+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Kota Gudeg Yogyakarta, selama ini selain menjadi salah satu tujuan para pelajar untuk menempuh pendidikan juga tidak pernah lepas dari target destinasi utama wisata dalam negeri. Setelah Malioboro yang tak pernah sepi pengunjung, deretan candi yang menghias kota itu juga kerap diserbu wisatawan asing atau pun domestik. Salah satu candi yang tidak pernah sepi dari turis adalah Candi Ijo Yogyakarta. Letaknya berada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Ijo Yogyakarta

Apakah Anda sedang mencari spot sunset untuk berfoto? Datang saja ke Candi Ijo Yogyakarta. Mungkin beberapa dari Anda baru mendengar nya, namun di kalangan anak muda dan wisatawan lokal, destinasi wisata ini sudah cukup terkenal. Candi Hindu ini berada di atas bukit yang tinggi nya mencapai 357, 402 mdpl- 395,481 mdpl dan  berdiri di kompleks seluas 0,8 hektare. Sehingga, candi ini disebut sebagai candi tertinggi di Yogyakarta. 

Lokasi dan Rute

Lokasi Candi Ijo Yogyakarta ini adalah di Desa Groyokan, Desa Sambirejo di Desa Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini berdiri di atas bukit Gumuk Ijo yang merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Dari pusat Kota Yogyakarta, lokasi wisata ini berjarak 18 km, dan hanya berjarak 4 km saja dengan Candi Ratu Boko.

Candi Ijo sumber ig Foto profil idealisticalith

Gambar sunset di candi Ijo sumber ig Foto profil idealisticalith

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, Anda dapat berjalan menuju jalan Yogya-Solo atau melalui jalan yang menuju ke Candi Prambanan. Sebelum sampai di Candi Prambanan, akan ada pertigaan, lalu Anda belok kiri di pertigaan ini dan terus ikuti jalan sampai ke lokasi Candi Ratu Boko sebelum SMP Negeri 1 Prambanan.

Setelah itu, Anda akan melihat perempatan, pilih jalur yang ke timur atau belok kiri. Kemudian, ikuti papan petunjuk yang ada di sana dan akan mengarah kan Anda ke Candi Ijo. Namun, Anda harus tetap berhati-hati, karena akses jalan menuju Candi Ijo ini cukup curam. Dan sebaiknya jangan berkunjung ke tempat ini seorang diri.

Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman berwisata unik dan menarik di Yogyakarta bisa melakukan bersama kami. Karena, di provinsi kecil ini masih terdapat banyak potensi wisata yang menggoda untuk dikunjungi.

Nama : Candi Ijo Yogyakarta
Lokasi : Kikis, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Fasilitas

Fasilitas di lokasi wisata ini juga sudah lengkap. Disana ada Pos Penjagaan yang akan memberikan Anda data mengenai Candi Ijo, mulai dari sejarah keberadaan nya, proses pemugaran nya, sampai penemuan- penemuan lain nya. Ada juga musholla, toilet, serta warung- warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung lokasi wisata ini.

Tiket Masuk

Candi Ijo mulai di buka pukul 06.00- 17.30 WIB. Dan tentu saja waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini adalah ketika pagi hari untuk menikmati sunset begitu juga sore hari untuk menikmati sunrise.

Baca juga: Pesona Keindahan Tebing Breksi Yogyakarta.

Tiket masuk untuk menikmati sunset di Candi Ijo hanya sebesar Rp. 5.000,-/ orang untuk wisatawan lokal. Namun  untuk wisatawan asing sebesar Rp. 10.000.

Saran Tambahan

Candi Ijo Yogyakarta ini terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi menjadi 11 teras berundak. Menurut sejarahnya 17 teras di Candi Ijo berbeda dengan temuan candi Hindu lain di sekitar Prambanan. Candi Ijo dibangun berundak. Jika diperhatikan dengan seksama, semakin ke belakang maka semakin suci. Bangunan yang diduga dibangun di abad ke-10 itu digunakan sebagai pemujaan kepada Dewa Siwa di masa Kerajaan Mataram. Konsep berundak tersebut diduga mengikuti masa pra sejarah dengan bangunan pundek berundak dan menempatkan bangunan paling suci di tempat tertinggi.

Candi Ijo sumber ig hanifah.hanii

Candi Ijo sumber ig hanifah.hanii

Candi Ijo Yogyakarta merupakan salah satu candi yang bercorak khas Hindu  karena relief yang ada di dinding- dinding candi ini dibangun sekitar abad ke- 10 sampai abad ke-11, dimana yang memerintah pada waktu itu adalah Kerajaan Medang. Candi Ijo memiliki teras yang berundak karena berada di atas bukit.

Selain memiliki nilai sejarah, Anda dapat melihat pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian dan areal persawahan yang mempesona dan menakjubkan. Wisatawan akan disapa dengan hamparan persawahan, gagahnya Gunung Merapi, dan langit yang dihiasi pesawat take-off dari Bandara Adi Sucipto. Oleh karena itu, lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka berburu sunrise atauatau sunrise​_ sunset di Candi Ijo . Lanskap kota Yogyakarta dengan langit jingga akan membuat decak kagum Anda ketika menyaksikannya. Sangat menarik, bukan?

Demikian ulasan menarik tentang berburu sunset di Candi Ijo, Candi tertinggi Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi liburan dan wisata anda jika berkesempatan ke Yogyakarta. Jadi Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini.

Jika ingin menggunakan jasa paket wisata agar lebih efektif dan efisien. Salah satu pilihan paket wisata 2 hari dari kami ini sudah mencakup destinasi wisata ke candi Ijo. Anda bisa kontak kami untuk info lebih detailnya. Terimakasih dan selamat berwisata!