Goa Jomblang adalah satu yang fenomenal di Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Goa Jomblang memiliki berbagai daya tarik dan keistimewaan tersendiri dibandingkan beberapa Goa lainnya seperti Goa Gelaatik yang terdapat di Gunung Kidul.

Letak Gunung Kidul yang persis berada di pesisir selatan Pulau Jawa menjadikan daerah ini terkenal dengan berbagai wisata pantainya yang mempesona. Setidak terdapat lebih dari 20 pantai yang bisa dikunjungi di sini. Namun ternyata terdapat juga jenis wisata lainnya yang ditawarkan.

Terdapat air terjun, taman bunga, goa dan jenis wisata lainnya di sini. Salah satu yang terkenal adalah Goa Jomblang Jogja. Bagaimana informasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan satu dari banyaknya gua-gua yang mempesona di Gunung Kidul. Meskipun tergolong baru, namun bukan berarti keindahan gua ini dapat dipandang sebelah mata. Goa ini memiliki keindahan yang mempesona, tak kalah dengan gua-gua lain yang berada di Gunung Kidul.

Menjelajahi Goa Jomblang, sumber ig hilmiar11

Menjelajahi Goa Jomblang, sumber ig @hilmiar11

Situs wisata ini terbentuk di kawasan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong hingga Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur. Gua ini tak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri, tetapi juga wisatawan mancanegara, seperti Eropa, Amerika, Asia (Tiongkok, Singapura, Malaysia). Bahkan, gua ini juga pernah dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika.

Situs ini juga biasa disebut Luweng Jomblang, karena pembentukan geologis goa ini. Goa ini terbentuk karena amblesnya tanah dan vegetasinya ke dasar bumi selama ribuan tahun. Reruntuhan tersebut membentuk lubang seperti sumur yang menjadi mulut gua kira-kira sebesar 50 meter. Dalam bahasa Jawa luweng berarti sumur.

Keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan adalah hutan purba yang berada di dasar goa. Hutan tersebut dinamakan hutan purba karena jenis tanaman yang berada disana tidak dapat ditemukan di permukaan. Anda bisa menyaksikan hijaunya hutan purba yang masih tetap tumbuh subur dan terjaga keasliannya.

Hutan tersebut terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi. Sampai sekarang, vegetasi di hutan ini terus tumbuh dan berkembang yang kian merapatkan barisan pepohonan di dasar goa. Jika ingin mencoba kesini, saran kami luangkan diri Anda untuk mengambil paket wisata 2 hari agar lebih leluasa.

Ditambah lagi, anda juga akan menikmati derasnya air dari sungai bawah tanah yang mengalir berasal dari kalisuci dan menyaksikan sinar matahari yang menerobos masuk dari gua degan ketinggian 90 meter membentuk satu tiang cahaya yang menyinari kedalaman gua yang gelap gulita. Selain itu, dengan adanya air yang menetes dari ketinggian juga turut mempercantik pemandangan di dalam spot wisata ini.

Rute dan Lokasi

Tampilan Goa Jomblang dari Atas, sumber ig mimeto

Tampilan Goa Jomblang dari Atas, sumber ig @mimeto

Goa Jomblang terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke goa ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Rute yang dilalui untuk menuju ke gua ini dengan mengendarai kendaraan pribadi adalah dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Wonosari, kemudian ke arah Piyungan, menuju Patuk, Wonosari, hingga tiba di Semanu. Setelah sampai di Semanu, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Desa Pacarejo.

Apabila Anda menggunakan bus, Anda harus ke Terminal Giwangan terlebih dahulu, kemudian mencari bus jurusan Wonosari dan mengambil jurusan minibus ke Semanu. Setelah tiba di Terminal Semanu dapat dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek ke arah objek wisata yaitu di Desa Pacarejo.

Nama : Goa Jomblang
Lokasi : Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Fasilitas

Obyek wisata ini sudah memadai untuk dikunjungi dengan beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti tempat parkir, toilet, mushola. Anda juga bisa bekerjasama dengan penduduk setempat untuk menitipkan barang atau kendaraan Anda. Atau meminjam tempat untuk beristirahat.

Informasi Harga

Goa Jomblang, sumber ig @nitarachmawatia

Goa Jomblang, sumber ig nitarachmawatia

Untuk masuk ke lokasi wisata ini tidak dipungut biaya apabila memiliki peralatan pribadi untuk terjun ke dasar goa, namun harus meminta ijin terlebih dahulu pada Kepala Dukuh.

Akan tetapi, apabila tidak memiliki peralatan dapat menyewa peralatan dan menggunakan jasa pemandu yang merogoh kocek sekitar Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 tergantung fasilitas yang didapatkan.

Informasi Tambahan

Berbagai obyek wisata Goa di Jogja memang ramai dikunjungi. Namun para wisatawan perlu mengerti bahwa, wisata Goa adalah salah satu yang beresiko, tidak sebagaimana wisata alam luas lainnya. Nah, sedapat mungkin, gunakanlah jasa pemandu dan patuh pada prosedur keamanan yang ada.

Itu dia berbagai informasi terkait Goa Jomblang yang dapat diringkas redaksi antareja tour untuk Anda. Semoga dapat memberikan wawasan baru dan menjadi referensi wisata untuk Anda. Kunjungi terus berbagai artikel wisata Jogja di website paket wisata Jogja.