+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pok Tunggal adalah nama salah satu dari Pantai-pantai indah di Jogja. Pantai Pok Tunggal berada di pesisir selatan Jogja yang merupakan lokasi pantai-pantai besar yang bersebelahan dengan Samudera Hindia. Namun Pantai Pok Tunggal memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri.

Pesisir selatan Jogja memang selalu menjadi target para wisatawan yang menyukai pantai. Pantai-pantai ini terkenal dan tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai terkenal Indonesia lainnya seperti Bali. Tetapi Jogja adalah daerah luas tidak sebagaimana Bali yang terdiri dari banyak pulau kecil.

Untuk menelusuri berbagai pantai-pantai indah di Jogja ini, para wisatawan dimudahkan dengan berbagai fasilitas wisata yang mendukung. Seperti transportasi wisata, hotel dan penginapan, jasa paket wisata Jogja dan berbagai fasilitas wisata lainnya di Jogja.

Pantai Pok Tunggal memiliki berbagai daya tarik yang berbeda dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Daya tarik apa saja yang terdapat di Pok Tunggal dan apa saja yang bisa dinikmati di obyek wisata ini? Simak informasinya berikut ini.

Pantai Pok Tunggal, sumber ig riakurniawati_rk
Pantai Pok Tunggal, sumber ig @riakurniawati_rk

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berbeda dengan pantai lainnya di Gunung Kidul, Yogyakarta. Mulai dari namanya yang unik, kondisi lautnya, berbagai pesona yang unik dan aktivitas yang bisa dinikmati, semuanya jarang ditemukan di tempat wisata sejenis lainnya.

Penamaan Pok Tunggal berasal dari keberadaan sebuah pohon satu-satunya yang terdapat di lokasi ini. Pohon yang juga bernama Pohon Duras ini terdapat satu-satunya di lokasi dan menjadi fitur menarik bagi para wisatawan. Begitulah lokasi wisata ini diberi nama.

Pantai ini memiliki sungai bawah tanah yang unik, karena tidak bercampur antara asin dan tawar. Sungai ini menjadi fenomena unik tersendiri yang sangat jarang ditemukan diberbagai tempat lainnya. Sungai ini dimanfaatkan penduduk setempat untuk aktivitas mereka sehari-hari.

Pesona lainnya yang dapat ditemukan di obyek wisata ini adalah tebing karst yang berada di sisi pantai. Bentuknya sangat fotogenik sebagai pemandangan alam yang berada di sekitar pantai. Selain itu, tebing ini juga dijadikan wahana tersendiri untuk pendakian atau panjat tebing.

Berbagai aktivitas dapat dinikmati di obyek wisata pantai yang satu ini. Mulai dari rekreasi, bersantai, piknik bersama keluarga dan rombongan dan bermain air. Bahkan tidak jarang spot wisata ini dijadikan wahana snorkeling.

Pok Tunggal, sumber ig pantaidijogja
Pohon Pok Tunggal, sumber ig @pantaidijogja

Berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang berombak besar dan deras, Pok Tunggal ternyata cenderung berombak tenang. Karenanya wisatawan banyak memanfaatkan lokasi ini untuk aktivitas diving dan snorkeling.

Keunggulan lainnya selain berbagai pesona dan keindahan alam yang ada adalah dari sisi pengelolaan pantai. Meski hanya dikelola penduduk sekitar, namun pantai ini tetap bersih terjaga. Karena pihak pengelola tidak segan-segan memberlakukan denda jika ada yang membuang sampah sembarangan.

Lokasi dan Rute

Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya tepat berada diantara dua pantai terkenal di Jogja lainnya yaitu Pantai Pulang Syawal (Indrayanti) dan Pantai Siung.

Akses menuju ke lokasi pantai dapat ditempuh dengan menggunakan bermacam kendaraan mulai dari roda dua hingga bus. Dari Kota Jogja, perjalanan dimulai dengan mengarah ke timur menuju Jalan Wonosari.

Setelah berada di Jalan Wonosari dilanjutkan ke selatan menuju arah Kota Wonosari melewati Piyungan. Kemudian akan berada di sekitaran Tepus dilanjutkan ke arah pos retribusi. Namun setelah melewati gerbang retribusi saat bertemu pertigaan mengarah ke kiri menuju ke lokasi.

Nama : Pantai Pok Tunggal
Lokasi : Desa Tepus, Tepus, Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Spot Pantai ini cukup mumpuni sebagai obyek wisata pantai terkenal di Jogja. Salah satunya bisa diketahui dari keberadaan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Wahana Camping
  • Tempat Makan
  • Mushola
  • Persewaan Alat : Tenda, Payung, dll
  • Toilet
  • Parkir

Informasi Harga

Untuk retribusi masuk lokasi wisata, cukup membeli satu tiket pada pos retribusi yang ditemui sebelum masuk ke arah lokasi. Tiket ini bisa dipakai sebagai tiket masuk untuk lokasi-lokasi pantai yang ada di sekitar retribusi.

Pantai Pok Tunggal, sumber ig jogjakartaid
Pantai Pok Tunggal, sumber ig @jogjakartaid

Harga tiket yang perlu dikeluarkan adalah Rp. 10.000/orang. Selain harga tiket masuk, terdapat juga harga parkir yang berbeda tergantung jenis kendaraan. Mulai dari roda dua yaitu Rp. 3.000 hingga bus wisata yang dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 15.000.

Informasi Tambahan

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati pesona pantai hingga menginap, terdapat beberapa penginapan di sekitar pantai. Namun lebih nikmat lagi apabila bisa mendirikan tenda dengan membayar sewa area camp sebesar Rp. 5.000.

Disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri apabila ingin menikmati camp atau aktivitas lain seperti diving dan snorkeling. Karena tempat persewaan yang ada masih terbatas.

Pantai Pok Tunggal, sumber ig lawangpethuk
Pantai Pok Tunggal, sumber ig @lawangpethuk

Itu dia berbagai informasi terkait Pantai Pok Tunggal untuk Anda para penikmat wisata Pantai Jogja. Semoga bisa memberikan wawasan tambahan dan bermanfaat menjadi referensi wisata Anda di Jogja.

Baca juga artikel tentang Pantai Sundak Jogja di halaman antarejatour.com.