+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Air Terjun Pulosari adalah salah satu curug yang favorit untuk dikunjungi di Jogja. Masih terdapat beberapa obyek wisata air terjun lainnya seperti Air Terjun Kedung Kandang, Air Terjun Sri Gethuk dan lainnya.

Obyek wisata alam di Jogja memang terbilang kaya. Yang paling dicari adalah pantai-pantainya yang eksotis. Namun masih banyak alternatif lainnya seperti hutan pinus, green village dan perbukitan termasuk air terjun. Air Terjun Pulosari menjadi salah satu rekomendasi paket wisata Jogja yang patut Anda coba.

Bagaimana sebenarnya keindahan dan daya tarik wisata yang ditawarkan obyek wisata Air Terjun Pulosari? Berikut ini beberapa informasi terkait deskripsi, lokasi dan rute, fasilitas, harga tiket dan saran terkait obyek wisata Curug Pulosari.

Air Terjun Pulosari

Air Terjun Pulosari, sumber ig alix.301Air Terjun Pulosari, sumber ig alix.301
Air Terjun Pulosari, sumber ig @alix.301

Bagi Anda dan para penggemar pemandian alami, Air Terjun Pulosari adalah salah satu diantara pilihan yang patut untuk dicoba. Dengan air jernih alami yang segar khas udara hutan alami, Anda akan bisa merasakan sensasi refreshing di tengah pepohonan dan suara semilir aliran air yang berasal dari sungai alami yang berada di lokasi sekitar.

Air Terjun Pulosari merupakan sebuah “Curug”, yaitu air terjun yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan air terjun pada biasanya yang merupakan aliran air yang berasal dari atas tebing perbukitan. Sedangkan Pulosari adalah nama lokasi air terjun yang kebetulan juga merupakan sebuah desa wisata.

Meskipun tergolong air terjun kecil, namun keindahan yang ditawarkan tetaplah mempesona. Di bagian bawah air terjun memang sengaja dikeruk sehingga bisa menjadi kolam untuk mandi dan menikmati permainan-permainan air yang biasa dilakukan di lokasi obyek wisata ini.

Lokasi dan Rute

Lokasi Air Terjun Pulosari berada di Njurug, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju lokasi ini, sebelum sampi di area hutan tempat air terjun berada memang bisa diakses dengan kendaraan bermotor besar seperti mobil. Namun untuk langsung menuju ke Lokasi Curug Pulosari, sangat berat jika diakses dengan kendaraan besar. Hanya disarankan menggunkan kendaraan bermotor roda dua.

Jarak obyek wisata Air Terjun Pulosari jika ditempuh dari Kota Jogja adalah 15,7 Km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit menggunakan kendaraan bermotor. Lokasinya memang lebih mudah diikuti dari Kota Jogja. Yaitu menuju arah wates hingga bertemu dengan Jalan Ring Road Barat.

Dari Ring Road barat, bertemu pertigaan kemudian mengarah ke selatan menuju Jalan Nasional III. Sesampainya di Jalan Nasional III kemudian menuju perempatan dan mengarah ke selatan menuju Jalan Rindang. Kemudian menuju ke arah barat hingga menemukan Jalan Bangunjiwo – Bibis. Kemudian menuju ke arah Goa Selarong menuju perempatan Jalan Pandu Dewonto. Ikuti jalan tersebut, Anda akan segera sampai ke Curug Pulosari.

Nama : Curug Pulosari
Lokasi : Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Fasilitas

Air Terjun Pulosari adalah obyek wisata yang memiliki fasilitas yang memadai bagi para pengunjung, termasuk untuk melakukan aktivitas bermain air. Fasilitas yang terdapat di Curug Pulosari diantaranya :

  • Ruang Ganti Pakaian
  • Gazebo
  • Penyewaan Alat Permainan Air (Ban, dll)
  • Tempat Kuliner dan Oleh-oleh
  • Area Parkir
  • Fasilitas Lainnya

Harga Tiket Masuk

Air Terjun Pulosari, sumber ig the_winner_basta
Air Terjun Pulosari, sumber ig @the_winner_basta

Air Terjun Pulosari bisa menjadi alternatif wisata hemat di Jogja. Karena biaya yang diperlukan untuk aktivitas wisata di sini sangat terjangkau. Untuk tiket masuk hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 2.000 dan parkir berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Selebihnya adalah biaya untuk menyewa alat permainan air dan lain-lain.

Saran Tambahan

Menikmati obyek wisata Air Terjun Pulosari disarankan pada saat musim penghujan. Karena pada saat musim tersebut, volume air terjun akan bertambah deras dan menampilkan pemandangan yang mempesona. Selain kenikmatan bermain di bawah air terjun tentunya. Lokasi ini juga biasa dijadikan arena outbond dan pemotretan. Sehingga Anda-pun juga bisa memanfaatkannya untuk koleksi foto Anda.

Demikian ulasan terkait wisata Air Terjun Pulosari Jogja. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat menjadi koleksi informasi wisata terbaru Anda di Jogja. Simak ulasan menarik lainnya terkait Pantai Ngobaran Gunung Kidul di halaman kami. Selamat menikmati hari libur Anda!