+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu obyek wisata instagrammable di Jogja yang menampilkan pemandangan yang menakjubkan. Beberapa tempat lainnya yang memiliki daya tarik yang sama adalah Kalibiru Kulon Progo, Kebun Buah Mangunan Bantul dan banyak tempat-tempat lainnya yang memang khusus menyediakan spot berfoto dengan keindahan alam Jogja.

Pada hari masa-masa berliburan, obyek-obyek wisata sejenis bukit panguk kediwung ini selalu ramai dan menjadi pilihan. Bagi para wisatawan yang memanfaatkan jasa paket wisata Jogja, obyek wisata ini sering menjadi rekomendasi.

Apa saja yang bisa dinikmati di obyek wisata Bukit Panguk Kediwung? Simak beberapa informasi terkait deskripsi, lokasi dan rute, fasilitas dan harga tiket masuk obyek wisata yang satu ini.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung, sumber ig holidayjogja
Bukit Panguk Kediwung, sumber ig @holidayjogja

Bukit Panguk Kediwung adalah obyek wisata alam yang menampilkan pemandangan Jogja dari ketinggian. Di sini, para wisatawan bisa menikmati udara yang segar, sunrise dan sunset serta berfoto ria dengan gardu pandang yang di desain unik. Obyek wisata ini bisa dinikmati bersama keluarga.

Bukit Panguk Kediwung bisa dikatakan baru saja populer dibandingkan beberapa obyek wisata yang serupa yang berada di sekitar lokasinya. Obyek wisata ini baru dibuka pada tahun 2016 dan foto-fotonya baru saja menghiasi akun-akun instagram para pengunjungnya. Yang membedakan dengan obyek wisata lainnya adalah desain unik gardu pandangnya dan sudut pandang pemandangan yang tampak.

Pemandangan sungai yang panjang yang di sisi-sisinya berada bukit yang hijau dan tampak asri bisa terlihat di sini. Berbeda dengan beberapa obyek wisata serupa yang menampilkan bentuk permukaan Kota Jogja, Bukit Panguk Kediwung lebih kepada pemandangan alamnya.

Jika Anda berkesempatan untuk datang dipagi hari, Anda bisa melihat keindahan sunrise yang diselimuti awan dengan udara segar yang sejuk. Untuk suasana syahdu dengan sinar matahari yang merah Anda bisa melihatnya ketika sunset di sore hari.

Lokasi dan Rute

Bukit Panguk Kediwung berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Lokasi ini berada di sisi bukit yang bersebelahan langsung dengan perbukitan menuju Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal sebagai “Lantai Dua” nya Jogja atau daerah yang paling tinggi di Yogyakarta.

Bukit Panguk Kediwung, sumber ig pesonaimogiri
Bukit Panguk Kediwung, sumber ig @pesonaimogiri

Untuk menuju ke Bukit Panguk Kediwung, sudah terdapat tanda-tanda lokasi yang berada di sisi-sisi jalannya, sehingga Anda hanya perlu menuju ke sekitar area Mangunan. Akses menuju lokasi lebih mudah dilalui dengan mobil pribadi atau kendaraan wisata yang menengah hingga sepeda motor dan tidak disarankan menggunakan bus pariwisata yang besar.

Dari Kota Jogja, Anda bisa mengarah ke Jalan Imogiri Timur, yaitu ke arah selatan Jogja. Sesampainya di Jalan Imogiri Timur dan melewati Pasar Imogiri, dilanjutkan ke arah Mangunan melalui Makam Raja Mataram hingga sampai di kawasan wisata Dlingo. Di sana Anda akan melihat petunjuk untuk menuju ke lokasi Bukit Panguk Kediwung.

Nama : Bukit Panguk Kediwung
Lokasi : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Fasilitas

Fasilitas wisata yang bisa Anda nikmati di obyek wisata Bukit Panguk Kediwung sudah cukup memadai. Beberapa diantaranya adalah :

  • Gardu Pandang / Spot Foto
  • Mushola
  • Cafetaria
  • Toilet
  • Area parkir

Harga Tiket Masuk

Obyek wisata Bukit Panguk Kediwung bisa menjadi salah satu alternatif wisata hemat di Jogja. Jika Anda ingin berwisata dengan budget yang ekonomis, tempat yang satu ini sangat cocok untuk menjadi pilihan. Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp. 2.500 per orang, Anda bersama keluarga atau kolega Anda sudah bisa memasuki tempat ini dan menikmati pemandangan dan fasilitas yang Anda.

Untuk menikmati spot foto atau gardu pandangnya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 3.000 per orang. Tidak semua spot foto memerlukan biaya. Sedangkan parkir, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Bukit Panguk Kediwung, sumber ig trisnoarybudi
Bukit Panguk Kediwung, sumber ig @trisnoarybudi

Berfoto bukanlah satu-satunya hal yang bisa dinikmati di obyek wisata yang satu ini. Anda juga bisa bersantai dan beristirahat sambil menikmat pemandangan yang indah dan udara yang segar. Untuk menikmati sunrise, Anda memang perlu datang lebih awal yaitu sekitar pukul 05.00 wib.

Gardu pandang atau spot foto-nya di rancang untuk bisa menikmati pemandangan dari titik yang tinggi. Sehingga perlu perhatian ekstra untuk menaikinya. Tentu saja harus didukung dengan kondisi tubuh yang bugar dan tidak takut ketinggian.

Demikian beberapa informasi terkait obyek wisata Bukit Panguk Kediwung yang bisa kami rangkum. Semoga dapat menjadi referensi informasi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata air terjun Grojogan Sewu di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!