+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Yogyakarta pada saat ini tidak hanya memiliki predikat sebagai kota pelajar saja. Yogyakarta pada saat ini telah menjelma menjadi kota wisata dengan sejuta keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam yang patut dikunjungi adalah keindahan alam di Goa Pindul Gunung Kidul. Tak bisa dipungkiri lagi Gunung Kidul memang menyimpan keindahan alam yang sungguh luar biasa.

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul merupakan salah satu potret keindahan alam di Gunung Kidul, namun bukan berarti Gunung Kidul merupakan satu-satunya objek wisata di sana. Gunung Kidul memiliki banyak sekali objek wisata dan harus dimasukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi ketika berlibur di Yogyakarta, kota yang identik dengan keramahtamahannya.

Keindahan alam Goa Pindul Gunung Kidul tak kalah eksotisnya jika dibandingkan dengan objek wisata di Pulau Bali maupun pulau-pulau lainnya. Goa ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar sekitar 5 meter dan kedalaman antara 5 hingga 12 meter.

Gua Pindul Yogyakarta, sumber ig @wisatakita26

Gua Pindul Yogyakarta, sumber ig @wisatakita26

Salah satu daya tarik yang menjadi favorit wisatawan adalah kilauan air yang mengisi Goa Pindul. Air tersebut berasal dari mata air gedong tujuh. Keindah yang membingkai kilauan air Goa Pindul  juga menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini.

Selain menikmati pesona stalaktit dan stalagmit, para Pengunjung juga dapat melihat keindahan lukisan ornamen di setiap dinding gua yang menambah nilai keindahan dari tempat wisata di Yogyakarta ini. Perpaduan sempurna kecantikan hiasan batu kristal serta moonmilk yang merupakan warisan alam memukau pesona lukisan berbentuk abstrak, sehingga menambah sisi keindahan gua. Belum lagi suara gemericik air di dinding-dinding gua, seakan melengkapi suasana dan keindahan wisata goa.

Goa Pindul terbagi menjadi tiga zona atau bagian, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di zona terang Anda dapat melihat keindahan gua secara langsung. Di zona remang, hanya seberkas cahaya saja yang dapat masuk dan memantul pada dinding gua sehingga tercipta suasana remang. Sedangkan, di zona gelap Anda harus menggunakan alat penerangan untuk melihat keindahan goa ini.

Rute dan Lokasi

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Begitulah kata pepatah yang sesuai untuk menggambarkan objek wisata satu ini. Untuk menuju ke Goa Pindul harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun dikarenakan letak geografis Goa Pindul yang berada di pegunungan.  

Goa Pindul tidak terletak di pusat Kota Yogyakarta. Goa Pindul berlokasi di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut memiliki jarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur, yaitu menuju arah Kota Wonosari, Gunung Kidul.

Baca juga: Pesona Hutan Purba di Gua Jomblang Jogja

Apabila Anda sedang berada di Pantai Baron, Krakal, ataupun pantai-pantai di sekitarnya, maka Anda tinggal berjalan ke arah utarasekitar 13 kilometer. Setelah itu, Anda akan menemukan sebuah desa bernama Gelaran. Maka, Anda telah tiba di objek wisata Goa Pindul, lokasi Goa Pindul berada di desa tersebut.

Nama : Goa Pindul Yogyakarta
Lokasi : Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Fasilitas

Goa pindul bukanlah obyek wisata yang baru. Obyek wisata ini selalu dipenuhi oleh para pecinta wisata alam untuk merasakan sensasi menyusuri goa yang unik ini. Goa ini sudah memiliki fasilitas diantaranya :

  • Sarana Permainan Goa Pindul
  • Parkir
  • Tempat Bilas/Kamar Mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Dan fasilitas lainnya.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Goa Pindul Gunung Kidul ini, Anda harus mempersiapkan dana lebih sebagai ongkos wisata. Pertama sebelum memasuki kawasan wisata, pengunjung bakal dikenakan retribusi umum sebesar Rp. 10.000 per orang. Setelah itu pengunjung melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata, nah di gerbang pintu masuk tiap-tiap pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000 per orang. Sehingga total dana wajib disediakan sebesar Rp. 45.000 per orang.

Tiket masuk dan retribusi diatas belum termasuk biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi yakni sebesar Rp. 2.000 sepeda motor, Rp. 5.000 mobil dan Rp. 15.000 kendaraan bus. Belum lagi, akan dikenakan biaya tambahan jika Anda ingin melakukan kegiatan lain, seperti cave tubing, river tubing, ataupun susur goa.  

Gua Pindul sumber ig @nickoxalf

Goa Pindul sumber ig @nickoxalf

Saran Tambahan

Apabila memiliki dana yang cukup, sebaiknya mengambil paket liburan Goa Pindul agar mendapatkan pemandu wisata kompeten dan terpercaya. Pemandu wisata bakal memberikan rasa aman dan informasi secara detail tentang lokasi wisata. Salah satunya bersama kami, Anda bisa sambil merasakan pengalaman berwisata unik dan menarik di Yogyakarta. Karena, di provinsi kecil ini masih terdapat banyak potensi wisata yang menggoda untuk dikunjungi.

Info: paket wisata ke Goa Pindul

Demikian ulasan menarik tentang keeksotisan alam Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi liburan dan wisata anda jika berkesempatan ke Yogyakarta. Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini. Selamat berwisata!