+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Jogja memiliki banyak spot wisata yang digandrungi anak muda seperti Puncak Sosok. Puncak Sosok Jogja terkenal sebagai spot wisata alam yang digandrungi sebagai lokasi kongkow sambil menikmati pesona alam yang terdapat di sana.

Sebenarnya, Jogja memiliki banyak lokasi wisata sejenis yang menjadi target para milenialls. Lokasi wisata spot fot seperti hutan pinus, watu mabur dan beberapa lokasi wisata lainnya juga menyuguhkan ornamen sejenis sebagaimana yang terdapat di puncak sosok Jogja.

Bukan hanya bagi para penduduk lokal, spot wisata ini juga ramai saat liburan dikunjungi oleh wisatawan. Karena banyak aktivitas yang bisa dinikmati dengan berbagai fasilitas yang terdapat di lokasi.

Karena lokasinya cukup dalam ditengah pedesaan, para wisatawan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas wisata Jogja seperti paket wisata, rental mobil wisata, berbagai tipe penginapan dan fasilitas pendukung perjalanan wisata lainnya.

Suasana Malam di Puncak Sosok Jogja, sumber ig thejourneyofjogja
Suasana Malam di Puncak Sosok Jogja, sumber ig @thejourneyofjogja

Dengan banyaknya lokasi wisata berbagai jenis, serta fasilitas pendukung wisata, Jogja memang menjadi destinasi wisata pilihan. Banyak keindahan, keunikan, serta ciri khas yang dapat ditemukan di sini. Salah satunya adalah spot sunset Puncak Sosok Jogja.

Apa saja daya tarik yang dapat ditemukan di spot wisata yang satu ini? Simak informasi mulai dari lokasi, rute, fasilitas, harga tiket masuk, daya tarik dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Spot Sunset Puncak Sosok Jogja

Wilayah Yogyakarta memiliki perbukitan di beberapa sudutnya. Perbukitan ini menampilkan pemandangan Jogja yang khas dan mempesona. Hal ini tidak disia-siakan oleh pemerintah dan penduduk setempat.

Spot-spot indah ini disulap menjadi berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu spot bukit yang indah untuk dikunjungi adalah puncak sosok. Puncak sosok memiliki daya tarik dan pilihan aktivitas yang bisa dinikmati.

Oleh Pokdarwis, kelompok warga setempat yang sadar dengan potensi wisata, lokasi yang awalnya hanya alam liar, didekorasi dengan instalasi seni dan berbagai fasilitas sehingga bisa menjadi spot wisata. Sehingga lokasi ini menjadi ramai kunjungan.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai hal yang terdapat di lokasi. Mulai dari pemandangan di sekeliling bukit, spot foto yang berupa instalasi seni, panggung akustik dan berbagai sarana yang terdapat di lokasi.

Spot Foto di Puncak Sosok Jgja, sumber ig neul_aira
Spot Foto di Puncak Sosok Jgja, sumber ig @neul_aira

Pemandangan yang tersaji merupakan pemandangan alam hijau yang pada pagi hari terkadang ditemani dengan kabut. Pada sore hari, pemandangan ini berubah menjadi syahdu sebagai salah satu spot berburu sunset di Jogja.

Bagi yang ingin berfoto, terdapat beberapa spot yang instagrammable. Salah satunya adalah instalasi seni yang terbuat dari bambu. Selain itu, pemandangan khas di ketinggian juga menjadi latar foto yang tak kalah menarik.

Untuk panggung akustik, biasanya dapat dinikmati pada sore hari. Terutama pada waktu-waktu berliburan. Saat weekend seperti hari sabtu, panggung musik akustik ini dapat dinikmati mulai dari sore hari hingga malam hari.

Selain hal-hal yang dipandang, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Yang paling terkenal adalah memacu adrenalin untuk bersepeda di downhill track yang tersedia. Sehingga banyak juga para pesepeda yang sengaja berkunjung untuk merasakan sensasi di downhill track-nya.

Aktivitas lainnya yang juga bisa dinikmati di lokasi adalah jajanan khas. Terdapat cafetaria yang berbentuk unik dan cukup bagus menjadi latar foto. Berbagai menu jajanannya juga berbeda dan beberapa hanya bisa dinikmati di lokasi ini karena tidak terdapat di tempat lainnya.

Cafetaria Unik di Puncak Sosok Jogja, sumber ig rentalmotorjogjakarta
Cafetaria Unik di Puncak Sosok Jogja, sumber ig @rentalmotorjogjakarta

Lokasi dan Rute

Puncak Sosok berlokasi di Jalan Pleret, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Puncak Gebang yang juga berada di area Bantul.

Untuk menuju ke lokasi dari Kota Jogja, yaitu titik nol km, mengarah ke selatan hingga menemukan Jalan Imogiri Timur. Setelah berada di Jalan Imogiri Timur masih di lanjutkan ke arah Jalan Pleret melewati perempatan. Setelah berada di Jalan Pleret, menemui beberapa pertigaan kemudian bertemu dengan tujuan.

Perjalan yang ditempuh dari Kota Jogja selama kurang lebih 50 menit dengan jarak sekitar 15 km. Apabila merasa ragu, bertanyalah kepada penduduk sekitar. Penduduk Jogja sebagian besarnya dikenal ramah untuk menjelaskan arah menuju berbagai lokasi.

Nama : Puncak Sosok
Lokasi : Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Fasilitas

Lokasi wisata ini memang dilengkapi dengan fasilitas berupa beberapa sarana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Beberapa sarana tersebut diantaranya adalah :

  • Cafetaria
  • Panggung Musik
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Area Parkir
Pemandangan Sunset di Puncak Sosok, sumber ig riamaryaa
Pemandangan Sunset di Puncak Sosok, sumber ig @riamaryaa

Informasi Harga

Spot wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata hemat di Jogja. Karena untuk memasuki lokasi wisata tidak ditari biaya retribusi. Hanya saja, pengunjung dihimbau untuk menyumbang seikhlasnya sebagai biaya perawatan dan pengembangan lokasi wisata.

Informasi Tambahan

Untuk saran waktu kunjungan adalah sore hari. Karena yang paling sering dinikmati oleh para pengunjung adalah pemandangan sunset di sore hari. Berbagai fasilitas seperti live acoustic music dan cafetarianya juga baru aktif saat sore hingga malam hari.

Itu dia berbagai informasi terkait obyek wisata spot sunset Puncak Sosok di Jogja. Semoga bisa menjadi salah satu pilihan lokasi wisata yang ingin Anda datangi selanjutnya. Nantikan berbagai update terbaru dari antarejatour.com.