sejuk. Atau paling tidak, karena memiliki ketinggian tertentu, puncak gunung kemungkinan berudara dingin sehingga jaket pasti diperlukan. Jaket juga melindungi Anda dari berbagai kondisi alam lainnya selain suhu yang rendah.

4. Sepatu

Perjalanan hiking biasanya perjalanan di alam yang masih alami tidak sebagaimana tempat-tempat pejalan kaki biasanya. Maka disarankan Anda menggunakan sepatu yang cocok untuk mendaki yang bisa melindungi Anda. Sepatu hiking berbeda dengan sepatu olah raga biasanya sehingga hal ini perlu Anda perhatikan.

Ilustrasi Hiking, sumber ig @lifesadventures_ms
Ilustrasi Hiking, sumber ig @lifesadventures_ms

5. Tenda

Tenda diperlukan pada saat hiking dengan berbagai macam manfaatnya. Seperti berteduh apabila kehujanan, tempat untuk beristirahat, tempat untuk bermalam dipuncak dan kebutuhan lainnya. Karena tidak segera terpakai, maka tenda memang harus dibawa sejak dari bawah. Sehingga bawalah tenda yang pas untuk memudahkan hiking. Jangan sampai membawa tenda yang besar sehingga memberatkan saat perjalanan pendakian.

6. Perlengkapan Lain

Masih terdapat berbagai perlengkapan lainnya yang diperlukan sewaktu-waktu pada saat hiking. Meski tidak selalu digunakan dan terbatas fungsinya namun ketika memungkinkan sebaiknya perlengkapan tambahan ini perlu dibawa. Seperti lampu. Meskipun terdapat alternatif untuk menyalakan api, tetapi penerangan juga kadang diperlukan ketika perjalanan pendakian. Maka bawalah lampu yang fleksibel seperti head lamp. Perlengkapan lainnya yang juga penting adalah pisau lipat atau pisau kecil. Pisau lipat atau pisau kecil ini bisa sewaktu-waktu dibutuhkan seperti untuk memotong dahan yang menghalangi, membuka bungkusan dan kebutuhan lainnya. Namun jangan sampai merusak alam. Perlengkapan yang terakhir yang bisa jadi diperlukan adalah trekking pole. Trekking pole adalah tongkat pendakian yang berfungsi untuk medan yang agak curam. Dengan menggunakan trekking pole, kekuatan kaki untuk mendaki bisa terbantu dengan kekuatan tangan yang menggunakan trekking pole.

Demikian beberapa perlengkapan hiking yang disarankan untuk dibawa pada saat mendaki gunung. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk mempersiapkan aktivitas hiking Anda. Simak ulasan lainnya mengenai tips-tips dan informasi wisata di halaman antarejatour.com.