+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Tips hemat wisata adalah yang paling dibutuhkan saat merencanakan liburan. Tips-tips seperti ini bisa sangat membantu dalam beraktivitas. Karena wisata sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan kondisi yang ada, selama kita bisa mengetahui bagaimana cara mengaturnya. Tips hemat wisata adalah salah satu cara untuk mengatur agar berwisata tetap berjalan dengan baik meski dengan modal yang secukupnya.

Merancang perjalanan untuk mengisi waktu liburan menjadikan hal terpenting bagi sebagian besar orang. Mulai dari biaya transportasi hingga uang saku yang dibawa pun perlu diperhatikan dengan sebaik – baiknya. Agar pengeluaran finansial anda dapat lebih dihemat selama menikmati liburan, maka ada baiknya anda membaca beberapa tips hemat wisata di bawah ini.

Tips Hemat Wisata

Ilustrasi Hemat Wisata, sumber ig budi_bw
Ilustrasi Hemat Wisata, sumber ig @budi_bw

Jika Anda ingin berwisata ke Jogja, Anda bisa mengatur agar pengeluaran atau biaya yang dibutuhkan bisa seefisien mungkin. Karena Jogja adalah daerah wisata yang memiliki berbagai alternatif khususnya alternatif wisata. Seperti berwisata memanfaatkan paket wisata Jogja, Mencari kuliner alternatif yang enak namun hemat dan alternatif lainnya yang tersedia di Jogja. Berikut ini beberapa tips hemat wisata Jogja yang bisa Anda coba :

1. Estimasi Budget Perjalanan

Tips hemat wisata yang pertama mengestimasi budget perjalanan. Setelah rencana wisata dibuat, termasuk itinerary-nya, buatlah rincian biaya pada tipa aktivitas yang akan Anda lakukan selama berwisata. Ketika sudah memahaminya maka tinggal estimasikan besarnya pengeluaran yang harus digunakan. Seperti contoh, pengeluaran untuk uang bahan bakar, tiket masuk wisata dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari budgeting sendiri adalah untuk mengontrol finansial pribadi. Meskipun liburan tetapi tidak membuat kantong kering. Perencanaan sebenarnya dapat dimulai bersama – sama dengan pihak keluarga atau teman – teman sembari bersantai ria. Untuk kisaran harga – harganya dapat dicari melalui internet atau orang yang sudah pernah datang ke sana.

2. Mencari Obyek Wisata Hemat

Tips hemat wisata selanjutnya adalah mencari tempat wisata yang hemat biaya. Sebagaimana yang sudah disampaikan, Jogja memiliki obyek wisata alternatif juga. Terkadang hanya perlu mengeluarkan biaya parkir tanpa tiket masuk. Atau memerlukan tiket masuk namun masih terjangkau.

Secara keseluruhan memang pengeluaran tiket wisata tidaklah sebagaimana pengeluaran saat belanja oleh-oleh. Sehingga jika Anda ingin menikmati lebih banyak lagi lokasi wisata yang ingin dikunjungi, Anda bisa menekan biaya oleh-oleh. Atau bahkan tidak perlu membawa pulang oleh-oleh.

3. Menghemat Biaya Penginapan

Tips hemat wisata selanjutnya adalah mencari tempat penginapan murah . Ketika berwisata pasti jika sudah lelah ingin beristirahat. Terlebih lagi sudah larut malam dan tubuh pun ingin segera untuk dibaringkan. Apabila memang perjalanan sudah dipastikan akan melewati waktu malam, sebaiknya sudah mencari tempat penginapan dahulu. Penginapan di Jogjakarta sangat banyak, tinggal pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan saja.

Ilustrasi Hemat Wisata, sumber ig juliano.elvra
Ilustrasi Hemat Wisata, sumber ig @juliano.elvra

Sebagai opsi lainnya adalah dengan berangkat malam saat perjalanan menuju ke Jogjakarta. Sehingga dapat melakukan penghematan pada biaya penginapan. Biaya itu dapat dialokasikan untuk keperluan lain saat berwisata di sana.

Akan tetapi, saat memutuskan berangkat di malam hari perlu kewaspadaan yang ekstra. Karena perjalanan di malam hari akan sangat berbeda ketika malam. Selain jalanan menjadi semakin lengang, pengemudi juga akan bergelut dengan rasa kantuk. Jadi usahakanlah si pengemudi harus tidur cukup terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

4. Membawa Bekal Sendiri

Membawa bekal sendiri merupakan langkah selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan penghematan saat berwisata. Selain tingkat kehigienisannya terjamin, bekal yang dibawa juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya, dengan membawa makanan ringan atau camilan kesukaan. Hal itu tentu akan membuat kantong irit. Pasalnya, jajanan di sekitar tempat wisata harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga umumnya.

5. Menggunakan Jasa Paket Wisata

Tips hemat wisata selanjutnya adalah menggunakan jasa paket wisata. Perlu diketahui, paket wisata menawarkan berbagai fasilitas lengkap. Dengan fasilitas lengkap yang mencakup transport, pemandu, akomodasi penginapan dan hubungan antara penyedia paket wisata dengan berbagai para penyedia kebutuhan tersebut, tentu saja Anda bisa mendapat harga yang hemat dibandingkan harus mencari sendiri jasa transport, pemandu dan memilih penginapan secara terpisah.

Demikian beberapa tips hemat wisata yang bisa Anda coba. Semoga tips ini bisa bermanfaat. Simak ulasan lainnya terkait wisata Jogja dan tips-tips wisata lainnya di halaman antareja tour. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.