+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Candi Barong Jogja bisa menjadi pilihan alternatif wisata sejarah. Meskipun tidak sebesar candi terkenal seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Candi Baron juga menyimpan daya tarik tersendiri. Jogja masih memiliki beberapa situs candi lainnya. Bukan hanya candi, obyek wisata lainnya yang bisa dikunjungi yang juga menarik tersebar hampir di seluruh sudut daerah Jogja.

Jogja yang kaya akan budaya serta historisnya, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini tentu menjadikan suatu peluang bagi sebagian besar warga untuk meningkatkan pendapatan mereka. Bisa dengan berjualan pernak – pernik khas Jogja hingga bisnis biro travel atau tour wisata Jogjakarta. Untuk pebisnis agen tour biasanya menawarkan macam – macam paket wisata. Salah satunya adalah paket wisata sejarah di Candi Barong Jogjakarta.

Candi Barong Jogja

Candi Barong Jogja, sumber ig dwiaa_st
Candi Barong Jogja, sumber ig @dwiaa_st

Candi Barong merupakan sebuah destinasi wisata di daerah perbukitan Batur Agung. Tepatnya berada di Dusun Candi Sari, Sambirejo, Kecamatan Parmbanan, Sleman. Sebutan Candi Barong ini berasal dari penduduk yang tinggal di sekitar candi dan memang pada candi sendiri terdapat hiasan yang mirip singa atau barong.

Menurut sumber informasi Candi Barong dibangun pada abad 9 hingga 10 Masehi. Lantas pada abad ke 20 ditemukan rutuh pada masa pendudukan Belanda pada tahun 1913. Proses penemuannya diketahui pada saat diadakannya perluasan kebun tebu untuk memproduksi gula di pabrik. Namun, pada saat itu kondisinya sulit untuk dikenali. Selanjutnya pada tahun 1987 kawasan Candi Barong diadakan pemugaran. Setelah 5 tahun proses pemugaran akhirnya selesai juga untuk candi induk Candi Barongnya. Disusul dengan pemugaran pagar serta taludnya.

Menurut sejarahnya Candi barong merupakan sebuah candi yang bercorak agama Hindu. Diperkirakan juga dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa – Dewi umat Hindu, seperti Dewa Wisnu, Dewi Sri, Dewi Laksmi dan yang lainnya. Pada area komplek halamannya terdiri dari tiga buah teras. Teras – teras ini semakin menjulang tinggi ke arah timur.

Di teras yang paling tinggi ada satu buah selasar serta dua buah candi yang tidak berjendela serta berpintu. Ukuran pada candi pertama 8,2 meter X  8,2 meter dan tingginya 9,25 meter. Sedangkan pada candi yang kedua memiliki ukuran 8,25 meter X 8,25 meter dan tingginya juga sama dengan candi pertama, yakni 9,25 meter. Dan di sisi – sisi candi ada relung dengan hiasan makara serta kala. Selanjutnya di halaman teras yang kedua struktur bangunannya berukuran 12,30 X 7,8 meter. Ditambah dengan adanya umpak batu dengan bentuk segi delapan.

Lokasi dan Rute

Candi Barong berlokasi di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Akses yang dapat ditempuh oleh wisatawan apabila ingin menuju ke Candi Barong melalui jalan Solo menuju ke Prambanan. Pada sisi kanan terdapat Tugu perbatasan Jogja dengan Jawa Tengah di arah selatan ada jalan yang menuju ke SMP Negeri 2 Pereng. Kemudian ada jalan menanjak menuju bukit dan terdapat papan petunjuk, ikutilah arah yang menunjuk ke Candi Barong.

Nama : Candi Barong
Lokasi : Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Fasilitas

Candi Barong Jogja adalah situs sejarah yang berada di lokasi yang berdekatan dengan pemukiman warga. Selain itu, lingkungan Candi Barong memang sengaja dilestarikan agar terlihat sebagaimana diketemukan. Sehingga fasilitas yang ada hanyalah tempat parkir kendaraan pengunjung obyek wisata Candi Barong Jogja. Namun jika membutuhkan fasilitas yang lebih, seperti kamar mandi, mushola atau masjid, cafetaria dan fasilitas lainnya, bisa ditemukan pada pemukiman warga sekitar.

Candi Barong Jogja, sumber ig marendradika
Candi Barong Jogja, sumber ig @marendradika

Harga Tiket Masuk

Candi Barong Jogja ini tidak memberlakukan harga tiket masuk, termasuk karcis parkir.

Saran Tambahan

Candi Barong Jogja adalah situs bersejarah yang kini dibuka untuk umum sebagai obyek wisata. Keindahan Candi Barong dapat dinikmati bukan hanya dari apa yang tampak, tetapi juga sejarah asal-usulnya. Sehingga jika Anda mengetahui asal-usulnya dan berkunjung akan merasakan pengalaman berbeda dibandingkan hanya mengunjungi dan melihat-lihat bangunan saja.

Selain itu, pemandangan alam di sekitar Candi Barong juga memberikan sensasi tersendiri. Candi Barong Jogja berada di lingkungan asri yang luas dan terdapat perbukitan di sekitarnya. Keindahan alam yang berpadu dengan kekayaan sejarah ini benar-benar hal yang jarang ditemukan. Anda bisa mengabadikan momennya bersama keluarga atau teman-teman.

Demikian ulasan tentang Candi Barong Jogja untuk Anda. Semoga bisa menghibur dan menambah koleksi informasi wisata Anda. Untuk informasi wisata Jogja lainnya, simak artikel-artikel di halaman antarejatour.com. Silahkan share jika bermanfaat. Matur nuwun.