+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Pantai Ngandong mungkin tidak setenar dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Sebut saja Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, dan beberapa pantai lainnya. Pesona Pantai Ngandong tidak kalah bagusnya dengan pantai lain di Gunungkidul yang lebih duluan tenar. Dijamin, ketika Anda berkunjung kesini tidak akan cepat pulang, pasti masih ingin menikmati keindahan pantai ini dalam waktu lama.

Pantai Ngandong Gunungkidul, Sumber IG @cikpict
Pesona Pantai Ngandong Gunungkidul, Sumber IG @cikpict

Setiap pantai tentu memiliki pesona tersendiri sebagai daya tarik untuk dikunjungi, tidak terkecuali Pantai Ngandong. Pesona apa saja yang disuguhkan oleh pantai yang satu ini sehingga mampu membuat Wisatawan untuk mengunjunginya, berikut ulasannya dari Antareja Tour.

Keindahan Pantai

Keindahan alam yang ada di sekitar Pantai Ngandong Wonosari tak kalah sama dengan pantai sundak yang hanya dibatasi oleh bukit besar di sebelah timur pantai. Keindahan yang ditawarkan di Pantai Ngandong adalah pasirnya yang putih, bukit karang karst, dan momen melihat sunset. Deretan perahu nelayan di bibir pantai menjadi pemandangan yang pertama dilihat saat memasuki area Pantai.

Garis Pantai yang Landai dan Pohon Cemara Udang

Pantai Ngandong menjadi salah satu pantai nelayan meskipun tidak seramai pantai nelayan lain yang ada di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Ada bebatuan di pinggir pantai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air. Pemandangan unik yang dapat dilihat di pantai ini adalah adanya pulau yang berada di tengah laut yang terjadi ketika air laut sedang surut. Anda dapat menjangkau pulau ini dengan berjalan kaki dari bibir pantai.

Pantai Ngandong, Sumber IG @noerkuys
Bermain Air Laut di Pantai Ngandong, Sumber IG @noerkuys

Pantai Ngandong Jogja juga terkenal karena mempunyai bentuk yang indah dengan garis pantainya yang landai. Bentuk garis pantai yang demikian lebih aman bagi Anda yang membawa keluarga terutama anak-anak untuk bermain-main di tepi pantai. Sementara itu, di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara udang yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh atau tempat piknik bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan piknik ditambah juga suasana yang begitu pas dan ditemani angin sepoy-sepoy dari pantai.

Daya Tarik Bukit Karst

Bukit karst yang ada di pantai Ngandong menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung karena warna yang eksotis dengan warnanya yang hijau. Anda juga dapat menikmati pemandangan lautan lepas dan pantai yang berada di sebelah pantai Ngandong dari atas bukit karang ini, namun harus berhati-hati untuk menjaga keselamatan Anda.

Sunrise dan Sunset View

Keindahan selanjutnya adalah sunrise dan sunset view yang menjadi incaran wisatawan terutama bagi para penikmatnya. Menjadikan pantai ini unik ketika melihat sunrise dan sunset adalah Anda bisa menikmati langsung dengan menghadap samudera yang luas yaitu samudera Pasifik.

Pantai Ngandong Wonosari, Sumber IG @agoezsiswanto97
Menikmati Sunset di Pantai Ngandong Wonosari, Sumber IG @agoezsiswanto97

Harga Tiket dan Sewa Peralatan Snorkeling

Harga tiket masuk Pantai Ngandong Gunungkidul adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk satu paket dengan biaya masuk pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sarangan, Pantai Sadranan, Pantai Krakal, dan pantai lainnya yang termasuk dalam paket. Jadi, harga ini sangat terjangkau dan murah bagi Anda yang hendak berlibur ke Pantai Ngandong Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk harga penyewaan satu paket peralatan snorkeling adalah Rp. 35.000. Termasuk dalam paket diantaranya snorkel plus masker, pelampung, serta sepatu khusus untuk snorkeling atau fin. Snorkeling di Pantai Ngandong dianjurkan pagi hari, karena selain ombak yang masih tenang, air belum keruh oleh banyaknya pengunjung yang mencebur ke laut.

Waktu Buka dan Tutup

Pantai Ngandong Jogja, Sumber IG @didik.sck
Berfoto ria di Pantai Ngandong Jogja, Sumber IG @didik.sck

Jam Buka Pantai Ngandong adalah 24 jam dapat diakses, namun untuk fasilitas yang ada di sekitar pantai ada yang hanya buka pada pukul 07.00 s/d 18.00 WIB, seperti penyewaan snorkeling, kano, dan jet ski. Tapi tak perlu khawatir jika Anda ingin menikmati pantai Ngandong dalam waktu yang lama, karena terdapat akomodasi penginapan di sekitar pantai dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dapat Anda manfaatkan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di pantai Ngandong adalah duduk santai di bawah pohon cemara udang sambil melihat deburan ombak, bermain pasir pantai, menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, bermain kano, jet ski, menikmati pemandangan dari atas bukit karst dan lain-lain. Karena semua kegiatan di pantai Ngandong bisa dilakukan sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Pada dasarnya semua kegiatan yang dilakukan adalah berawal dari diri Anda, kegiatan apa yang hendak akan Anda lakukan dan tentunya keselamatan menjadi hal yang utama dalam melakukan sesuatu kegiatan yang perlu diperhatikan.

Rute Menuju Pantai Ngandong 

Rute menuju Pantai Ngandong dari Yogyakarta adalah  Piyungan – Patuk – Sambipitu – Pertigaan timur Lanud TNI Gading belok ke arah kanan kemudian menuju Playen – Paliyan – Saptosari. Selanjutnya sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur. Lalu ambil atau ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak lalu menuju Pantai Ngandong.

Pantai Ngandong, Sumber IG @haryosetyadi
Berjalan Santai sepanjang bibir Pantai Ngandong, Sumber IG @haryosetyadi

Ada rute yang lebih pendek yaitu melalui Yogyakarta kemudian lewat Imogiri – Panggang – Saptosari sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan pantai Baron ke arah timur ambil atau ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk pantai Sundak dan akhirnya bisa menuju ke lokasi pantai Ngandong.

Jika Anda kebingungan dengan jalurnya bisa menggunakan google maps. Tentunya hal yang harus Anda perhatikan sebelum menuju Pantai Ngandong adalah kendaraan atau transportasi harus dalam keadaan yang baik terutama rem, karena rute yang dilewati sangat terjal atau menanjak, berkelok, dan lebar jalan yang tidak begitu luas.

Apabila Anda membutuhkan kendaraan bisa menggunakan jasa wisata Jogja dari Antareja Tour. Sekian informasi tentang pantai Ngandong. Semoga memberi wawasan tambahan bagi Anda.