+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Candi Plaosan adalah salah satu spot wisata yang tidak seterkenal Candi Prambanan di Jogja. Meskipun begitu, daya tarik yang dimiliki Candi Plaosan juga tidak kalah. Dibalik keindahannya juga menyimpan sejarah dan cerita asal-usul yang menarik untuk diketahui. Lokasinya tidak jauh dari kompleks Candi Kalasan dan Prambanan.

Jogja memiliki banyak sekali spot wisata bersejarah yang dapat dikunjungi saat musim berliburan tiba nanti. Spot wisata sejarah ini dapat memberikan edukasi sekaligus sensasi keindahan pemandangan bangunan kuno bersejarah. Beberapa spot wisata sejarah yang ada di Jogja selain Candi adalah, Goa, Benteng, Istana Keraton, Museum dan lain-lain.

Seluruh lokasi wisata di Jogja dapat lebih mudah dijangkau dengan fasilitas wisata yang ada. Seperti rental mobil, paket wisata, berbagai tempat kuliner, penginapan dan hotel dan fasilitas wisata lainnya. Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi Candi Plaosan atau ingin mengetahui daya tarik yang terdapat di sini, simak informasi berikut ini.

Candi Plaosan

Pemandangan Alam Candi Plaosan, sumber ig yogyakarta
Pemandangan Alam Candi Plaosan, sumber ig @yogyakarta

Obyek wisata Candi di Indonesia yang pertama kali ditemukan sebenarnya hanya dua, Candi Prambanan dan Candi Borobudur saja. Namun, setelah keduanya terkenal, para arkeolog terus membuka candi lainnya yang jumlahnya masih banyak. Salah satu yang belakangan menjadi spot wisata di Jogja adalah Candi Plaosan.

Yang menarik dari spot wisata candi adalah keberadaan sejarah asal-usulnya. Sejarah asal-usul ini dapat diketahui oleh peneliti salah satunya melalui relief yang terdapat pada bangunannya. Relief yang terdapat pada Candi Plaosan ternyata menggambarkan kisah cinta Raja Mataram kuno pada waktu itu.

Adalah Rakai Pikatan seorang Raja dari dinasti Syailendra yang membuat candi untuk istrinya Pramodyawardani. Uniknya, keduanya berbeda agama. Rakai Pikatan beragama Hindu sedangkan Pramodyawardani beragama Budha. Hal ini jarang terjadi pada waktu itu, sebab antara Candi Hindu dan Budha terdapat keunikan masing-masing. Namun, Candi Plaosan diyakini dapat menggabungkan keduanya.

Candi ini berjumlah sepasang yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor yang berada di sebelah utara memiliki relief yang menggambarkan kekaguman Rakai Pikatan kepada istrinya Pramodyawardani. Sedangkan Candi Plaosan Kidul yang berada di sebelah selatan, reliefnya menggambarkan kekaguman Pramodyawardani kepada suaminya Rakai Pikatan. Inilah yang menjadikan Candi ini khas dengan asal usul kisah cinta antara raja dan permaisuri.

Candi Plaosan, sumber ig jogjakartaid
Candi Plaosan, sumber ig @jogjakartaid

Sebenarnya, Candi Prambanan juga menggambarkan asal usul yang sama yaitu, kisah cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Namun perbedaan diantara kedua kisah cinta ini mencolok sebab pada Candi ini kisahnya berakhir baik sedangkan pada Candi Prambanan kisahnya berakhir tragis.

Selain sepasang candi utama, terdapat juga candi-candi kecil. Bangunan candi memang seringkali memiliki bagian yang berpola candi induk dan candi kecil yang jumlahnya lebih banyak. Jarak antara Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul hanya kurang lebih 200 meter.

Setelah mengetahui asal-usul sejarahnya, mengunjungi spot wisata bersejarah ini bisa memberikan sensasi yang berbeda. Karena keindahan bentuk candi serta seluruh ornamen yang ada dapat menjadi deskripsi terkait asal-usul sejarahnya. Pemandangan di sekitar candi juga memberikan pesona tersendiri. Terutama pemandangan sunset di sore hari.

Candi Plaosan, sumber ig heru_cahyono_14
Candi Plaosan, sumber ig @heru_cahyono_14

Kebanyakan wisatawan biasanya berfoto pada spot-spot atau sudut candi yang terlihat bagus. Apalagi jika digabungkan dengan pemandangan di sekitar candi. Sayangnya, banyak batuan yang tampak sebagai reruntuhan yang pastinya menyimpan lebih banyak keindahan dan latar belakang yang belum sempat diketahui oleh generasi saat ini. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi spot wisata ini?

Lokasi dan Rute

Spot wisata bersejarah ini berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan. Sehingga dapat diakses saat berkunjung ke sekitar lokasi Candi Prambanan. Alamat tepatnya yaitu Alamat obyek wisata ini berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meskipun di Jawa Tengah, namun sebenarnya berada di bagian timur Jogja.

Untuk menuju ke lokasi, rute yang ada relatif nyaman untuk diakses kendaraan. Lebih mudah menggunakan patokan Bandar Udara Adisutjitpto ke arah timur melalui Jalan Raya Solo – Jogja. Sesampainya di Pasar Prambanan masih terus ke arah timur melewati dua simpang dan berada di stasiun Brambanan. Dari sini mengikuti tanda petunjuk lokasi Anda akan langsung menemukan spot wisata.

Nama : Candi Plaosan
Alamat : Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454

Fasilitas

Spot wisata candi berbeda dengan spot wisata jenis lain yang dapat dijadikan lokasi rekreasi atau piknik. Spot wisata ini adalah lokasi konservasi yang mengutamakan perlindungan terhadap bangunan kuno dan sekitarnya. Sehingga dengan aktivitas yang tidak banyak yang bisa dilakukan fasilitas yang terdapat di lokasi adalah :

  • Papan Informasi
  • Toilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Untuk menikmati keindahan spot wisata ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 3.000 saja. Karena sangat terjangkau, lokasi ini bisa menjadi spot wisata hemat di Jogja. Selain itu biaya yang dibutuhkan adalah untuk kendaraan parkir yang berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Candi Plaosan, sumber ig hijab.otd
Candi Plaosan, sumber ig @hijab.otd

Informasi Tambahan

Jika belum mengenal lokasi di Jogja, disarankan menggunakan fasilitas wisata yang ada. Karena dari Kota Jogja, spot wisata ini berada di pinggir timur yang berjarak kurang lebih 18,9 km dari titik nol km Jogja. Waktu yang ditempuh selama kurang lebih 40 menit.

Itu dia artikel terkait Candi Plaosan untuk Anda. Semoga informasi yang terdapat didalamnya dapat membantu Anda mengenal spot wisata ini dan mengarahkan Anda ke lokasi wisata. Simak berbagai informasi wisata Jogja lainnya di halaman paket wisata Jogja antarejatour.com.