+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Di musim panas yang mendekati musim hujan seperti saat sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkannya untuk berliburan mengunjungi lokasi wisata pantai. Salah satu yang menjadi rekomendasi pantai di Jogja adalah Pantai Watu Kodok. Spot wisata ini bisa menjadi alternatif selain berbagai pantai lainnya yang terdapat di Jogja.

Obyek wisata pantai di Jogja memang menjadi salah satu yang menjadi tujuan wisatawan. Area pantai ini berada di pesisir selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga, pantai-pantai di sini terlihat eksotis, ekstrim dan mempesona. Ada pantai yang boleh dan pantai yang disarankan untuk tidak dikunjungi.

Pantai Watu Kodok memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Sebagian wisatawan memang sengaja berkunjung karena ingin tahu bagaimana keindahannya. Simak berbagai informasinya berikut ini.

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok, sumber ig bywardhana
Pantai Watu Kodok, sumber ig @bywardhana

Pantai Watu Kodok adalah salah satu yang masih membuat para wisatawan penasaran. Pantai di area selatan Jogja ini masih menjadi salah satu yang belum ramai dikunjungi. Namun, belum ramai dikunjungi bukan berarti Pantai Watu Kodok tidak memiliki daya tarik. Banyak daya tarik seperti keindahan dan keunikan yang masih tersimpan di pantai ini.

Watu Kodok merupakan nama batuan karang terjal yang terdapat di pantai ini. Batuan karang tersebut berbentuk seperti katak, sehingga disebut Watu Kodok. Batu karang yang terletak di sisi timur dan barat pantai ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga merupakan ikon pantai ini. Selain itu, terdapat juga pepohonan cemara dan tanaman hijau lainnya yang juga menjadikan pantai ini memiliki pemandangan yang indah.

Kondisinya yang masih cenderung sepi membuat pantai ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kondisi pantai masih begitu asri dan tampak lebih alami. Pasir putih yang terbentang, bukit, pepohonan cemara dan berbagai spot lainnya menjadi tempat bermain yang mengasyikkan. Meskipun banyak pantai berpasir putih di Jogja, tidak semua pantai yang sekaligus bisa menjadi spot foto seperti di sini.

Apabila Anda berada di lokasi, sensasi berada di pantai yang masih sepi dan alami ini seperti berada di private beach. Seolah-olah hanya Anda sendiri yang menyewa pantai dan menikmatinya. Apalagi jika berkunjung pada hari-hari biasa yang bukan waktu berliburan. Namun saat waktu berliburan, pantai juga relatif tidak begitu ramai.

Pantai Watu Kodok, sumber ig andhika_dwi_prasetyo
Pantai Watu Kodok, sumber ig @andhika_dwi_prasetyo

Biasanya kebanyakan pengunjung menikmati pantai ini sambil berfoto di spot-spot foto yang ada. Namun bukan hanya itu. Di sini terdapat juga camping ground yang sering dipakai untuk bermalam. Selain itu, para pengunjung juga menikmati pemandangan salah satunya adalah saat sunset. Terdapat juga rumah makan yang menyediakan masakan seafood.

Lokasi dan Rute

Pantai Watu Kodok berada di Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena lokasinya yang berada diantara pantai-pantai Jogja lainnya seperti Pantai Baron dan Pantai Indrayanti, maka menemukan obyek wisata ini relatif lebih mudah. Jika ingin lebih praktis, silahkan mencoba layanan paket wisata Jogja.

Rute menuju lokasi adalah melalui Jalan Imogiri. Dari Titik nol km pusat Jogja, ke arah timur melewati Jalan Panembahan Senopati. Dari jalan ini kemudian bertemu dengan perempatan melewati Jalan Brigjen Katamso. Kemudian sampai ke perempatan lagi ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiono.

Dari Jalan Kolonel Sugiono diteruskan hingga bertemu dengan pertigaan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja hingga bertemu Jalan Imogiri Barat. Setelah berada di Jalan Imogiri Barat sampai pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri. Selanjutnya akan melewati jalan lainnya yang searah hingga berada di Jalan Pantai Selatan Jawa. Lokasinya berada di sekitar sini.

Untuk menuju ke lokasi ini, disarankan menggunakan kendaraan bermotor roda empat. Karena pada beberapa titik terdapat tanjakan naik dan turun serta berkelok. Selain itu, jarak tempuhnya juga sangat panjang sekitar 60 km dan memakan waktu hampir 2 jam perjalanan.

Nama : Pantai Wati Kodok
Lokasi : Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Beberapa pantai yang terkenal dan ramai dikunjungi biasanya memiliki berbagai fasilitas lengkap. Di obyek wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup meskipun tidak sebanyak fasilitas di pantai yang terkenal. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Mushola
  • Kamar Mandi/Toilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Pantai Watu Kodok, sumber ig jogjajateng
Pantai Watu Kodok, sumber ig @jogjajateng

Meskipun belum ramai, namun masyarakat setempat sudah mengelola lokasi wisata ini. Tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp. 5.000/orang. Selain itu adalah biaya parkir mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 bergantung jenis kendaraannya. Biaya lainnya yang dikeluarkan bergantung dari aktivitas yang akan Anda lakukan.

Seperti apabila ingin bermalam atau camping. Jika Ingin menginap di lokasi harus membayar biaya tambahan mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per-orang. Apabila menginap, akan ada penduduk setempat yang menjaga lokasi camping.

Informasi Tambahan

Terdapat informasi bahwa makanan seafood yang dijajakan di lokasi ini cukup murah. Namun tentu saja akan sedikit relatif bergantung dengan masing-masing pengunjung. Namun karena berada di Pantai, tentu saja sajian seafood yang ada lebih segar dibandingkan ditempat lainnya.

Itu dia informasi Pantai Watu Kodok yang masih alami dan sepi. Anda bisa berfoto di spot foto ikonik yaitu batuan karang yang berbentuk kodok. Selain itu Anda juga bisa menikmati camping dan piknik di lokasi ini. Semoga informasi ini bisa memberikan alternatif wisata pantai bagi Anda di Jogja.

Nantikan informasi wisata Jogja lainnya di antarejatour.com. Simak juga informasi terkait Pantai Pok Tunggal di sini. Berikan komentar dan bagikan artikel ini. Terima kasih.