+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Bukit Klangon Merapi adalah salah satu dari obyek wisata Jogja yang bertemakan spot pemandangan alam. Masih terdapat banyak obyek wisata sejenis Bukit Klangon Merapi di lokasi-lokasi lainnya di Jogja, khususnya ada dataran tinggi atau perbukitan yang terdapat di Jogja.

Spot wisata pemandangan alam ini memiliki keunikan tersendiri. Disamping itu, obyek wisata jenis ini menjadi salah satu yang digandrungi para generasi milenial yang aktif di media-media sosial mereka. Bukit Klangon sendiri bisa dikenal karena informasi yang beredar di media sosial.

Bukit Klangon Merapi berada di pelosok daerah Yogyakarta. Namun jangan khawatir. Jogja memiliki fasilitas wisata yang mumpuni untuk bisa menyambangi lokasi-lokasi wisata seperti ini. Wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, bus pariwisata untuk transportasinya. Selain itu, terdapat juga banyak penginapan dan hotel yang bisa dimanfaatkan apabila untuk menuju lokasi yang jauh ini memakan waktu yang lama.

Bukit Klangon Merapi memiliki daya tarik sebagai salah satu spot wisata alam di Jogja. Nah, apa saja daya tarik serta aktivitas-aktivitas yang bisa dinikmati oleh para wisata di Bukit Klangon? Simak informasinya berikut ini.

Gardu Pandang Merapi di Bukit Klangon, sumber ig ohvelly_
Gardu Pandang Merapi di Bukit Klangon, sumber ig @ohvelly_

Bukit Klangon Merapi

Bukit Klangon Merapi adalah spot gardu pandang gunung Merapi di Jogja. Bukit Klangon adalah salah satu spot yang menampilkan pemandangan Merapi paling indah, disamping terdapat beberapa lokasi gardu pandang merapi lainnya. Menikmati pemandangan gunung Merapi memang salah satu aktivitas yang dinantikan para wisatawan di Jogja.

Untuk menikmati pemandangan gunung Merapi, sebenarnya ada beberapa aktivitas yang bisa menjadi pilihan. Misalnya dengan langsung mendaki gunung Merapi. Cara lainnya yang juga bisa menjadi pilihan wisatawan adalah Lava Tour, yaitu tour menggunakan Jeep terbuka untuk menikmati pemandangan Merapi khususnya bagian yang terdampak Lava pada saat meletusnya gunung Merapi yang justru menampilkan pemandangan yang indah.

Cara lainnya adalah dengan menaiki gardu pandang. Gardu pandang dibangun menjulang ke atas memang bertujuan agar bisa menampilkan suatu pemandangan dari sudut ketinggi bagi siapa yang menaikinya.

Gardu Pandang Bukit Klangon menampilkan pemandangan gunung Merapi dengan sudut yang bagus, karena bisa terlihat bentuk puncak Merapi yang lancip dan sekaligus kepulan asap lava yang tampak di puncaknya.

Bukit Klangon Merapi juga memiliki fasilitas sirkuit downhill, yaitu olahraga menuruni puncak bukit menggunakan Montain Bike(MTB) atau sepeda gunung. Bahkan sirkuit downhill ini dikatakan yang paling baik di Jogja dibandingkan sirkut lainnya.

Sejak dibuka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu, Wisata Alam Bukit Glagaharjo, nama asli dari Bukit Klangon Merapi, menjadi salah satu wisata alam yang ramai kunjungan. Di sini juga seringkali diadakan kompetisi kejuaraan downhill sepeda MTB.

Bukit Klangon Merapi, sumber ig pesona_klangon
Bukit Klangon Merapi, sumber ig @pesona_klangon

Lokasi dan Rute

Bukit Klangon Merapi berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Jogja. Akses untuk menuju bukit ini terbilang baik dan lokasi wisatanya terjangkau atau mudah diketemukan.

Dari titik nol km Jogja, mengarah ke utara menuju Jalan Magelang. Masih terus ke utara menuju kawasan Kecamatan Cangkringan melalui Jalan Kaliurang. Dari Jalan Kaliurang kemudian melewati Jalan Pamungkas menuju ke pertigaan. Sesampainya di pertigaan kemudian ke timur melewati Jalan Grogolan dan menemukan pertigaan selanjutnya.

Dari pertigaan kedua kemudian melewati Jalan Pasar Butuh, maka tidak lama kemudian akan menemukan Bukit Klangon Merapi. Perkiraan jarak perjalanan sekitar 37 km dengan waktu tempuh selama 1,5 jam.

Nama : Wisata Alam Bukit Glagaharjo / Bukit Klagon
Lokasi : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Fasilitas

Sebagai Wisata Alam Bukit Glagaharjo, obyek ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, baik yang bisa dinikmati ataupun dipakai untuk memudahkan aktivitas wisata di lokasi ini. Beberapa fasilitas ini diantaranya :

  • Gardu Pandang
  • Sirkuit downhill
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Area Parkir
Wisata Bukit Klangon Merapi, sumber ig gunungindonesia
Wisata Bukit Klangon Merapi, sumber ig @gunungindonesia

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata alam, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Biasanya hanya diperlukan biaya parkir yang berkisar dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Selain itu adalah biaya-biaya penggunaan wahana dan fasilitas di kawasan ini.

Informasi Tambahan

Kebanyakan pengunjung memang lebih tertarik untuk menikmati pemandangan di gardu pandang sambil berfoto. Tetapi untuk Anda yang hobi bersepeda, Anda bisa mencoba sirkuit donwhill yang terdapat di sini. Tentunya jika memiliki keahlian. Jika tidak ahli, olahraga yang satu ini sangat beresiko kecelakaan.

Demikian beberapa informasi terkait Bukit Klangon Merapi untuk Anda. Semoga bisa menambah referensi wisata Jogja untuk Anda. Simak ulasan sebelumnya dari kami mengenai obyek wisata Omah Salak yang juga menarik. Selamat menikmati wisata Anda.