+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Yogyakarta dikenal sebagai surganya tempat berlibur. Banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi. Mulai dari alam hutan, pantai, kebun, museum, kuliner hingga kebudayaanpun ada disini. bahkan ada dalam satu tempat desa wisata di Jogja .

Apabila anda pernah berjalan-jalan ke Jalan Malioboro, ke pantai parangtritis, melihat sunset di sekitar Istana Ratu Boko, masih ada jenis obyek wisata lainnya yang akan membuat liburan tambah menyenangkan. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas wisata yang beraneka ragam mulai dari paket wisata jogja, sewa mobil dan bus pariwisata, hotel dan penginapan serta fasilitas-fasilitas wisata lainnya.

Desa Wisata di Jogjakarta, sumber ig asharjulian

Desa Wisata di Jogjakarta, sumber ig @asharjulian

Bagi Anda yang pernah berlibur ke Jogjakarta, mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya desa wisata di Jogja. Desa wisata adalah jenis kegiatan liburan yang unik untuk dicoba terutama bagi Anda yang tinggal perkotaan. Di desa wisata Anda bisa belajar tentang bagaimana hidup dekat dengan alam, cara hidup masyarakat pedesaan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan seluruh hal ini menjadi satu kegiatan wisata yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak keluarga terutama anak-anak sebagai momen wisata edukasi bagi mereka. Ada banyak desa wisata di Jogja yang menyediakan berbagai kegiatan unik antimainstream. Banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan disana mulai dari menanam padi sampai membuat kerajinan dari gerabah.

Referensi Desa Wisata di Jogja

Desa wisata bisa jadi salah satu jenis wisata baru bagi sebagian orang. Desa wisata memberikan cara berwisata yang unik sekaligus edukatif. Bagi anda yang ingin menghilangkan kepenatan dan kesibukan rutinitas sehari-hari, berikut 5 daftar desa wisata yang bisa menjadi destinasi liburan yang selanjutnya

1. Desa Wisata Kasongan

Desa wisata ini menjadi rekomendasi buat yang suka mengoleksi gerabah. Pasalnya, desa ini terkenal dengan industri gerabahnya. Seringkali penggemar gerabah dari segala penjuru Nusantara datang kesini untuk membeli gerabah dari pengrajin yang ada di Desa Kasongan. Selain itu, desa ini menyediakan latihan bagi anda yang ingin membuat kerajinan gerabah sendiri. Wisata desa Kasongan sudah sering diliput dari berbagai media, dari media koran sampai televisi nasional. Desa ini terletak di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

2. Desa wisata Manding

Desa ini dikenal sebagai penghasil kerajinan dari bahan kulit yang ada di Yogyakarta. Keseluruhan warga di desa ini berprofesi sebagai pengrajin berbagai kerajinan dari bahan kulit, sperti tas, sepatu, topi, jaket, dompet, dan sebagainya. Tak perlu ke Pasar Beringharjo untuk mendapatkan barang dari kulit. Di desa ini selain anda bisa membeli kerajinannya, anda juga bisa meliaht proses pembuatan kerajianannya. Selain itu, disini bisa memesan aksesoris atau kerajinan sesuai dengan keinginan langsung kepada pengrajin setempat. Desa wisata manding terletak di Jalan Parangtritis KM 11, Kabupaten Bantul.

Kegiatan membatik di salah satu desa wisata. Sumber Unsplash

3. Desa Wisata Krebet

Desa wisata kali ini terkenal karena pahatan kayunya. Disini terdapat 14 sanggar seni, yang mengerjakan berbagai seni dari kayu. Bisanya batik dilukis diatas kain, akan tetapi di desa wisata krebet membuat batik bisa diatas kayu, sering disebutnya batik kayu. Mulai dari patung hingga gelang topeng bisa dimodifikasi dengan ukiran batik. Pastinya anda bisa membeli hasil kerajinan dari pengrajin di seda krebet.

4. Desa wisata Trumpon

Desa trumpon terkenal dengan kebon salak yang indah dan asri. Sebagai agro wisata, tempat ini memperbolehkan anda untuk memetik buah salak sendiri, memakan sepuasnya buah salak di tempat, dan bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan. Selain itu, anda juga bisa melihat gunung merapi dari desa wisata trumpon. Desa ini terletak di Merdikurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.

5. Desa Wisata Banyusumurup

Berbeda dari desa wisata lainnya, desa wisata ini terkenal dengan kerajianan kerisnya. Sebagian dari warganya berprofesi sebagai pengrajin wirangka atau sarung keris. Bagi anda yang akan berkunjung kesini selain melihat proses pembuatanya, anda juga bisa memebeli keris secara langsung ke pengrajin disini.

Kampung Batik Giriloyo
Batik adalah ciri khas Jogja. Sumber Unsplash

Demikianlah referensi tempat wisata yang amat sayang dilewatkan jika sedang berlibur ke Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menghibur dan menjadi tambahan informasi bagi Anda. Simak ulasan lainnya mengenai informasi dan tips-tips hemat wisata Jogjakarta bersama kami di halaman antarejatour.com. Selamat berliburan dan nikmatilah perjalanan wisata Anda.