+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Hutan Pinus Pengger Bantul adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Jogja dengan keindahan alam asri pepohonan pinus yang teduh dan indah. Kebanyakan obyek wisata yang bertemakan hutan pinus berada di Kabupaten Bantul seperti Hutan Pinus Mangunan dan Hutan Pinus Asri.

Wisata alam di Jogja memang berjumlah sangat banyak dan terdiri dari berbagai jenis seperti bukit, pantai, hutan pinus, kebun buah, green village dan wisata alam lainnya. Obyek-obyek wisata alam ini tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

Selain banyaknya obyek wisata, terdapat pula berbagai fasilitas yang mendukung para wisatawan untuk dapat menjangkau berbagai lokasi wisata di Jogja. Beberapa fasilitas diantaranya yang bisa dimanfaatkan adalah paket wisata Jogja, rental mobil wisata, rental bus pariwisata, paket tour Jogja dan lain-lain.

Untuk Anda penggemar pemandangan indah dari atas ketinggian dengan spot-spot unik dan instagrammable, Hutan Pinus Pengger Bantul bisa menjadi alternatifnya. Nah, apa saja yang bisa dinikmati di lokasi obyek wisata ini? Simak ulasannya berikut ini.

Hutan Pinus Pengger Bantul

Hutan Pinus Pengger Bantul, sumber ig mattravelmy
Hutan Pinus Pengger Bantul, sumber ig @mattravelmy

Ada beberapa hutan pinus yang terdapat di Jogjakarta seperti hutan pinus mangunan dan hutan pinus asri yang sudah lebih dulu populer sebagai lokasi wisata yang instagrammable. Namun masih terdapat hutan pinus lain yaitu Hutan Pinus Pengger Bantul yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Awalnya, daerah ini hanyalah merupakan kawasan hutan yang tumbuh banyak sekali pepohonan pinus. Letaknya memang berada di tebing dan perbukitan dengan pemandangan alam di sekitarnya. Setelah terdapat perbaikan infrastruktur seperti jalan, kawasan ini mulai ramai dijadikan lokasi lalu lintas untuk sekedar melihat-lihat pemandangan di sekitar perbukitan.

Baca juga: Eksotisme Puncak Becici Bantul

Berkat kreativitas pihak-pihak terkait, lokasi hutan pinus pada kawasan ini disulap menjadi hutan asri yang bisa dikunjungi dengan fasilitas yang mendukung. Akhir terdapat beberapa obyek wisata hutan pinus yang menjadi spot gardu pandang pemandangan Jogja dari ketinggian.

Selain itu, berdiri pula spot-spot yang dibuat menyerupai monumen yang bisa dinaiki sehingga menjadi spot gardu pandang yang berbentuk unik. Beberapa spot yang terdapat di Hutan Pinus Pengger Bantul berbentuk seperti tangan, sangkar burung dan gapura.

Foto-foto para pengunjung Hutan Pinus Pengger Bantul ini akhirnya banyak menghiasi media sosial salah satunya Instagram. Hal ini membuat para netizen penasaran dan beramai-ramai mengunjungi lokasi obyek wisata yang satu ini.

Lokasi dan Rute

Spot Foto Hutan Pinus Pengger, sumber ig ridwansyarif15
Spot Foto Hutan Pinus Pengger, sumber ig @ridwansyarif15

Hutan Pinus Pengger berlokasi di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul. Hutan ini juga biasa dikenal sebagai hutan pinus Sendangsari. Rute untuk menuju lokasi ini lebih mudah melewati akses dari Jalan Wonosari yang menghubungkan Yogyakarta dengan Gunungkidul.

Dari Jogja kemudian menyusuri Jalan Wonosari, Piyungan, Bukit Bintang kemudian akan tiba di Pathuk (GCD FM). Jika ke arah kiri menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, maka lokasi hutan pinus adalah belok ke kanan menuju Jalan Raya Patuk – Dlingo. Kemudian menyusuri jalan tersebut sekitar 4,5 km, nantinya akan bertemu Hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

Kondisi jalan menuju lokasi Hutan Pinus Pengger ini sudah relatif kondusif dengan rute-rute jalan utama yang baik untuk diakses oleh kendaraan-kendaraan seperti sepeda motor, mobil maupun bus wisata. Namun dengan jaraknya yang jauh disarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor.

Nama : Hutan Pinus Pengger
Lokasi : Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Fasilitas

Hutan Pinus Pengger Bantul memiliki berbagai fasilitas yang memanjakan para wisatawan yang berkunjung seperti wahana atau spot berfoto. Nah, secara keseluruhan fasilitas yang dapat ditemui pada obyek wisata ini adalah :

  • Gardu Pandang/ Spot Foto
  • Persewaan Hammock
  • Tempat Kuliner
  • Mushola
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Spot Foto Hutan Pinus Pengger Bantul, sumber ig dito_jan
Spot Foto Hutan Pinus Pengger Bantul, sumber ig @dito_jan

Untuk menikmati obyek wisata ini Anda perlu membayar retribusi yaitu tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang serta parkir untuk sepeda motor dan mobil masing-masing Rp 2.000 dan Rp. 5.000. Untuk jadwal buka obyek wisata ini mulai dari pukul 5.30 hingga 00.00. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan Indah pagi hari hingga pemandangan kerlap-kerlip lampu pada malam hari serta pemadangan sunset pada sore hari.

Saran Tambahan

Meski bertemakan sebagai obyek wisata yang instagrammable, Anda tetap bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya selain berfoto dan memotret pemandangan indah, seperti menyewa hammock untuk bersantai diantara pepohonan pinus. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner dengan sensasi suasana alam asri yang teduh dan menyejukkan.

Demikian ulasan terkait Hutan Pinus Pengger Bantul untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menambah koleksi informasi wisata Jogja untuk Anda. Simak artikel lainnya terkait wisata air terjun Kembang Soka Kulon Progo di website kami ini. Selamat menikmati wisata Anda!