Berwisata sebenarnya tidak melulu identik dengan jalan-jalan saja. Saat ini berwisata bisa dilakukan dengan banyak alternatif kegiatan seperti camping, trekking, outbound, makan termasuk juga berbelanja. Tentu saja semua alternatif kegiatan tersebut dilakukan sembari mengunjungi tempat wisata. Hampir semua tempat wisata memiliki tempat berbelanja yang menjajakan barang-barang khas asal daerahnya. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berwisata Anda dengan berbelanja, simak dulu tips berbelanja agar bisa menikmati wisata sambil berbelanja.

Salah satu destinasi terpenting ketika kamu berkunjung ke kota Jogjakarta adalah menyambangi Malioboro. Saat tiba di Malioboro, kamu akan disajikan pemandangan yang berbeda. Suasana klasik yang dipadukan dengan budaya kental masyarakat Jogjakarta, akan menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Jika kamu ingin membeli oleh – oleh atau berbelanja, maka Malioboro dapat dijadikan tempat alternatifnya. Oleh karena itu, agar kamu tidak terjebak saat membeli, di bawah ini paket wisata Jogja akan mengulas beberapa tips berbelanja di Malioboro.

Tips Berbelanja

Jogjakarta bukan hanya terkenal sebagai daerah bersejarah, kota pelajar dan kota budaya. Jogjakarta juga merupakan surganya barang-barang khas yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti kerajinan gerabah, batik, kaos dan oleh-oleh jenis lainnya. Namun tidaklah sama budaya berbelanja di setiap daerah tidak terkecuali di Jogjakarta khususnya di Malioboro. Karena itu sebelum Anda menikmati wisata belanja di Malioboro, simak dulu tips berbelanja di Jogja berikut ini.

1. Buatlah Daftar Barang yang Akan Dibeli

Ketika kamu memasuki kawasan perbelanjaan, seringkali kamu lupa dengan apa tujuan sebelumnya untuk dibeli. Alhasil pulang belanja akan kecewa akibat yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. oleh karena itu, agar tidak berperilaku konsumtif, alangkah baiknya sebelum menuju Malioboro kita buat daftar rencana barang yang akan dibeli. Sehingga kita ada acuan untuk berbelanja dan lebih mengefisienkan waktu.

2. Mempersiapkan Uang Tunai

Tempat Berbelanja Pasar Beringharjo Malioboro, sumber ig @bimmyhpy

Tempat Berbelanja Pasar Beringharjo Malioboro, sumber ig @bimmyhpy

Sebagian besar pedagang di area Malioboro cenderung lebih menyukai pembayaran secara tunai. Karena rata – rata dari mereka tidak mau repot, terlebih lagi harus menggunakan kartu ATM. Selain memudahkan, penggunaan uang tunai juga mempercepat transaksi jual beli secara langsung. Karena ketika dibayar maka tuntas pula kewajiban antara penjual dan pembeli.

3. Jangan Ragu untuk Menawar

Ketika berada di emperan pertokoan Malioboro, banyak sekali kerajinan yang di jual belikan. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi. Dan supaya kamu mendapatkan harga yang terjangkau alias murah, maka kamu harus berani untuk menawar harga barang yang diinginkan. Tawarlah harga barang setengah dari harga barang yang diminta oleh penjual. Kemudian jika barang itu tidak diberikan dengan harga yang kamu tawar. Maka pindahlah ke tempat lainnya, janganlah berfokus pada satu penjual.

4. Cari yang Cocok

Layaknya pasangan, mereka memilih dan bersama pasti ada sebabnya. Salah satu penyebabnya ialah kecocokan antara satu sama lain. Analoginya dalam mencari yang cocok barang yang ingin dibeli. Ketika dirasa tidak cocok, maka tinggalkanlah. Cari referensi penjual dengan produk yang menurutmu sesuai dengan harapan. Jangan sampai tidak cocok tapi dibeli, hal itu akan menimbulkan sikap konsumtif.

5. Menggunakan Make Up Sewajarnya Atau Jangan Berlebihan

Saat berbelanja hendaknya kita menggunakan dandanan yang sewajarnya. Hal ini diimbaukan karena akan mengundang kejahatan apabila tidak ditanggulangi secara serius. Pada prinsipnya make up sederhana akan membatu diri kita agar lebih terlindungi lagi. Meskipun hal demikian bukanlah suatu jaminan.

6. Mempelajari Bahasa Daerah Setempat

Pentingnya belajar bahasa daerah untuk berbelanja di Malioboro juga perlu dicoba. Seringkali orang yang membeli dengan harga tinggi kadang terjebak dengan kualitas yang rendah. Ketika kita mau mempelajari bahasa daerah, kita cenderung lebih ramah dan mudah berkomunikasi degan pedagang di sekeliling tempat tersebut.

Demikianlah artikel mengenai tips berbelanja di Malioboro. Setiap daerah di Jogjakarta sebenarnya memiliki budaya yang sama sehingga Anda juga bisa mengaplikasikan tips berbelanja ini di tempat belanja manapun di Jogjakarta. Jangan lupa untuk terus menyimak ulasan lainnya mengenai tips dan informasi wisata Jogjakarta di halaman antarejatour.com. Selamat menikmati wisata Anda!