+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Jogja adalah daerah yang pernah mengalami bencana gempa beberapa waktu yang lalu. Namun, meskipun malang menimpa, terkadang ada hikmah yang didapatkan. Bukit Teletubbies adalah salah satunya. Bukit Teletubbies ini awalnya merupakan area keberadaan rumah domes tahan gempa.

Jogja juga memiliki banyak obyek wisata serupa yang juga sayang sekali untuk dilewatkan. Seperti Taman Bunga, Pinus Mangunan dan obyek wisata sejenis lainnya. Keberadaan obyek wisata unik ini mampu menarik wisatawan berkunjung hingga yang berasal dari luar daerah.

Keberadaan berbagai obyek wisata serupa Bukit Teletubbies ini juga menambah keyakinan bahwa Jogja memang kreatif dari berbagai daya tariknya terutama yang berkaitan dengan seni dan pariwisata. Tak heran jika saat masa-masa liburan Jogja seringkali dipadati pengunjung.

Fasilitas wisata yang mendukung pun terdapat banyak seperti paket wisata Jogja, berbagai lokasi menginap, transportasi umum, berbagai lokasi kuliner dan fasilitas lainnya. Wisatawan akan merasa nyaman dengan berbagai sarana tersebut.

Pemandangan Rumah Domes, sumber ig bukitteletubbiesjogja
Pemandangan Rumah Domes, sumber ig @bukitteletubbiesjogja

Bukit Teletubbies memiliki keunikan dan menjadi hiburan tersendiri sebagai pemandangan yang unik. Meskipun awalnya merupakan sarana bantuan pasca menghadapi bencana, kini lokasinya berubah menjadi desa wisata. Simak informasinya berikut ini.

Desa Wisata Rumah Domes

Sebenarnya lokasi desa wisata ini merupakan kumpulan dari rumah bantuan yang dibangun oleh lembaga bantuan untuk dimanfaatkan korban gempa. Bentuknya seperti setengah bola yang berada diatas tanah yang kabarnya berisi dua lantai.

Setelah dilihat lagi, ternyata bentu-bentuk rumah domes ini menjadi keunikan tersendiri. Jika pernah melihat salah satu tayangan televisi untuk anak-anak, maka rumah ini mirip dengan rumah di serial Teletubbies.

Kemudian dilihat dari lokasinya, keberadaan rumah domes ini berada di area perbukitan. Sehingga pemandangan asri nan hijau begitu menghiasi lokasi desa wisata ini. Meskipun awalnya tidak menjadi obyek wisata, namun belakangan lokasi ini ramai sebagai area wisata.

Di Desa Wisata inilah terdapat Bukit Teletubbies. Karena keberadaan berbagai rumah domes yang terdapat di area, ditambah dengan bukit serta pemandangan yang indah, dibuatlah sebuah spot wisata ini.

Bukit Teletubbies merupakan bagian dari Desa Wisata. Awalnya bukit ini hanyalah ladang warga setempat untuk menanam tanaman yang menjadi mata pencaharian mereka. Namun lambat laun, terlihat keunikan tersendiri karena terdapat jejeran rumah domes yang tampak unik dari atas bukit.

Bukit Teletubbies, sumber ig bayu0307
Bukit Teletubbies, sumber ig @bayu0307

Awalnya hanya terdapat gazebo di atas bukit. Setelah itu dilakukan pembangunan sarana lainnya termasuk fasilitas untuk berwisata dan font yang bertuliaskan “teletubbies”. Font ini juga tampak unik dengan warna warninya.

Termasuk jejeran rumah domes yang juga di cat berwarna-warni semakin menghiasi pemandangan hijau dari ketinggian bukit yang ada. Biasanya, lokasi ini memang menjadi peristirahatan para cyclist setelah lelah mendaki bukit.

Hal ini dapat terlihat terutama pada hari minggu. Terdapat banyak sekali pesepeda yang sengaja menaklukan track perbukitan dan akhirnya beristirahat di bukit yang satu ini. Saat ini, bukan hanya sekedar didatangi oleh pesepeda, spot wisata ini juga ramai oleh pengunjung lainnya.

Yang paling sering dilakukan adalah berfoto dan menikmati keindahan alam di sekitar bukit. Namun lokasi ini juga dimanfaatkan oleh para penghobi hiking dan bersepeda. Meski tidak terlalu tinggi dengan bukit lainnya di Jogja, namun lokasi ini tidak kalah populer.

Lokasi dan Rute

Spot wisata ini berlokasi di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah perbukitan ini juga bersebelahan dengan berbagai obyek wisata terkenal lainnya di Sleman seperti Candi Ijo dan Tebing Breksi.

Dari pusat Kota Jogja, lokasinya memang terbilang jauh. Namun tidak sejauh untuk mengunjungi pantai-pantai Jogja yang terdapat di area Gunung Kidul. Dari titik nol km pusat kota, mengarah ke timur menuju Jalan Wonosari.

Area Wisata Rumah Domes, sumber ig afid_nur
Area Wisata Rumah Domes, sumber ig @afid_nur

Saat berada di Jalan Wonosari, perjalanan masih terus dilanjutkan hingga berada di Kecamatan Piyungan. Pada saat bertemu pertigaan yang ditandai dengan traffic light, mengarah ke utara menuju ke Jalan Piyungan Prambanan.

Setelah berada di Jalanan menuju ke arah Prambanan, tidak lama di sebelah timur terdapat papan tanda Rumah Domes. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri jalan yang ditandai dengan papan tersebut yaitu ke arah timur hingga akhirnya bisa bertemu dengan tempat wisata.

Jarak tempuh dari Kota Jogja ke lokasi wisata ini sepanjang kurang lebih 20 km dalam waktu sekitar 60 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena pada saat perjalanan memasuki lokasi cenderung sempit dan menanjak.

Nama : Bukit Teletubbies
Lokasi : Sumberharjo, Candisari, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Fasilitas

Spot wisata ini memiliki fasilitas wisata yang cukup mumpuni. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  • Gardu Pandang
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir
Bukit Teletubbies, sumber ig nona.dhila
Bukit Teletubbies, sumber ig @nona.dhila

Informasi Harga

Untuk menikmati segala keindahan dan fasilitas wisata yang yang terdapat di lokasi, para wisatawan cukup membayar seikhlasnya. Selain itu, biaya yang perlu dikeluarkan adalah parkir kendaraan. Untuk roda dua Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 5.000.

Informasi Tambahan

Biasanya pengunjung pada hari minggu akan lebih padat dibandingkan dengan hari lainnya. Bagi Anda yang tidak nyaman dengan keramaian maka carilah waktu selain hari minggu. Untuk track hiking biasanya dimulai dari area Desa Wisata Rumah Domes menuju Bukit Teletubbies.

Itu dia berbagai informasi dari lokasi wisata yang unik, Bukit Teletubbies. Semoga bisa memberikan tambahan informasi obyek wisata di Jogja untuk Anda. Simak berbagai informasi lainnya di halaman antarejatour.com.

Apabila ingin bertanya, memberikan kritik dan saran, silahkan berikan di kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ya. Nantikan berbagai ulasan menarik paket wisata Jogja lainnya.