+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Jogjakarta terkenal dengan beragam obyek wisatanya. Dari seluruh penjuru mata angin yaitu barat hingga ke timur dan utara hingga ke selatan banyak sekali sederet lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi salah satunya Air terjun tlogo muncar. Air terjun tlogo muncar hanyalah satu dari beberapa obyek wisata air terjun di Jogja yang terkenal. Dibagian selatan Jogja yaitu didaerah pantai selatan terdapat air terjun pada bibir pantai yang juga tidak kalah eksotis. Air terjun Tlogo Muncar berlokasi di utara Jogja.

Jika Anda sedang berkunjung di Jogja dan ingin menikmati suasana liburan di wilayah dataran tinggi dan memiliki udara yang sejuk maka Kaliurang adalah lokasi yang cocok dan tepat. Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dengan wilayah yang menyuguhkan wisata alam dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Selain bisa berkunjung ke tempat wisata Kaliurang Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai penginapan dengan fasilitas yang beragam. Mulai dari harga yang terjangkau hingga harga premium bisa ditemui di Kaliurang. Di daerah Kaliurang inilah air terjun tlogo muncar berada.

Air Terjun Tlogo Muncar, sumber ig h.budisantoso
Air Terjun Tlogo Muncar, sumber ig @h.budisantoso

Air Terjun Tlogo Muncar ?

Kaliurang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya ialah Taman Nasional Gunung Merapi. Letaknya berada di kaki Gunung Merapi membuat tempat yang berketinggian 900 mdp itu mampu menyuguhkan panorama yang indah. Taman Nasional Gunung Merapi yang memiliki area yang sangat luas, akan membuat Anda yang ingin mengeksplorasi semua wilayahnya akan kewalahan. Ada beberapa titik menarik di Taman Nasional Gunung Merapi yang menarik untuk dikunjungi, yaitu area Air Terjun Tlogo Muncar.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter. Air Terjun ini sendiri terletak secara tersembunyi dibalik pepohonan rimbun yang berada di balik Bukit Plawangan. Tetapi, untuk menuju ke Air Terjun Tlogo Muncar tidaklah sulit, dan medannya pun tidak terlalu lama jika ditempuh dari pintu gerbang utama Taman Nasional Gunung Merapi.

Lokasi dan Rute Air Terjun Tlogo Muncar

Lokasi Air Terjun ini berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Air Terjun Tlogo Muncar dari Kota Yogyakarta akan memerlukan waktu 1 jam hingga 1,5 jam perjalanan. Meskipun terletak di ketinggian, namun jalan menu kesana sudah bagus. Jadi tidak masalah jika Anda ingin menempuhnya menggunakan sepeda motor, mobil ataupun kendaraan yang lebih besar.

Nama : Air Terjun Tlogo Muncar
Lokasi : Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di sekitar air terjun ini sudah sangat memadai jika Anda sebagai pengunjung dari luar daerah. Fasilitasnya antara lain :

  • Penginapan
  • Cafetaria
  • Gazebo
  • Toilet, Mushola dan Parkir
  • Fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke wisata ini pun cukup murah, yaitu Rp. 3000 tiap per orang. Kami sarankan Anda untuk memakai fasilitas wisata yang ada seperti sewa kendaraan wisata atau paket wisata Jogja yang sudah menyediakan akomodasi wisata lengkap untuk mempermudah perjalanan wisata Anda.

Saran Tambahan

Untuk menikmati Air Terjun Tlogo Muncar ini bisa Anda lihat dengan duduk santai di gazebo yang berjarak sekitar 100 meter dari air terjun. Dengan menikmati air terjun ini tentunya akan membuat pikiran Anda menjadi segar. Anda juga bisa menikmati sejuknya dengan bermain air. Juga bisa menambah koleksi foto rekreasi Anda dengan menjadikan air terjun ini sebagai latar pemandangan yang indah.

Air Terjun Tlogo Muncar, sumber ig yusuf_kudi
Air Terjun Tlogo Muncar, sumber ig @yusuf_kudi

Jika sudah puas dengan menikmati keindahan Objek Wisata Air Terjun yang berada di bawah bukit, Anda bisa mencoba untuk menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi meskipun akan membuat kaki pegal-pegal, tetapi akan terbayarkan ketika Anda sudah berada di atasnya karena disuguhkan dengan keindahan yang ditawarkan oleh wisata ini.

Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang diberikan di kawasan Kaliurang ini, seperti: taman rekreasi anak, Kolam Tlogo Putri, Camping Ground dan hutan wisata. Selain itu juga tersedia cukup banyak wahana hiburan seperti kereta api mini dari mobil yang digandeng di area parkir.

Telaga muncar yang sejuk. Sumber IG @meliwidiyanti

Demikian beberapa informasi terkait air terjun tlogo muncar yang berhasil dirangkum redaksi antarejatour.com. Semoga informasi ini bisa menambah referensi wisata Anda di Jogja dan menghibur Anda. Simak juga ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata lainnya di halaman kami. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.