Pantai Jogan Jogja hanyalah salah satu dari banyak pantai yang mempesona di daerah Jogja. Jogja bagian selatan memang bersebelahan dengan Samudera Hindia. Banyak pantai-pantai berombak besar yang bisa dinikmati keindahannya. Paket wisata Jogja juga menawarkan wisata-wisata ke Pantai-pantai ini yang memiliki daya tarik masing-masing.

Jika Anda adalah pencinta wisata pantai, maka Jogja adalah tempat yang tepat. Pasalnya Jogja, lebih tepatnya di daerah Gunung Kidul memiliki banyak destinasi wisata alam laut yang menyajikan keindahan yang akan membuat Anda berdecak kagum. Banyak pantai di Gunung Kidul yang terkenal dengan keindahannya dan selalu ramai oleh para wisatawan, seperti pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti dan masih banyak lagi. Di Gunung Kidul sendiri Anda akan menemui hamparan pasir putih yang indah dipandang mata.

Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan Jogja, sumber ig rzkynooz
Pantai Jogan Jogja, sumber ig @rzkynooz

Pantai Jogan Jogja terbilang unik dengan tampilan pantainya. Pantainya merupakan muara air terjun dengan aliran yang mengalir dari perbukitan yang ada disekitarnya. Pantai yang berada di bawah air terjun ini terbilang sangat langka di Indonesia bahkan di dunia.

Air terjun Pantai Jogan ini memiliki tebing yang cukup tinggi, sekitar 10 sampai 12 meter. Dengan berkunjung ke Pantai Jogan Jogja, Anda akan disuguhi sensasi yang berbeda, yaitu adanya perpaduan air terjun, ombak laut, dan bebatuan karang yang luar biasa indah. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Rute

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah indah dengan pantai lain ialah pantai Jogan. Pantai Jogan Jogja memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan pantai lain. Bagaimana tidak, di Pantai Jogan Yogyakarta ini Anda bisa menikmati perpaduan antara air terjun dan pantai pada satu tempat. Pantai Jogan sendiri terletak di desa Purwodadi,  kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Untuk menuju Pantai Jogan, rute yang dilalui sangat mudah karena pantai ini terletak di Gunung Kidul, dimana di tempat ini dijuluki sebagai kawasan sejuta pantai. Pantai Jogan berjarak sekitar 70 km dari pusat Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pantai Jogan hanya terpaut 200 meter dari pantai siung.

Nama : Pantai Jogan Jogja
Lokasi : Jalan Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Pantai Jogan Jogja belum begitu terkenal, jika dibandingkan dengan pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti, sehingga pantai ini masih sepi pengunjung. Karena masih sepi pengunjung, maka fasilitas yang ada pun masih kurang lengkap dan tergolong minim. Hanya ada parkiran yang tidak begitu luas dan jalan yang belum dicor.

Selain itu warung yang ada di pantai Jogan ini masih kurang menarik karena hanya menyajikan makanan instan, seperti mie instan. Berbeda dengan pantai yang sudah terkenal, yang pasti banyak warung yang menyediakan makanan laut dan makanan berbagai jenis makanan lain.

Fasilitas Pantai Jogan Jogja :

  • Gazebo
  • Warung Jajanan
  • Toilet
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan sendiri sangatlah murah. Saat ini harga tiket yang perlu dibayar hanya sebesar Rp. 3000, dan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat mencapai Rp. 5000. Dengan tiket masuk yang tergolong murah ini yang berbeda dan tidak sebanding dengan harga tiket pantai pasir putih lain sebanding dengan fasilitas yang didapat.

Pantai Jogan Jogja, sumber ig photojogja
Pantai Jogan Jogja, sumber ig @photojogja

Saran Tambahan

Untuk aktivitas yang bisa Anda nikmati di Pantai Jogan Jogja memang berbeda dengan pantai lainnya. Dengan keberadaan air terjun, Anda bisa melakukan canyoning, yaitu menggunakan pengaman untuk menyusuri aliran air terjun dari puncak hingga ke bawahnya yaitu pantainya. Selain aktivitas ini tentu saja Anda bisa berfoto ria dengan keindahan pantai dan alam yang ada di sekitar pantai ini.

Untuk Anda yang suka trekking, sebenarnya jalan menuju Pantai Jogan Jogja sendiri bisa dijadikan wahana trekking dengan menyusuri pantai hingga ke air terjunnya. Dengan aktivitas yang bisa dilakukan di sini, pakaialah perlengkapan yang sesuai untuk medan yang basah dan berbatu serta licin.

Demikian ulasan terkait Pantai Jogan Jogja untuk Anda. Semoga bisa menjadi pengalaman yang seru untuk Anda yang berkesempatan mengunjungi Pantai ini. Simak juga ulasan wisata Jogja lainnya di halaman Antareja Tour. Selamat menikmati liburan Anda.