Salah satu tempat yang tidak kalah hits di Yogyakarta dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah berburu sunset terbaik di Candi Ratu Boko Yogyakarta. Selain Candi Ijo yang menawarkan pesona sunset nya, salah satu lokasi wisata di Yogya yang sunset nya tak kalah mempesona adalah Candi Ratu Boko Yogyakarta.

Candi ini merupakan situs purbakala di Yogya yang berdiri di atas lahan seluas 25 hektar dan berada pada ketinggian 196 mdpl. Karena berada di ketinggian inilah, lokasi strategis untuk berburu sunset terbaik di Candi Ratu Boko Yogyakarta.

Ratu Boko sumber ig aditianata

Ratu Boko sumber ig aditianata

Candi Rato Boko Yogyakarta

Sejarah Candi Ratu Boko ini adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di candi ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar gagahnya Gunung Merapi.

Lokasi dan Rute

Candi Ratu Boko Yogyakarta berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, candi ini berjarak 18 km. Akses menuju ke lokasi wisata ini tidak begitu sulit ditemukan. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa langsung menuju ke jalan yang menuju kota Solo.

Jika Anda sudah sampai di jalan Solo km 17 atau mendekati Candi Prambanan, Anda berjalan menuju Pasar Piyungan. Setelah 5 menit Anda berjalan, Anda akan menemukan tanda parkir menuju Candi Ratu Boko ini yang artinya Anda telah sampai di lokasi wisata ini. Bagaimana? Tempat ini cukup mudah untuk di askes, bukan?

Nama : Candi Ratu Boko
Lokasi : Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Ratu Boko sumber ig Foto profil hartati.setiawan

Ratu Boko sumber ig Foto profil hartati.setiawan

Ternyata Candi Ratu Boko ini tidak hanya berupa candi seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, tetapi merupakan bekas kompleks Istana yang memiliki beberapa bagian bangunan. Lokasi wisata ini lebih mirip dengan keraton, karena dibangun menggunakan konstruksi andhesit, sementara lantai dan tembok nya menggunakan batu kapur putih halus. Makanya, banyak warga sekitar yang juga menyebut candi tersebut dengan nama Istana Ratu Boko.

Siapa yang tidak pernah mendengar mengenai Candi atau Istana Ratu Boko? Istana atau Candi Ratu Boko ini merupakan peninggalan purbakala yang dibangun dengan megah di lahan seluas kurang lebih 25 hektar pada abad ke 8. Tentunya pesona dari candi di Istana Ratu Boko ini tidak kalah indah dengan pesona candi yang lain, apalagi setelah adanya cuplikan dari film fenomenal AADC 2 yang mengambil tempat di Istana Candi Ratu Boko. Melihat adegan tersebut pasti membuat banyak penonton yang penasaran dan ingin menyaksikan sendiri kemegahan dan keindahan Istana Candi Ratu Boko apalagi saat moment sunset-nya.

Ratu Boko sumber ig Foto profil piknik_djogja

Ratu Boko sumber ig Foto profil piknik_djogja

Hal menarik lain nya dari lokasi wisata ini adalah adanya spot yang dinamakan Candi Pembakaran di sebelah kiri gapura, ini merupakan tempat untuk kremasi masyarakat sekitar yang beragama Hindu. Anda juga dapat melihat pemandangan gunung Merbabu, gunung Merapi, dan Candi Prambanan. Sangat istimewa, bukan?

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini, tiket yang harus Anda bayar disesuaikan dengan waktu berkunjung Anda. Jika Anda datang pada pagi hari jam 6- jam 3 sore, cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 25.000,- sudah termasuk parkir. Namun jika Anda berkunjung jam 3 sore- 5 sore, maka Anda masuk ke tiket untuk kategori sunset, yaitu Anda harus membayar sebesar Rp. 100.000,-

Jika Anda hanya memiliki waktu sehari selama di Jogja. Kami menyarankan Anda untuk mengambil paket wisata Jogja seharian dari kami saja. Karena selain obyek wisata yang terdaftar, Anda juga bisa negosiasi destinasi wisata yang custom dengan tim kami.

Saran Tambahan

Lokasi wisata yang terkenal sebagai tempat untuk menikmati sunset terbaik yaitu Candi Ratu Boko Yogyakarta, karena lokasi nya yang berada di atas bukit. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Yogya dari ketinggian dan lingkungan di sekitar lokasi wisata ini yang masih alami dan asri.

Tiket tersebut sesuai dengan apa yang bisa Anda nikmati disana, karena memang lokasi wisata ini merupakan tempat untuk mendapatkan sunset terbaik di kota Yogyakarta. Pemandangan sunset yang sangat indah dan romantis di Istana Candi Ratu Boko Sleman akan menambah daftar pengalaman menarik Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui situs purbakala yang ada disana dan belajar tentang sejarah masa lampau. Jadi kapan mau mampir melihat sunset terbaik dari Istana Candi Ratu Boko?

Demikian ulasan menarik tentang wisata Istana Candi Ratu Boko Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi liburan dan wisata anda jika berkesempatan ke Yogyakarta. Oh ya, kami juga menyarankan pada Anda untuk membaca ulasan mengenai pesona Tebing Breksi Yogyakarta karena salah satu obyek wisata menarik di Sleman. Selamat berwisata!