Hutan pinus Mangunan adalah yang wisata alam yang paling terkenal saat ini. Hutan ini memiliki banyak spot foto menarik yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk berwisata di hutan pinus yang terletak di Mangunan, Bantul. Hutan Pinus Mangunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri adalah salah satu bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Karena lokasinya yang tak jauh dari Imogiri sehingga banyak orang-orang kerap menyebut Hutan Pinus Mangunan ini dengan nama Hutan Pinus Imogiri.

Sebelum ditanami dengan pohon-pohon pinus yang indah, area seluas 500 hektar ini dulunya hanya sebidang tanah kosong. Kemudian tanah ini ditanami dengan hutan pinus dan tanaman lainnya.

Hutan Pinus Mangunan

Pinus Mangunan sumber ig aji4717

Pinus Mangunan sumber ig aji4717

Di kawasan wisata ini Anda dapat menyaksikkan deretan pohon pinus yang dapat memanjakan mata. Sinar mentari pagi yang menelusup dari celah-celah ranting pohon pinus, membiaskan garis-garis keemasan yang begitu indah. Cahayanya lantas terpantul pada embun yang masih tersisa didedaunan, sehingga kelihatan muncul kabut tipis yang indah. Seperti itulah gambaran dari suasana yang terekam ketika Anda berkunjung ke Hutan Pinus tersebut.

Hutan Pinus ini tidak hanya dapat menenangkan jiwa para wisatawan, akan tetapi juga dapat menawarkan berbagai macam keunikan seperti view terbaik untuk bisa diabadikan dengan jepretan kamera, sehingga tak heran lagi jika lokasi wisata yang satu menjadi tujuan utama sebagai spot hunting foto favorit bagi wisatawan.

Pinus Mangunan sumber ig egi_iwan

Pinus Mangunan sumber ig egi_iwan

Bukan hanya wisatawan yang ingin selfie tapi banyak juga pasangan yang hendak menikah pun menjadikan tempat ini sebagai setting foto prewedding mereka. Pengambilan foto dengan latar background pinus dengan sudut pengambilan foto yang tepat sehingga menghasilkan foto yang keren, foto-foto berlatar hutan pinus nan rimbun yang sangat mirip dengan lokasi di film Twilight, karena suasananya juga romantis.

Lokasi Dan Rute

Hutan pinus ini terletak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Hutan yang dikelola oleh pemerintah setempat ini memiliki deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Tempat ini berada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menemukan hutan ini, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat di jalan karena akses untuk menuju wisata alam satu ini sangat mudah ditempuh. Lokasi hutan pinus Mangunan juga berdekatan dengan kebuh buah Mangunan.

Cara menuju ke hutan pinus Mangunan sangat mudah sekali. Jika Anda berangkat dari kota  Yogyakarta, Anda bisa memulai perjalanan dari ringroad selatan yang akan mengarah ke Jalan Imogiri Timur.

Teruslah jalan mengikuti rute sampai Anda menemukan jembatan tiga jalur Imogiri dan beloklah ke kiri menuju pemakaman Imogiri. Sebelum mencapai pemakamam Imogiri, Anda akan melihat persimpangan tiga lagi dan beloklah ke kanan arah Mangunan.

Klik Jasa Wisata Jogja

Setelah itu ikuti terus jalan tersebut sampai Anda menemukan petunjuk atau plang bertuliskan Hutan Pinus Mangunan dan perjalanan Anda telah sampai tujuan.

Nama : Hutan Pinus Mangunan
Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783

Fasilitas

Obyek wisata ini sudah di rancang sedemikian rupa untuk dinikmati dengan fasilitas antara lain :

  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Cafetaria
  • Spot Santai seperti tempat duduk, gardu pandang dan ayunan
  • Toilet, dan fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Nah, karena letak hutan pinus Mangunan dekat dengan makam raja-raja Imogiri yang dihormati, maka kebanyakan orang menyebut tempat ini sebagai Hutan Imogiri. Untuk bisa menikmati wisata ini, Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan Rp.2000 dan tiket masuk Rp. 5000 saja.

Dengan mengeluarkan biaya kurang dari 10 ribu rupiah Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang cantik. Tidak heran jika tempat wisata ini sering digunakan oleh banyak pasangan dan keluarga untuk mengambil foto bersama.

Saran Tambahan

Sepanjang jalan dari pintu masuk hingga ke dalamnya, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik di tempat ini. Jika Anda lelah berjalan dan mendaki, ada juga gazebo yang disediakan di tempat ini untuk tempat peristirahatan. Adapula warung-warung yang menyediakan makan dan minuman.

Pinus Mangunan sumber ig Foto profil yopi_kus

Pinus Mangunan sumber ig Foto profil yopi_kus

Di lokasi tersebut juga terdapat beberapa fasilitas yang telah disediakan seperti, tempat duduk yang terbuat dari batang kayu pinus sendiri, kemudian ada juga ayunan yang bisa anda nikmati, dan terdapat juga menara kecil yang bisa Anda naiki untuk menikmati ketinggian sebagai spot berfoto yang keren. Dan Ada satu lagi fasilitas yang tersedia yaitu gubuk kecil yang berfungsi sebagai tempat berlindung bagi wisatawan saat hujan turun atau cuaca panas.

Jadi, jika Anda adalah orang yang sangat mencintai dunia fotografi, tempat ini sangat cocok untuk spot foto. Selain pemandangan hutan pinusnya ala-ala setting film Hollywood pun dapat diperoleh. Demikian ulasan menarik tentang wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Baca juga ulasan lainnya mengenai Wisata Kalibiru Yogyakarta, Spot Foto yang Banyak Diburu.Selamat berwisata!