+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Air terjun Kedung Kandang Nglanggeran adalah salah satu wisata air terjun yang terdapat di Jogja. Diperkirakan terdapat lebih dari 20 lokasi wisata air terjun di daerah Yogyakarta. Setiap air terjun memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri.

Wisata air terjun hanyalah satu diantara banyak jenis obyek wisata yang ditawarkan di Jogja. Wisata alam lainnya yang juga ramai dikunjungi saat masa-masa berliburan diantaranya, bukit, taman bunga, sungai, desa wisata, pantai eksotis dan masih banyak lagi.

Dengan dukungan fasilitas wisata seperti paket wisata jogja, rental mobil wisata, penginapan dan hotel, bus pariwisata, para wisatawan akan mudah menjangkau lokasi-lokasi wisata seperti air terjun Kedung Kandang ini yang berada di area pelosok Jogja.

Air terjun Kedung Kandang adalah salah satu obyek wisata yang pemandangannya berbeda dengan obyek wisata serupa lainnya. Nah, apa saja sih daya tarik obyek wisata yang satu ini? Simak beberapa informasinya berikut ini.

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig sewamotorjogja25
Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @sewamotorjogja25

Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang Nglanggeran merupakan primadona wisata air terjun yang terdapat di Jogja. Air terjun ini berada di area wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan juga berdekatan dengan Embung Nglanggeran yang selalu ramai pengunjung.

Pemandangan yang terdapat di lokasi air terjun berbeda dengan air terjun lainnya. Jika biasanya air terjun berada di dataran tinggi di tengah hutan dengan sungai alami, air terjun Kedung Kandang berada di persawahan yang tertata bertingkat sebagaimana terasiring atau sengkedan.

Terasiring ini berfungsi untuk mencegah pengikisan oleh tanah dengan membuat tanah persawahan bertingkat sehingga tidak ada jebakan aliran air. Tanah persawahan yang bertingkat antara satu petak dengan petak lainnya inilah yang membuat pemandangan yang mempesona.

Begitu juga dengan air terjunnya. Persawahan indah bertingkat ini berada di sisi-sisi air terjun. Sedangkan Air terjun Kedung Kandang Jogja sendiri bertingkat enam, dengan keberadaan kolam atau sungai kecil diantara tingkatan-tingkatannya.

Pada setiap tingkatan air terjun, aliran air mengalir membasahi batuan vulkanik yang bersusun-susun secara bertingkat pula. Keberadaan batuan vulkanik dengan ukuran besar dan sedang ini tidak lepas dari asal-usul air terjun yang berada di lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran, yaitu Gunung Api yang pada zaman lampau masih aktif dan sekarang sudah menjadi Gunung Api nonaktif.

Persawahan di Sekitar Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig c4lonkades
Persawahan di Sekitar Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @c4lonkades

Lokasi dan Rute

Air Terjun Kedung Kandang adalah obyek wisata yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogykarta. Akses untuk menuju lokasi ini cukup bagus sehingga bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor kecil hingga besar.

Sedangkan rute yang dilewati untuk menuju lokasi ini dari Kota Jogja adalah menuju kearah selatan melewati Jalan Jogja-Wonosari. Sesampainya di Jalan Jogja-Wonosari Anda akan melewati tanjakan Patuk hingga sampai di pusat informasi wisata Gunungkidul di Patuk. Dari pusat informasi ini kemudian masuk ke arah timur menuju lokasi wisata Bukit Nglanggeran.

Perjalanan yang ditempuh dari Kota Jogja adalah sepanjang kurang lebih 25 km dengan waktu tempuh diperkirakan selama 30 menit hingga 1 jam. Untuk lebih memudahkan, terdapat tanda yang menunjukkan rute menuju lokasi setelah berada di jalan ke arah timur dari pusat informasi wisata Patuk.

Nama : Air Terjun Kedung Kandang
Lokasi : Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Fasilitas

Dengan pengelolaan karang taruna dan warga setempat, fasilitas yang terdapat di lokasi ini baru sekedar lokasi parkir dan toilet. Selebihnya adalah spot foto serta gazebo yaitu tempat beristirahat dan berteduh.

Harga Tiket Masuk

Saat memasuki lokasi wisata setelah memarkir kendaraan, terdapat loket. Para pengunjung kemudian membeli tiket dengan harga Rp. 8.000. Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan membayar retribusi parkir dengan harga berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @janu_aldaka
Air Terjun Kedung Kandang, sumber ig @janu_aldaka

Informasi Tambahan

Untuk masuk ke lokasi wisata ini setelah dari parkiran kendaraan, wisatawan harus trekking atau berjalan kaki menyusuri persawahan. Medan jalan menuju lokasi air terjun masih cukup menantang. Karena jalanan menuju obyek wisata belum dibuat menjadi jalan keras, melainkan jalan lunak sebagaimana jalan setapak pada area persawahan.

Dengan kondisi medan jalan tersebut, tidak disarankan untuk mengajak lansia memasuki lokasi kecuali dengan bantuan yang mumpuni. Begitu pula untuk anak-anak, harus diawasi dan dijaga ketat. Lebih aman jika tidak melibatkan orang tua dan anak-anak selamat rute jalan menuju lokasi masih dibangun.

Demikian beberapa informasi tentang Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran. Semoga deskripsi tadi bisa menggambarkan pesona obyek wisata yang satu ini. Simak juga ulasan wisata taman bunga Jogja di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!