+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Goa Kalisuci adalah salah satu yang langka di Indonesia. Spot susur goa ini merupakan salah satu diantara wahana susur goa lainnya yang tidak banyak yang terdapat di dunia. Selain itu, Kalisuci juga memiliki pesona dan sejarah yang menarik dan unik.

Untuk Anda yang berkesempatan menghabiskan waktu berliburan di Jogja dengan berwisata, jangan khawatir. Jogja memiliki berbagai jasa yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan perjalan wisata Anda. Salah satunya adalah paket wisata Jogja.

Meski jarak dari pusat Kota Jogja sangat jauh untuk menuju spot wisata Cave Tubing Kalisuci, layanan paket wisata antareja tour dapat memberikan kenyamanan untuk menikmati berbagai spot wisata impian Anda.

Banyak pesona keindahan serta asal usul yang menarik yang bisa ditemukan di spot wisata Kalisuci ini. Berikut berbagai informasi terkait spot wisata unik yang satu ini yang berhasil dirangkum tim redaksi antarejatour.com.

Goa Kalisuci, sumber ig aminrahmadi
Goa Kalisuci, sumber ig @aminrahmadi

Spot Cave Tubing Kalisuci Jogja

Sebelum spot Cave Tubing Goa Pindul, ternyata spot Kalisuci juga telah lama terdengar pesonanya. Spot Kalisuci terbilang lebih unik sebab keberadaannya yang berada dicelah bukit dan bermuara ke laut langsung.

Jadi, Kalisuci adalah spot sungai seperti goa yang mengalir dan bermuara ke Pantai Baron, salah satu pantai terkenal di Jogja. Goa ini berada dicelah-celah bukit karst yang juga memiliki pemandangan dinding yang menakjubkan.

Dilihat dari namanya, ada suatu keunikan tersendiri. Kalisuci berasal dari dua kata bahasa Jawa yaitu “Kali” dan “Suci” yang bermakna sungai yang jernih. Makna ini sesuai dengan kenyataannya bahwa sungai Kalisuci begitu bersih dan jernih hingga menampakkan bagian dasar sungainya.

Sungai ini biasa dimanfaatkan oleh warga setempat untuk kebutuhan dan kegiatan sehari-harinya. Saking jernihnya, masyarakat setempat ada yang percaya bahwa air sungai ini bisa langsung diminum.

Spot Cave Tubing Kalisuci, sumber ig aminrahmadi
Spot Cave Tubing Kalisuci, sumber ig @aminrahmadi

Untuk menikmati pesona spot wisata ini, tidak ada cara lain selain menikmati wahana Cave Tubing yang dikelola oleh penduduk setempat. Saat menyusuri goa, para wisatawan akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman.

Selain berpengalaman, pemandu juga akan menceritakan berbagai keunikan dan sejarah tempat ini. Juga akan diberikan kesempatan untuk mengabadikan momen di spot-spot yang memberikan pemandangan indah yang bisa menjadi latar foto.

Goa memang spot yang unik dengan berbagai batuan yang terbentuk di dalamnya. Para wisatawan akan menemukan stalaktit dan stalakmit yang indah. Bentuknya seolah merupakan tetesan air yang menetes dari langit-langit goa.

Untuk menyusuri goa ini, para wisatawan akan menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam karena panjangnya track dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan selama menyusurinya. Namun jangan khawatir, segala fasilitas pengaman sudah tersedia.

Sungai ini sendiri memiliki kedalam mulai dari 2 hingga 3 meter. Sedangkan lagit-langit goa cukup tinggi sehingga tidak begitu sempit secara vertikal. Tracknya juga berliku sehingga memberikan sensasi tersendiri, namun arusnya tidak begitu deras.

Lokasi dan Rute

Goa Kalisuci berada di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan ini memang terkenal dengan berbagai spot goa yang membuat penasaran untuk disusuri. Gunung Kidul juga terkenal dengan berbagai pantai eksotisnya seperti Pantai Baron yang merupakan muara sungak Kalisuci.

Spot Rafting Kalisuci, sumber ig miopakcom
Spot Rafting Kalisuci, sumber ig @miopakcom

Jarak menuju lokasi jika dari pusat Kota Jogja adalah hampir 50 Km. Sedangkan dari ibukota Kabupaten Gunung Kidul yaitu Kota Wonosari berjarak hampir 12 Km. Jarak dari Kota Jogja ini akan ditempuh selama 1,5 jam perjalanan menggunakan alat transportasi seperti motor dan mobil.

Sedangkan rute yang ditempuh jika berangkat dari pusat Kota Jogja mengarah ke selatan. Dari Kota Jogja akan bertemu Jalan Wonosari. Bisa juga melalui Jalan Imogiri. Namun desa Jetis akan lebih dekat apabila dikunjungi melalui Jalan Wonosari.

Dari Jalan Wonosari perjalanan dilanjutkan hingga bertemua Jalan Kalisuci. Kemudian tinggal mengikuti arah yang ada hingga sampai di spot wisata. Rutenya mudah dilewati baik menggunakan kendaraan motor hingga bus.

Nama : Kalisuci
Lokasi : Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Fasilitas

Tak kalah dengan wisata Goa Pindul lokasi wisata ini terkenal dengan aktivitas Cave Tubing dan Rafting. Sehingga fasilitas yang ada adalah seputar perlengkapan untuk susur goa dan arung jeram. Berikut rinciannya :

  • Perlengkapan Cave Tubing : Pelampung, Pelindung Kepala, Tabung Okigen, dll
  • Loket Jasa Pemandu (untuk menyimpan berbagai barang bawaan)
  • Tempat Makan
  • Area Parkir dan Lahan Luas

Informasi Harga

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati aktivitas di spot wisata ini adalah tiket masuk, jasa pemandu dan perlengkapan serta parkir kendaraan. Untuk tiket masuk, biayanya sebesar Rp. 5.000. Jasa pemandu biayanya sebesar Rp. 70.000 dan tiket parkir sebesar Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000.

Informasi Tambahan

Selain Cave Tubing, biasanya sungai ini juga bisa dimanfaatkan untuk arung jeram (rafting). Namun arus air memang tidak begitu deras sebagaimana kebanyakan wahana rafting. Sehingga rafting hanya alternatif saja.

Goa Kalisuci, sumber ig alif_elghozi
Goa Kalisuci, sumber ig @alif_elghozi

Untuk dapat menikmati kunjungan ke lokasi wisata ini, datanglah di saat musim kemarau. Karena arus air cenderung bersahabat dan volume air tidak begitu tinggi. Sedangkan pada musim hujan lokasi ini ditutup sementara karena volume air yang tinggi sehingga celah dengan langit-langit goa cenderung tidak aman.

Itu dia berbagai informasi terkait Spot Cave Tubing Goa Kalisuci Jogja. Semoga dapat menambah referensi wisata Anda di Jogja dan menghibur para pembaca sekalian.

Baca juga artikel tenyang kegiatan snorkling di Pantai Nglambor hanya di halaman antareja tour. Sekian dulu ulasan obyek wisata Jogja edisi kali ini, silahkan berbagi dan memberikan saran dan kritik pada kolom komentar yang telah tersedia. Matur Nuwun.