+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Sadranan Wonosari adalah pantai di daerah Gunung Kidul, Jogja yang menyimpan banyak daya tarik. Pantai Sadranan hanyalah satu dari puluhan pantai-pantai eksotis yang dapat di kunjungi di Yogyakarta. Masih banyak pantai-pantai serupa yang memiliki daya tarik masing-masing yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati liburan di pantai.

Keberadaan pantai-pantai eksotis di pesisir selatan Jogja ini tidak terlepas dari kondisi geografis pesisir selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga banyak daya tarik yang bisa dinikmati yang belum tentu bisa didapatkan di pantai-pantai daerah lainnya.

Untuk menikmati Pantai Sadranan, para wisatawan luar daerah bisa memanfaatkan berbagai fasilitas wisata yang bisa didapatkan di Jogja seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, bus pariwisata dan fasilitas wisata lainnya.

Nah, apa saja sih keunikan serta daya tarik Pantai Sadranan Wonosari? Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan para pengunjung di sini? Serta dimana lokasi keberadaan Pantai Sadranan? Simak informasinya berikut ini.

Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig gunungkidulmoment
Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig @gunungkidulmoment

Pantai Sadranan Wonosari

Pantai Sadranan Wonosari berada diantara dua pantai terkenal yaitu Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti. Meski terbilang tidak begitu ramai pengunjung, namun daya tariknya tidak kalah dari kedua pantai tersebut. Namun pada saat masa berliburan, Pantai Sadranan ramai dikunjungi karena daya tariknya yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Sebagaimana pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul lainnya, Pantai Sadranan berpasir putih dan berpemandangan cerah dengan tampilan air laut yang berwarna kebiruan. Namun terdapat perbedaan, yaitu, di sini keberadaan batuan karang dan kerikil lebih sedikit sehingga cenderung nyaman dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang penuh bebatuan atau kerikil.

Pada jarak beberapa meter dari pantai menuju ke tengah laut, terdapat sebuah pulau yang cukup besar untuk dijadikan lokasi menginap dan berkemah. Pulau ini juga tampak indah dari segi pemandangan laut. Namun, bukan hanya di atas pulau kecil ini, di pesisir pantainya-pun juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah atau sekedar bersantai dengan fasilitas payung dan alas duduk yang bisa disewa di lokasi.

Pantai Sadranan juga memiliki dasar pantai yang cenderung landai sehingga para pengunjung banyak memanfaatkannya dengan beraktivitas snorkeling. Aktivitas snorkeling ini cocok dilakukan pada saat pagi hari dan sore hari karena tidak begitu terik dan efek pencahayaannya memberikan pesona tersendiri pada warna-warni biota laut di dasar pantainya.

Aktivitas lainnya yang juga bisa dilakukan adalah menyewa kano atau kapal kecil untuk menyusuri pantainya yang berombak cukup tenang. Bisa juga berpiknik bersama rombongan atau keluarga, serta menikmati sunset dan sunrise dari pantai ini.

Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig vendy_elf
Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig @vendy_elf

Lokasi dan Rute

Pantai Sadranan beralamat di berlokasi di dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi jalan untuk menuju pantai ini juga relatif cukup baik tanpa hambatan yang berarti. Hanya saja pada hari-hari libur bisa terjadi kepadatan karena lokasinya yang bersebelahan dengan pantai wisata lainnya.

Dari Kota Jogja, untuk menuju ke Pantai Sadranan bisa melalui dua rute, rute Jalan Wonosari dan rute Jalan Imogiri. Keduanya akan bermuara ke daerah Wonosari sebelum sampai ke pantai. Saat berada di Wonosari, perjalanan diteruskan menuju Pantai Baron. Ketika menemukan pos retribusi menuju pantai, Pantai Sadranan bisa ditemui disekitar timur Pantai Krakal.

Jika perjalanan lancar, dari Kota Jogja perjalanan yang akan ditempuh hanya menghabiskan 2 jam. Sehingga perkiraan jarak perjalanan sekitar 50 km lebih. Disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil, karena kondisi Jalan Wonosari yang naik dan turun.

Nama : Pantai Sadranan
Lokasi : Pantai Sadranan, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Pantai Sadranan Wonosari memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Mulai dari sarana untuk beraktivitas di pantai maupun sarana pendukung lainnya. Fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Penyewaan alat seperti alat snorkeling, kano dan alat berjemur
  • Gazebo dan Saung
  • Tempat Makan
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Harga tiket masuk Pantai Sadranan Wonosari adalah Rp. 10.000. Sedangkan untuk retribusi parkir berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Harga sewa Gazebo dan Saung berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000. Sedangkan harga sewa peralatan berkisar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000.

Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig muhammadbagus26
Pantai Sadranan Wonosari, sumber ig @muhammadbagus26

Informasi Tambahan

Aktivitas yang sering menjadi incaran para pengunjung di lokasi ini adalah ber-snorkeling. Namun sebenarnya banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan yaitu berpiknik, berfoto dan menikmati sunrise dan sunset.

Bagi Anda yang ingin bisa menikmati sunrise dan sunset, bisa memanfaatkan penginapan dan hotel yang berada di sekitar lokasi pantai yang berjarak kira-kira 10 km dari pantai. Lebih asyik lagi dengan berkemah atau menginap di penginapan yang berada di atas bukit yang berada di pantai ini.

Demikian beberapa informasi yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi Antareja Tour. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi wisata Jogja bagi Anda. Simak ulasan pantai-pantai Jogja lainnya di halaman kami. Selamat menikmati liburan Anda!