+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Pantai Sundak adalah salah satu spot wisata yang mempesona di Jogja. Keberadaan pantai ini bersebelahan dengan pantai selatan Jogja yang terkenal eksotis dan memiliki berbagai keunikan tersendiri. Termasuk Pantai Sundak yang juga memiliki keindahan dan cerita unik dibalik asal-usulnya.

Jogja memang memiliki berbagai obyek wisata yang patut untuk dikunjungi. Terdapat banyak spot wisata alam seperti bukit, air terjun, hutan pinus dan berbagai spot wisata alam lainnya termasuk pantai. Kota Jogja sendiri juga memiliki berbagai lokasi wisata, seperti Taman Sari dan Jalan Malioboro.

Dengan berbagai lokasi wisata yang bisa dikunjungi, tidak heran Jogja menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Berbagai fasilitas umum dan jasa layanan wisata juga ikut ambil bagian dalam daya tarik paket wisata Jogja. Para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung tidak perlu bingung dan dapat menikmati wisata di Jogja dengan nyaman.

Pantai Sundak, sumber ig pijarrangkaibumi
Pantai Sundak, sumber ig @pijarrangkaibumi

Untuk Anda yang suka dengan spot wisata laut, Pantai Sundak bisa menjadi salah satu pilihan. Meskipun tidak sama karena terdapat kondisi-kondisi yang berbeda dengan spot wisata sejenis lainnya, namun berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini. Apa saja keindahan dan berbagai aktivitas tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Pantai Sundak

Spot wisata Pantai Sundak adalah salah satu yang unik. Dilihat dari asal-usul serta kejadian alam yang terjadi di sekitar lokasi, spot wisata ini memang patut untuk dicoba kunjungi. Selain itu, pemandangan di sekitar yang indah dan berbagai spot yang dapat dinikmati begitu menarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Menurut cerita yang ada, pada tahun 1930 pantai ini masih merupakan laut hingga akhirnya surut seperti saat sekarang ini. Keberadaan Goa yang terdapat batuan karang menjadi salah satu bukti kejadian alam ini. Bahkan kabarnya, saat masih terendam air, ketinggian rendaman bisa meluas ke area Masjid yang terdapat di sekitar lokasi pada waktu itu.

Baru setelah airnya surut, bentuk pantai terlihat dan terdapat Goa di salah satu sisinya. Suatu ketika saat penduduk kekurangan air tawar untuk kebutuhan sehari-hari, ada seekor anjing yang keluar dari Goa dan terlihat basah ketika kembali kepada pemiliknya. Karena penasaran, akhirnya pemilik anjing menelusuri Goa dan menemukan mata air tawar di dalamnya.

Pantai Sundak, sumber ig explorealamjogja
Pantai Sundak, sumber ig @explorealamjogja

Mengenai nama pantai ini sendiri, terdapat cerita yang unik. Namanya merupakan gabungan dari dua kata berbahasa Jawa yaitu “asu” dan “landak”. Gabungan dua kata tersebut menjadi “sundak”. Penamaan ini berasal dari cerita dimana terdapat anjing (asu) yang mencoba memakan landak. Namun ternyata tidak mudah sehingga harus berkelahi. Begitulah menurut warga setempat.

Di pantai ini, para wisatawan dilarang untuk berenang karena situasi dan kondisi yang ada. Namun, di bibir pantai, airnya cukup dangkal hingga ke batas tertentu. Banyak batuan karang yang dapat terlihat karena airnya yang jernih. Selain bibir pantainya, juga terdapat bukit.

Terdapat bukit pemisah antara lokasi ini dengan pantai Jogja lainnya disebelah lokasi. Selain itu, pemandangan bukit karang dan bukit batuan kapur yang memillik warna dan bentuk yang bagus menjadi suatu pesona tersendiri. Termasuk keberadaan Goa tempat sumber mata air yang menjadi bagian bukit ini.

Para wisatawan bisa berkemah pada camping ground yang tersedia. Terdapat juga gazebo yang bisa disewa dengan harga tertentu apabila ingin bersantai di lokasi. Apabila ingin berlama-lama, para wisatawan juga bisa menyewa penginapan yang terdapat di sekitar lokasi.

Lokasi dan Rute

Pantai Sundak, sumber ig deodatusgirsang
Pantai Sundak, sumber ig @deodatusgirsang

Pantai Sundak berada di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sederetan spot wisata sejenis lainnya yang juga terkenal di Jogja. Untuk kondisi jalan menuju ke lokasi sudah cukup baik. Saat perjalanan akan terdapat beberapi tanjakan dan berkelok-kelok. Disarankan untuk menggunakan mobil karena perjalanannya yang lumayan jauh.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini terbilang cukup mudah dan aman. Dari Kota Jogja bisa melalui dua jalur yang paling dekat untuk menuju lokasi yaitu Jalan Wonosari dan Jalan Imogiri. Semuanya menuju ke arah selatan hingga bertemu dengan Jalan Pantai Selatan Jawa. Apabila sudah berada di jalan ini, carilah petunjuk di sekitar lokasi.

Perjalanan ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Jogja. Dengan jarak tempuh sekitar 66 km. Baik menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, kondisi rute cukup memadai dan di lokasi terdapat area parkir.

Nama : Pantai Sundak
Lokasi : Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Untuk menikmati wisata di lokasi, terdapat berbagai fasilitas yang bermanfaat. Fasilitas tersebut yaitu :

  • kamar ganti pakaian
  • kamar mandi
  • gazebo
  • Penginapan
  • Mushola
  • Area Parkir

Informasi Harga

Pantai Sundak, sumber ig coco_z.o.e
Pantai Sundak, sumber ig @coco_z.o.e

Untuk masuk ke lokasi wisata, para pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5.000/orang saat hari biasa dan Rp. 6.000/orang saat akhir pekan. Untuk menyewa fasilitas gazebo yaitu Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000. Sedangkan biaya lainnya yaitu biaya parkir mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 5.000.

Informasi Tambahan

Untuk aktivitas berenang di lokasi sangat tidak disarankan karena ombaknya yang cederung tinggi. Namun, pengunjung tetap saja memadati spot wisata ini karena memiliki keindahan yang berbeda dengan pantai lainnya. Sehingga sebagian pengunjung memang datang untuk berfoto di lokasi.

Itu dia berbagai informasi terkait Pantai Sundak yang menarik dan unik. Semoga bisa menambah koleksi informasi pantai Jogja untuk Anda. Simak berbagai ulasan menarik wisata Kulonprogo di antarejatour.com dan nantikan update terbarunya. Apabila terdapat saran dan kritik, silahkan berikan di kolom komentar yang tersedia dan bagikan artikel ini.