+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Bukit Ngisis atau Bukit Isis adalah salah satu obyek wisata Jogja dengan keindahan alam dari puncak pegunungan di Jogja. Bukit Ngisis baru-baru ini ramai dibahas dengan foto-foto keindahan pemandangannya di media sosial. Selain Bukit Ngisis, Jogja memiliki obyek wisata alam lain yang serupa.

Obyek wisata bukit di daerah Yogyakarta menjadi salah satu primadona yang menjadi target para pengunjung diantara banyak sekali obyek-obyek wisata lainnya. Beberapa obyek wisata bukit yang berada di area Jogja dan sekitarnya diantaranya, Bukit Nglanggeran, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Parang Endog, Bukit Lintang Sewu, Bukit Ngisis dan masih terdapat beberapa bukit lainnya.

Secara keseluruhan bukit-bukit ini menyajikan pemandangan indah nan asri yang menyejukkan. Namun tetap saja terdapat perbedaan dan daya tariknya masing-masing. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh perbedaan daerah, fasilitas wisatanya, perbedaan pepohonannya dan perbedaan lainnya.

Nah, bagaimana daya tarik Bukit Ngisis Kulon Progo? Apa saja yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke lokasi obyek wisata yang satu ini? Simak ulasannya redaksi paket wisata Jogja berikut ini.

Bukit Ngisis Nglinggo Kulon Progo, sumber ig prilialiani
Bukit Ngisis Nglinggo Kulon Progo, sumber ig @prilialiani

Bukit Ngisis Kulon Progo

Bukit Ngisis adalah salah satu obyek wisata yang baru saja dikenal di Jogja. Namun meski begitu, obyek wisata ini langsung ramai dikunjungi oleh para wisatawan bahkan wisatawan mancanegara. Wajar saja, Bukit Ngisis memang menawarkan daya tarik suasana alam di tengah desa dan perkebunan serta budaya warga setempat.

Dinamakan Bukit Ngisis, karena bukit ini benar-benar memiliki udara yang sejuk. Kata Ngisis sendiri berasal dari bahasa Jawa yang bermakna aktivitas mencari angin yang sejuk dan sepoi-sepoi. Nama Ngisis sendiri diduga menjadi salah satu daya tarik yang membuat para wisatawan penasaran tentang bagaimana keindaha Bukit Ngisis yang sebenarnya.

Bukit Ngisis berada di area Desa Wisata Nglinggo. Desa ini menawarkan wisata dengan suasana pedesaan yang unik dan terdapat pula kebun teh serta Bukit Ngisis. Selain itu, Bukit ini merupakan titik nol dari perbukitan tempat dimana kebun teh Nglinggo berada.

Bukit yang berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut ini sering dinikmati oleh para wisatawan terutama untuk menunggu momen sunrise dan sunset. Selain itu, terdapat gardu pandang yang bisa menjadi spot untuk melihat pemandangan serta spot-spot foto yang berbentuk unik.

Pemandangan yang dapat terlihat dari atas Bukit Ngisis tidak tanggung-tanggung. Pengunjung bisa melihat langsung keindahan beberapa Gunung yang berada di area Jogja dan sekitarnya seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Bukit Ngisis Nglinggo, sumber ig setiawannofficial
Bukit Ngisis Nglinggo, sumber ig @setiawannofficial

Lokasi dan Rute

Bukit Ngisis berada di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menuju langsung ke Bukit Ngisis, tidak bisa langsung diakses menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi hanya bisa diakses dengan berjalan kaki hingga ke puncak bukit.

Untuk rute yang bisa ditempuh dari Kota Jogja atau Tugu Jogjakarta adalah ke arah barat menuju Pasar Godean. Dari Pasar Godean masih ke barat lagi hingga bertemu dengan perempatan Kenteng. Kemudian berbelok mengarah ke perempatan Dekso. Dari sini, Anda tinggal bertanya atau melihat tanda jalan menuju Desa Nglinggo.

Karena berada dalam kawasan obyek Desa Wisata Nglinggo, akses menuju ke Bukit Ngisis memang melalui pintu masuk desa wisata. Total jarak perjalanan dari Kota Jogja adalah 40 Km dengan waktu tempuh lebih kurang 2 jam.

Nama : Bukit Ngisis
Lokasi : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Fasilitas

Karena berada di area Desa Wisata Nglinggo, fasilitas yang bisa ditemui di sekitar Bukit Ngisis sudah memadai. Fasilitas yang bisa ditemui diantaranya :

  • Homestay
  • Armada Jeep Off Road
  • Gardu Pandang/Spot Foto
  • Gazebo
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Fasilitas lainnya.
Gardu Pandang Bukit Ngisis, sumber ig indaaholshopjogja
Gardu Pandang Bukit Ngisis, sumber ig @indaaholshopjogja

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk lokasi wisata Bukit Ngisis, yaitu dari pintu masuk Desa Wisata Nglinggo, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000. Sedangkan biaya lainnya adalah retribusi parkir mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Di Bukit Ngisis, aktivitas yang bisa dinikmati berkisar antara berfoto dan bersantai menikmati sejuk dan keindahan alam yang tampak. Tetapi para pengunjung juga bisa menikmati aktivitas dan fasilitas-fasilitas yang terdapat di lokasi ini dengan biaya tambahan tentunya.

Pengunjung bisa menikmati teh suguhan khas Kebun Teh Nglinggo. Juga ada kursus singkat memetik daun teh. Bagi yang menginap di homestay, Anda akan diajak untuk menikmati beberapa aktivitas seperti offroad, menikmati sunset di sore hari, termasuk dibangunkan pada pagi hari sekitar pukul 04.30 untuk menunggu dan menikmati sunrise di pagi hari.

Demikian ulasan terkait obyek wisata Bukit Ngisis yang bisa dirangkum redaksi antarejatour. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menambah referensi berliburan Anda. Simak ulasan lainnya terkait Hutan Pinus Pengger di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.