+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Grojogan Sewu Kulon Progo hanyalah satu diantara beberapa obyek wisata air terjun yang terdapat di Jogja. Selain air terjun, Yogyakarta memiliki banyak sekali wisata alam yang bisa dikunjungi. Jenis-jenis wisata alam yang selalu menjadi target wisatawan biasanya adalah pantai, perkebunan, perbukitan, desa wisata, goa dan air terjun.

Dengan banyaknya obyek wisata di Jogja, tentu saja diperlukan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan perjalanan wisata bagi para pengunjung. Fasilitas wisata yang terdapat di Jogja yang bisa dimanfaatkan adalah paket wisata Jogja, sewa mobil wisata, sewa bus pariwisata dan beberapa fasilitas lainnya.

Grojogan Sewu Kulon Progo adalah salah satu obyek wisata reccomended yang bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana gambaran daya tarik air terjun Grojogan Sewu, simak ulasannya berikut ini.

Air Terjun Grojogan Sewu, sumber ig grojogansewu_kp
Air Terjun Grojogan Sewu, sumber ig @grojogansewu_kp

Grojogan Sewu Kulon Progo

Grojogan Sewu Kulon Progo ternyata bukan satu-satunya air terjun yang dinamakan demikian. Terdapat air terjun bertingkat lainnya yang dinamakan Grojogan Sewu seperti di Malang dan daerah Jawa Tengah.

Grojogan Sewu Jogja baru terbuka untuk para wisatawan sejak tahun 2014. Sebelumnya, air terjun ini hanya dimanfaatkan warga sekitar dan beberapa pengunjung yang mengetahui tempat ini. Sejak dikelola oleh pihak setempat, tahun 2015 Grojogan Sewu Kulon Progo menjadi salah satu obyek wisata air terjun yang favorit di Jogja.

Kepopuleran air terjun ini bermula saat mahasiswa UGM yang melaksanakan KKN di desa sekitar tempat Grojogan Sewu berada. Mereka mempromosikan obyek wisata ini melalu media sosial dengan menyebarkan foto-fotonya.

Kini, air terjun ini selalu ramai. Puncak keramaiannya biasanya pada waktu-waktu berliburan dan pada jam 14.30 hingga jam 17.00. Sedangkan pada hari dan jam-jam lainnya, obyek wisata ini dikunjungi oleh beberapa pengunjung saja.

Grojogan Sewu Kulon Progo, sumber ig grojogansewu_kp
Grojogan Sewu Kulon Progo, sumber ig @grojogansewu_kp

Lokasi dan Rute

Grojogan Sewu Kulon Progo berada di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kec. Girimulyo, kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Kota Jogja, perjalanan menuju lokasi obyek wisata ini dapat ditembuh dalam waktu 1,5 jam. Untuk medan perjalanan yang ditempuh ketika sudah berada di desa Jatimulyo masih berupa jalan berbatu.

Untuk rute menuju Grojogan Sewu Kulon Progo dapat dimulai dari titik Tugu Jogja. Dari titik ini Anda mengarah ke barat menuju Godean hingga berada di perempatan Kenteng. Dari ini, rute akan menanjak untuk menuju ke Pasar Jonggrangan. Saat di tibar di pasar ini, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada menuju Goa Kiskendo dan kemudian berada di Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo.

Nama : Air Terjun Grojogan Sewu
Lokasi : Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Fasilitas

Obyek wisata Grojogan Sewu Kulon Progo sudah dikelola oleh petugas pariwisata setempat. Dengan pengelolaan yang ada, terdapat beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung diantaranya :

  • Gazebo
  • Mushola
  • Toilet / Kamar Mandi
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Menurut salah seorang pengelola Grojogan Sewu Kulon Progo, biasanya dalam sehari tiket masuk wisata terjual sebanyak 200 tiket. Dengan harga Rp. 4.000, obyek wisata ini terbilang hemat dibandingkan beberapa obyek wisata Jogja lainnya. Selain itu, Anda perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000.

Saran Tambahan

Dengan keberadaannya di tengah hutan, air terjun ini memberikan daya tarik tersendiri. Banyak hal yang bisa dinikmati di sini diantaranya adalah trekking. Jarak antara lokasi parkir kendaraan hingga menuju air terjun masih sekitar 250 meter yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tentu saja medannya tidak begitu mudah seperti jalan setapak pada biasanya.

Grojogan Sewu Kulon Progo, sumber ig manikmodjo
Grojogan Sewu Kulon Progo, sumber ig @manikmodjo

Selain itu, aktivitas lainnya adalah berfoto dengan latar keindahan alam sekitar air terjun dan keindahan air terjunnya. Sembari berjalan menuju lokasi air terjun, aktivitas ini bisa dilakukan untuk menghindari rasa capek.

Sesampainya di lokasi Grojogan Sewu Kulon Progo, tingkat paling atas air terjun bisa dimanfaatkan untuk mandi dan bermain air. Di sisinya juga terdapat sungai, tanpa air terjun yang juga bisa dipakai untuk bermain air. Jika ingin beristirahat, sudah terdapat gazebo dan tempat duduk yang bisa dimanfaatkan.

Demikian ulasan terkait Grojogan Sewu Kulon Progo. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Simak ulasan wisata Jogja lainnya tentang Blue Lagoon Sleman di halaman ini. Selamat menikmati wisata Anda.