+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Objek wisata alam Jogja begitu kaya dan tersebar di Jogja. Karena Jogja memiliki semua wisata alam seperti pantai, bukit, hutan dan perkebunan. Objek wisata alam Jogja ini begitu digandrungi, meski hanya dijadikan lokasi foto. Nah, berikut ini adalah ulasan terkait objek wisata alam Jogja yang bisa dinikmati dengan trekking.

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung setianya. Sebab di sana menyajikan berbagai objek wisata alam Jogja yang sangat menarik untuk dicoba. Dan salah satunya adalah obyek wisata trekking. Trekking sendiri merupakan sebuah wisata perjalanan panjang dengan berjalan kaki. Mengenai aktivitasnya seringkali mengambil tempat – tempat yang jarang ada sarana transportasi. Terkait medannya juga tidak harus jalur gunung, bisa perbukitan atau hutan yang memang masih asri.

Obyek Wisata Alam Jogja

Mengeksplorasi objek wisata alam Jogja memang tidak ada habisnya. Bentang alamnya yang indah menjadi pesona tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Mulai dari pengunjung lokal hingga luar negeri pun berdatangan. Salah satu wisata yang sedang hits saat ini adalah objek wisata alam Jogja yang bisa dinikmati dengan aktivitas trekking.  Bagi anda yang ingin mencoba wisata trekking, berikut ini terdapat beberapa informasi penting terkait obyek wisata tersebut.

1. Sompok

Objek Wisata Alam Jogja Sompok, sumber ig berandajogja
Objek Wisata Alam Jogja Sompok, sumber ig @berandajogja

Berkunjung ke Jogjakarta tak ada salahnya untuk menyambangi Sompok Trekking. Obyek wisata ini terletak di dusun Sompok, desa Sriharjo, Imogiri, Bantul, Jogjakarta. Wilayahnya yang terdiri dari perbukitan berbatu diubah menjadi obyek wisata trekking oleh penduduk desanya. Sehingga kehadiran Sompok Trekking ini dapat membantu perekonomian penduduk desa. Gagasan ini muncul serta direalisasikan pada tahun 2018. Dengan melihat potensi perbukitan ditambah lagi dengan air terjun menjadikan tempat di dusun Sompok ini layak untuk dijadikan wisata alam yang sehat.

Rute atau jalur trekking di Sompok Trekking ini merupakan jalur naik turun bukit berbatu. Akan tetapi pemandangan alamnya sungguh indah. Setiap pasang mata trekker akan disuguhkan hamparan perbukitan yang mengelilinginya. Apabila memandang ke arah selatan maka akan dapat melihat panorama garis pantai selatan.

2. Hutan Pinus Nglinggo

Objek Wisata Alam Jogja Nglinggo, sumber ig ramachynfr_
Objek Wisata Alam Jogja Nglinggo, sumber ig @ramachynfr_

Obyek wisata selanjutnya yang patut untuk disinggahi adalah wisata alam Hutan Pinus Nglinggo. Untuk wilayah Jogja sendiri sudah terdapat beberapa wisata hutan pinus. Mengenai lokasinya terdapat di Kulon Progo. Tepatnya di desa wisata Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh. Di sana para pengunjung dapat menjelajah hutan pinus sekaligus berjalan – jalan di sekitar perkebunan teh. Hal lain yang membuatnya menarik adalah bagi pengunjung dapat berlatih tari tradisonal. Apabila suka dengan hal – hal yang menantang dapat pula untuk mencoba berpetualang dengan jeep ke hutan pinusnya.

Jika ingin mencoba sensasi off-road-nya maka anda bisa merental jeep. Jasa rental jeep biasanya menawarkan mobilnya dengan harga sekitar 600 ribuan per tiga orang. Jadi, siapkan dana yang cukup jika berkesempatan datang di desa Nglinggo. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman yang akan selalu berkesan diingatan.

3. Bukit Turgo

Objek Wisata Alam Jogja Turgo, sumber ig tikno6594
Objek Wisata Alam Jogja Turgo, sumber ig @tikno6594

Bukit Turgo adalah objek wisata alam Jogja yang bisa menjadi gardu pandang gunung merapi. Gunung merapi Jogja yang nota bene gunung merapi yang paling aktif di Indonesia memang selalu menjadi perhatian. Nah, bukit turgo bisa menjadi salah satu spot gardu pandang untuk menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar gunung merapi.

Selain ini, bukit turgo sebenarnya bukan hanya objek wisata alam Jogja, tetapi juga menjadi objek wisata religi. Banyak orang yang mengunjungi dan trekking menuju makam Syekh Jumadil Kubro yang ada di puncak bukit turgo.

4. Bukit Nglanggeran

Objek Wisata Alam Jogja Nglanggeran, sumber ig wildayanti.icha
Objek Wisata Alam Jogja Nglanggeran, sumber ig @wildayanti.icha

Bukit Nglanggeran juga merupakan objek wisata alam Jogja yang bisa dinikmati dengan trekking menuju puncaknya. Di puncaknya bukit ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan landscape daerah Jogja yang indah. Jika berkunjung untuk menikmati sunrise, Anda bisa berada di sekitar awan pagi yang melewati area puncaknya.

Demikian beberapa objek wisata alam Jogja yang bisa dinikmati dengan aktivitas trekking. Semoga ulasan ini bisa menghibur dan menambah koleksi informasi wisata Anda. Simak ulasan wisata Jogja lainnya di halaman antareja tour. Selamat menikmati wisata alam Jogja.