+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Gudeg, kini menjadi salah satu ikon makanan Yogyakarta. Banyak tempat yang menjajakan gudeg dan setiap tempat memiliki keunikan dan cita rasa masing – masing. Jika Anda berkunjung ke Jogja dan bertanya kepada Masyarakat Asli Jogjakarta atau Pendatang yang tinggal di Yogyakarta tentang gudeg mana yang lebih enak? Pasti mereka akan kebingungan untuk menjawabnya karena setiap tempat memiliki keunikannya masing – masing.

Gudeg Pawon, Sumber IG @pigijo_
Gudeg Pawon, Sumber IG @pigijo_

Berbeda hal jika Anda bertanya pada orang yang telah merasakan Gudeg Pawon Yogyakarta yang termasuk dalam Gudeg Legendaris karena merupakan turun-temurun yang dilanjutkan oleh generasi dari pemiliknya yang ada di Jogja. Mereka akan mengatakan kepada Anda yang akan berwisata ke Yogyakarta bersama Antareja Tour untuk mampir ke Rumah Makan Gudeg Pawon.

Mengenal Lebih Dekat Gudeg Pawon

Gudeg Pawon berdiri sejak tahun 1958 oleh Prapto Widarso selaku Pemiliknya. Gudeg Pawon awalnya berjualan di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta yang berjarak 1,9 km atau 7 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Kala itu, setiap pukul 03.00 WIB Bapak Prapto mulai menjual gudegnya dan banyak pelanggan yang berdatangan untuk membeli gudegnya saat pagi hari sebagai sarapan sebelum melakukan aktivitas.

Antusias pelanggan semakin lama semakin baik, bahkan membuat antrian panjang di pasar hanya untuk menikmati Gudeg Pawon. Tidak hanya itu, bahkan banyak pelanggan yang merasa puas dengan cita rasa gudeg yang satu ini sehingga membeli langsung Gudeg Pawon di rumah kediaman Pak Prapto. Akibatnya Gudeg Pawon sering habis duluan sebelum dibawa ke pasar. Melihat kondisi tersebut, akhirnya pada tahun 2000 Pak Prapto memutuskan untuk menjual gudegnya di rumah atau kediamannya hingga sampai sekarang yang dilanjutkan dan resepnya diwarisi oleh generasinya.

Gudeg Pawon dalam Kemasan Bisa dipesan melalui IG @pawon.ind_
Gudeg Pawon dalam Kemasan Bisa dipesan melalui IG @pawon.ind_

Lokasi Rumah Makan Gudeg Pawon

Secara administratif lokasi Gudeg Pawon berada di Jl. Prof. DR Soepomo, Janturan UH/IV No. 36, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jaraknya cukup dekat dengan Kantor Wali Kota Yogyakarta sekitar 850 meter atau 10 menit jalan kaki. Patokannya adalah kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berjarak 350 meter atau 4 menit jalan kaki dan Anda akan melihat plag nama yang menunjukan rumah Gudeg Pawon.

Apabila Anda yang pernah berkunjung ke Situs Warungboto, jarak dari Situs Warungboto sekitar 1,3 km atau waktu tempuh 5 menit menggunakan kendaraan roda empat. Dengan bantuan teknologi Anda tidak perlu khawatir dengan rute menuju Gudeg Pawon cukup gunakan Google Maps. Karena sudah ada picknya atau label Rumah Makan Gudeg Pawon tinggal tulis pada kolom pencarian enter dan Anda tinggal mengikuti rute yang diberikan Google Maps.

Waktu Beroperasi Gudeg Pawon

Gudeg Pawon memang buka pada waktu yang tidak biasa dengan gudeg pada umumnya yakni buka pada Pukul 21.30 WIB dan tidak ada batas waktu selama gudeg masih tersedia. Tetapi biasanya, Gudeg Pawon sudah ludes terjual beberapa jam setelah dibuka karena banyak Pelanggan yang telah mengantri bahkan sejak pukul 20.00 WIB.

Ngantri Meunggu Gudeg Pawon, Sumber IG @gudegpawonjogja
Ngantri Meunggu Gudeg Pawon, Sumber IG @gudegpawonjogja

Jadi jika Anda ingin kebagian Gudegnya bisa datang lebih awal untuk mendapatkan antrian yang lebih awal atau hindari datang pada saat weekend, jika Anda tidak suka dengan antrian panjang dan malas dalam mencari tempat parkir. Dikarenakan pada saat weekend inilah merupakan lonjakan pelanggan dari hari biasanya. Butuh kesabaran yang kuat yah kalo telat datang untuk mecicipi Kuliner Khas Yogyakarta satu ini.

Harga Menu Rumah Makan Gudeg Pawon

Bagi Anda yang penasaran dengan Gudeg Pawon bisa mencobanya langsung. Harga Gudeg Pawon cukup terjangkau kok, untuk Gudeg Basah yang menjadi menu utama terdiri dari ayam kampung dipadukan dengan kuah areh, sayur nangka, tetelan sapi, dan tempe rebus Rp. 24.000/porsi dan menu yang kedua adalah Krecek atau Berbagai Lauk yang terdiri dari telur rebus yang telah dibumbui, sayur nangka, tetelan sapi, dan tempe rebus Rp. 12.000/porsi.

Santapan Gudeg Pawon yang Lezat, Sumber IG @gudegpawonjogja
Santapan Gudeg Pawon yang Lezat, Sumber IG @gudegpawonjogja

Sedangkan untuk minuman yang tersedia atau yang dibuat adalah jeruk dan teh panas atau dingin dengan harga Rp. 5.000 per gelas. Harganya terjangkau dengan cita rasa yang enak dan gurih dan tentunya legendaris, membuat lidah ingin selalu mencicipinya. Sehingga tidak heran banyak Pelanggan yang rela antri dan berdesakan dengan pelanggan lain demi makan di gudeg yang legendaris ini.

Keunikan Gudeg Pawon dengan Gudeg Lainnya

Keunikan Gudeg satu ini, bisa dilihat dari nama gudegnya yang ada kata Pawon, Pawon dalam bahasa Jawa yang berarti Dapur. Bukan hanya sekedar nama tetapi sesuai realita bahwa Gudeg Pawon memang disajikan dan diambil langsung di Dapur. Pelanggan yang ingin mencoba Gudeg Pawon biasanya sudah antri di depan pintu Dapur milik Pak Prapto, tiba pukul 21.30 WIB akan dibuka pintu dapurnya. Pelanggan akan masuk ke dapur dan mengambil gudeg yang disediakan oleh anggota keluarga Sumarwanto dan bisa makan ditempat maupun dibungkus. Untuk area makannya berada diluar dapur ya, karena sudah disediakan bisa lesehan atau pake meja makan.

Keunikan lainnya, berasal dari pengolahan karena pengolahan Gudeg Pawon menggunakan tungku kayu bakar yang menjadi andalan dari makanan legendaris yang satu ini. Menurut Pak Sumarwanto yang merupakan Anak Pak Prapto atau Pemilik saat ini, ketika gudeg dimasak menggunakan alat selain tungku kayu bakar, rasa gudeg olahannya akan terasa berbeda. Sehingga memilih untuk menggunakan kayu bakar yang sudah dikontrol kualitasnya oleh penyedia kayu bakar langganannya.

Manfaat Bagi Masyarakat Sekitar

Sajian Gudeg Pawon, Sumber IG @eattemptationsby
Sajian Gudeg Pawon, Sumber IG @eattemptationsby

Banyaknya pelanggan yang membeli Gudeg Pawon tidak hanya berdampak pada Keluarga Pak Sumarwanto saja, tetapi memberikan dampak positif  bagi warga sekitar yang tinggal tidak jauh dari kediamannya dengan membuka usaha warung atau kios yang menyediakan makanan ringan dan juga minuman dingin  untuk penghasilan tambahan mereka. Dan jasa yang tidak ketinggalan adalah jasa tukang parkir dan penyediaan lahan parkir bagi para pelanggan Gudeg Pawon Yogyakarta.

Akomodasi ke Gudeg Pawon

Akibat waktu buka Pukul 21.30 WIB sehingga transportasi umum seperti Trans Jogja (TJ) tidak dapat digunakan sebagai transportasi Anda disebabkan TJ setiap pukul 21.00 WIB sudah tidak beroperasi pada jam tersebut. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dan tetap tenang karena banyak alat transportasi lainnya yang bisa Anda gunakan seperti ojek online yang telah tersedia 24 jam atau dapat menyewa jasa rental mobil atau motor yang telah tersedia di beberapa lokasi di Yogyakarta yang dapat diakses melalui online maupun lewat Telepon.