Pantai Baron Wonosari adalah salah satu pantai besar yang terdapat di Gunung Kidul. Gunung Kidul memang kaya akan daya tarik wisata bahari dengan pantai-pantainya yang bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia. Setidaknya terdapat puluhan bahkan ratusan pantai di Gunung Kidul.

Namun tidak semua pantai-pantai di Gunung Kidul ini bisa dikunjungi begitu saja. Beberapa pantai memang dibiarkan tetap alami tanpa ada sentuhan pembangunan obyek wisata. Namun pantai-pantai lainnya memang sengaja dibangun sehingga memiliki daya tarik wisata bahari yang luar bisa. Salah satunya adalah Pantai Baron Wonosari.

Salah satu yang paling ramai di Jogja adalah wisata pantainya. Sehingga jika Anda ingin mengunjungi Pantai Baron Wonosari ini Anda bisa memanfaatkan fasilitas wisata yang ada seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, tour jogja, penginapan dan lainnya. Simak informasi Pantai Baron Jogja selengkapnya.

Pantai Baron Wonosari

Gardu Pandang di Pantai Baron, sumber ig mibale.27
Gardu Pandang di Pantai Baron, sumber ig @mibale.27

Pantai Baron Wonosari sebenarnya adalah pantai bersejarah di Kabupaten Gunung Kidul dan daerah Jogja. Hal ini bisa diketahui dari namanya. Kata “Baron” sebenarnya adalah nama seseorang yang berkewarnageraan Belanda yang pernah singgah di pantai ini. Baron Skeber, nama lengkapnya, pernah melabuhkan kapalnya di Pantai Baron Jogja.

Selain itu, pantai ini dikenal dengan keunikan landscape-nya, yaitu berada diantara bukit disebelah barat dan timur. Dengan keberadaan bukit ini, Pantai Baron menjadi cenderung aman untuk dimanfaatkan menjadi tempat wisata, khususnya berenang dan bermain air.

Keunikan lainya adalah keberadaan sungai baron yang menjadikan pantai ini dikenal dengan pantai air asin dan air tawar. Sungai baron mengalir dan bermuara ke Pantai baron. Menurut kepercayaan warga setempat, airnya dapat berubah arah aliran setiap lima tahun yaitu yang biasanya mengalir ke barat berbalik aliran ke arah timur.

Lokasi dan Rute

Pantai Baron Wonosari, sumber ig lilisnurrohman
Pantai Baron Wonosari, sumber ig @lilisnurrohman

Pantai Baron Wonosari, berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini bisa diakses dengan kendaraan baik pribadi maupun kendaraan wisata baik menengah hingga kendaraan bus pariwisata. Sedangkan kondisi jalan berkelok-kelok serta naik dan turun.

Jarak tempuhnya jika berangkat dari titik Kota Jogja sepanjang 57, 1 Km atau dapat ditempuh selama 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Untuk menuju ke Pantai ini Anda bisa memanfaatkan bus jurusan wonosari dan setelah sampai di terminal wonosari melanjutkan dengan bus jurusan Pantai Baron dengan total biaya hingga Rp. 25.000.

Jika ingin mengunjungi menggunakan mobil pribadi, rute yang akan Anda tempuh mengarah ke selatan Jogja hingg bertemu Jalan Imogiri Barat. Melalui Jalan Imogiri Barat Anda akan menempuh perjalanan panjang hingga Jalan Panggang Wonosari. Dari Jalan Panggan Wonosari dilanjutkan lagi hingga Jalan Pantai Selatan baru kemudian bertemu area Pantai Baron.

Nama : Pantai Baron
Lokasi : Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Pantai Baron Wonosari adalah pantai yang memiliki banyak aktivitas yang bisa dinikmati. Mulai dari berfoto, berwisata kuliner, bermain air, berbelanja souvenir, camping dan aktivitas lainnya. Karena di sini terdapat banyak spot dan fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya :

  • Mercusuar
  • Gardu pandang
  • Baron Park
  • Camp Ground
  • Spot Memancing
  • Tempat Penjualan Souvenir
  • Tempat Kuliner
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Pertemuan Air Asin dan Air Tawar di Pantai Baron, sumber ig ary__aryanto
Pertemuan Air Asin dan Air Tawar di Pantai Baron, sumber ig @ary__aryanto

Untuk memasuki kawasan Pantai Baron Gunung Kidul Anda perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Selain itu, jika ingin menikmati pemadangan Samudera dari mercusuar, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000. Untuk menaiki bukit, Anda juga dikenakan biaya seikhlasnya.

Selain harga tiket masuk, Anda juga perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan Anda. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000 dan biaya parkir kendaraan mobil sebesar Rp. 5.000. Harga bisa berbeda apabila Anda bersama rombongan bus pariwisata.

Saran Tambahan

Mercusuar di Pantai Baron Wonosari, sumber ig jogjatour
Mercusuar di Pantai Baron Wonosari, sumber ig @jogjatour

Pantai Baron Wonosari adalah pantai yang memiliki banyak tempat untuk dinikmati. Sehingga aktivitas yang bisa dilakukan di sini tidak hanya seputar berenang dan bermain air. Anda bisa hunting foto pemandangan, menikmati kuliner seafood, berbelanja souvenir dan camping.

Untuk melihat pemandangan dan menjadikannya spot foto, Anda dapat memilih beberapa seperti mercusuar, bukit dan Baron Park. Semuanya memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Baron Park adalah taman yang sebelumnya digunakan untuk pembangkit tenaga listrik alami sehinga terdapat alat-alat seperti panel surya dan penunjuk jam matahari.

Demikian ulasan terkait Pantai Baron Wonosari dengan berbagai fasilitasnya yang menarik. Semoga bisa menjadi tambahan referensi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan lainnya terkait Embung Sriten dengan pesona pemandangan di puncak Gunung Kidul. Selamat menikmati wisata Anda.