+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Goa Sriti Kulon Progo merupakan satu diantara banyak obyek wisata sejarah Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat Goa dan aneka obyek wisata lainnya yang bisa menjadi tujuan wisata. Kekayaan obyek wisata Jogja ini didukung dengan fasilitas wisata yang sudah cukup memadai mulai dari paket wisata Jogja, penginapan atau hotel, rental mobil wisata dan fasilitas wisata lainnya.

Goa Sriti Kulon Progo banyak dikunjungi oleh para pecinta sejarah Indonesia di masa penjajahan Belanda di Jogja meskipun juga bisa dinikmati berbagai pemandangan dalam Goa dengan menyusurina dipandu oleh pemandu wisata sembari mendengarkan penjelasan sejarah dari setiap seluk beluk Goa.

Goa Sriti Kulon Progo, sumber eksotisjogja
Goa Sriti Kulon Progo, sumber eksotisjogja

Goa Sriti Kulon Progo

Untuk Anda yang penasaran dengan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan Belanda di Jogja, Goa Sriti Kulon Progo menjadi salah satu diantara peninggalan sejarah kepahlawanannya. Dengan berbagai macam kisah perjalanan sejarahnya, Goa ini menjadi salah satu obyek wisata sejarah yang edukatif dan menarik untuk dipelajari langsung oleh generasi muda dengan mengunjunginya secara langsung.

Pangeran Diponegoro menjadikan Goa Sriti Kulon Progo sebagai lokasi persembunyian pada perang gerilya melawan Belanda yang disebut juga dengan peristiwa Perang Diponegoro. Perang Diponegoro adalah peristiwa dimana Pangeran Diponegoro menunjukkan keberpihakannya kepada masyarakat dan perlawanannya terhadap seluruh politik Belanda berkat pengetahuannya yang tajam tentang politik Belanda yang penuh intrik untuk menguasai Jogja dengan mengambil kendali pemerintahan Keraton Kesultanan. Pangeran Diponegoro sendiri sebenarnya adalah keturunan Kesultanan Jogja.

Berawal dari dipatoknya tanah dengan semena-mena untuk dijadikan bagian dari kepemilikan Belanda, Pangeran Diponegoro menggerakkan sejumlah pasukan yang sebagiannya juga berasal dari bagian Keraton Kesultanan Jogja. Goa Sriti Kulon Progo dijadikan lokasi persembunyian sekaligus menjadi saksi tempat diresmikannya Pangeran Diponegoro dengan gelar Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau sering disingkat dengan nama (Abdul Hamid).

Perang ini berakhir setelah tertangkapnya Pangeran Diponegoro di Magelang hingga diasingkannya beliau ke luar daerah Jawa untuk meredam perlawanan terhadap Belanda yang selama ini telah menjadi bagian dari aktivitas warga Jogja dibawah kepemimpinan Pangeran Diponegoro.

Goa Sriti Kulon Progo, sumber ig ifan_alfaridzi
Goa Sriti Kulon Progo, sumber ig ifan_alfaridzi

Lokasi dan Rute

Goa Sriti Kulon Progo berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh. Berada di barat Kota Jogja, Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan transportasi mobil atau bus pariwisata dengan rute dan kondisi jalan yang baik. Perjalanan yang ditempuh dari Kota Jogja sepanjang 30 km dengan waktu tempuh berkisar 1,5 jam.

Sesampainya di Kecamatan Samigaluh, Anda cukup menuju ke monumen patung Pangeran Diponegoro. Dari sini perjalanan Anda tinggal beberapa saat lagi menuju Goa Sriti Kulon Progo. Uniknya, patung Pangeran Diponegoro menunjuk ke arah di mana Goa Sriti berada.

Nama : Goa Sriti
Lokasi : Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Fasilitas

Goa Sriti Kulon Progo meskipun memiliki daya tarik sejarah, tetapi lokasi ini tidak sekedar hanya dikunjungi dengan cara yang biasa. Tetapi pengunjung harus memakai peralatan caving dan ditemani oleh pemandu. Beberapa fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Peralatan Caving, Pelampung dan Alat lainnya
  • Tempat Parkir
  • Fasilitas lainnya

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi wisata ini Anda perlu mengeluarkan harga tiket sebesar Rp. 30.000 per orang. Dengan harga ini Anda sudah bisa menikmati aktivitas susur Goa sepuas Anda. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi ataupun kendaraan wisata Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Goa Sriti Kulon Progo juga pastinya memiliki pemandangan stalaktit dan stalagmit yang berbentuk seolah-olah tetesan air dari bagian atas Goa. Sehingga sebenarnya mengunjungi Goa ini bukan hanya sekedar mengetahui peristiwa sejarah tetapi juga bisa menikmati pemandangan yang ada. Pengunjung obyek wisata Goa Sriti ini masih terbilang belum begitu ramai sehingga cocok untuk Anda yang tidak begitu suka dengan kondisi padatnya obyek wisata.

Karena untuk menyusuri Goa membutuhkan pemandu, Anda bisa berkonsultasi dengan pemandu wisata yang menyediakan paket wisata Jogja terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan segala hal terutama biaya-biaya yang diperlukan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan pemandu wisata yang berada di sekitar lokasi Goa.

Goa Sriti Kulon Progo, sumber beritajawa
Goa Sriti Kulon Progo, sumber beritajawa

Kondisi masyarakat sekitar yang kebanyakan berprofesi sebagai petani, memang belum begitu memanfaatkan keberadaan obyek wisata yang satu ini. Sebagaimana obyek wisata lainnya di Jogja, biasanya kontribusi masyarakat akan membuat suatu obyek wisata semakin menarik dan semakin bertambahnya fasilitas wisata di sekitarnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung wisata.

Selain itu potensi untuk segmen keindahan alamnya juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menambah daya tarik wisata obyek Goa Sriti Kulon Progo sehingga bukan hanya dikenal sejarahnya, tetapi juga menjadi salah satu obyek wisata alam Goa Jogja.

Demikian ulasan terkait informasi Goa Sriti Kulon Progo untuk Anda. Semoga bisa menghibur dan menambah koleksi info wisata Anda. Silahkan share jika bermanfaat dan simak ulasan lainnya terkait informasi dan tips wisata Jogja di halaman antarejatour. Mari kita jaga lingkungan kita bersama dan waspadalah pada setiap aktivitas Anda.