+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta adalah taman bermain layaknya Dunia Fantasi dan Trans Studio yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Jogja sendiri memiliki beberapa tempat yang menyediakan wahana-wahana permainan serupa dengan Sindu Kusuma Edupark.

Dari keseluruhan wahana-wahana ini, Sindu Kusuma Edupark bisa dikatakan relatif lebih besar. Dengan banyaknya obyek-obyek wisata dan jenis wisata yang ditawarkan, wajar saja jika Jogja selalu ramai dikunjungi terutama pada musim-musim berliburan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Jogja juga dipermudah dengan keberadaan fasilitas wisata diantaranya, paket wisata Jogja, rental mobil wisata, sewa motor, rental bus pariwisata, penginapan dan hotel, tempat kuliner dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Untuk Anda yang ingin tahu, informasi-informasi yang berkaitan tentang Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta, mulai dari alamat, wahana serta informasi lainnya, berikut ulasan yang berhasil dirangkum redaksi antareja tour.

Sindu Kusuma Edupark, sumber ig skedupark
Sindu Kusuma Edupark, sumber ig @skedupark

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta adalah obyek wisata yang masih terbilang baru di Jogja. Sindu Kusuma Edupark adalah lokasi untuk wisata yang menyediakan berbagai wahana dan fasilitas wisata lainnya.

Jika biasanya para wisatawan ke Jogja untuk menikmati wisata alamnya, wisata pantai, desa wisata dan jenis wisata lainnya, Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta menampilkan yang berbeda dari jenis-jenis wisata tadi.

Meski tetap terbilang dekat dengan alam yang indah, yaitu berdekatan dengan kawasan Gunung Merapi, namun keberadaan wahana-wahana permainan membuat obyek wisata ini berbeda dari yang lainnya.

Lokasi wisata ini baru bisa dikunjungi sejak 2014 yang lalu. Namun meskipun terbilang baru, edupark ini dikelola oleh pengelola berpengalaman yang juga mengelola lokasi wisata serupa di daerah lainnya.

Wahana yang paling terkenal di sini adalah ferris wheel yang dinamakan Cakra Manggilingan. Wahana ini bisa dikatakan hanya satu-satunya terdapat di Jogja, yaitu di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta.

Cakra Manggilingan mempunyai ketinggian 48 meter pada puncaknya. Meskipun hanya menikmatinya beberapa menit saja, namun pemandangan indah Jogja dan Gunung Merapi yang tampak dari keitinggin memberikan kepuasan tersendiri.

Wahana permainan lainnya yang juga seru untuk dinikmati adalah Pit Egrang, Montor Tumbur, Mini Waterpark, Cangkir Puter, Panggon Lunjak, termasuk wahana indoor seperti Bioskop 4D dan 8D, house of terror dan wahana-wahana lainnya yang masih banyak.

Sindu Kusuma Edupark bukan hanya berisi wahana-wahana permainan. Tetapi juga memiliki beberapa spot yang mengedukasi seperti museum atau yang sejenisnya yang mengedukasi pengunjung tentang budaya setempat yaitu omah batik dan omah musik. Sehingga lokasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak.

Omah Batik Sindu Kusuma Edupark, sumber ig yayangmeilina
Omah Batik Sindu Kusuma Edupark, sumber ig @yayangmeilina

Lokasi dan Rute

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta berada di Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya relatif mudah di jangkau apabila memulai perjalanan dari Kota Jogja. Akses jalan menuju lokasi juga sudah memadai untuk dilewati berbagai jenis kendaraan.

Rute untuk menuju Sindu Kusuma Edupark jika berangkat dari Kota Jogja adalah melalui Jalan Jogja-Magelang. Kemudian dilanjutkan terus ke arah utara menuju Kecamatan Mlati. Setelah berada di Kecamatan Mlati kemudian menuju Jalan Jambon dan tiba di lokasi.

Jarak perjalanan yang akan dilalui dari Kota Jogja menuju Sindu Kusuma Edupark sekitar 5,3 Km. Karena jarak yang tidak begitu jauh hingga puluhan Km, maka para pengunjung bisa menggunakan sepeda motor. Jika menggunakan sepeda motor, waktu tempuh untuk menuju ke tempat ini berkisar antara 20 menit hingga 30 menit dari Malioboro.

Nama : Sindu Kusuma Edupark
Lokasi : Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Fasilitas

Karena memang dibangun sebagai lokasi wisata buatan, maka tentu saja, obyek wisata yang Sindu Kusuma Edupark memiliki fasilitas yang cukup memadai. Selain berbagai wahana permainan baik indoor maupun outdoor yang tersedia, beberapa fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung di lokasi wisata ini adalah :

  • Mushola
  • Gazebo
  • Cafetaria
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Fasilitas lainnya.
Cakran Manggilingan Sindu Kusuma Edupark, sumber ig inttan_s
Cakran Manggilingan Sindu Kusuma Edupark, sumber ig @inttan_s

Informasi Harga

Untuk menikmati berbagai wahana permainan di Sindu Kusuma Edupark, para pengunjung perlu mengeluarkan biaya tiket masuk serta tiket wahana permainan. Untuk tiket masuk biayanya mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 100.000. Tersedia pula tiket masuk terusan, sehingga sekali membeli dengan harga tertentu, tiket masuk akan bisa dipergunakan beberapa kali.

Untuk tiket wahana permainan juga bervariasi. Namun perbedaannya tidak berdasarkan pada besarnya wahana permainan. Untuk wahana paling besar yaitu Cakra Mangilingan sendiri hanya ditarik biaya Rp. 15.000 yang merupakan harga rata-rata tiket wahana permainan yang ada di sini. Sedangkan kisaran harga tiket wahana permainannya mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 40.000.

Informasi Tambahan

Sindu Kusuma Edupark adalah obyek wisata keluarga yang ramah untuk anak-anak maupun dewasa. Wahana-wahana permainannya pun bisa dinikmati oleh baik oleh anak-anak maupun dewasa. Meskipun begitu, tetap ada perhatian khusus bagi yang membawa anak-anak.

Demikian beberapa ulasan terkait informasi Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta. Semoga bisa menjadi referensi wisata dan menghibur pembaca sekalian. Simak ulasan wisata Jogja edisi sebelumnya tentang Bukit Klangon Merapi di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.