+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Gesing Yogyakarta adalah satu diantara beberapa pantai Jogja di area Gunung Kidul yang memiliki daya tarik wisata luar biasa. Pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan keindahannya. Karena pantai-pantai ini berada di pesisir selatan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Selain Pantai seperti Pantai Gesing, Pantai Ngrenehan, Pantai Wedi Ombo dan pantai-pantai lainnya, Jogja juga memiliki wisata alam lainnya yang juga patut untuk Anda coba kunjungi. Banyak lokasi wisata alam bukit, desa wisata, green village, hutan pinus, bendungan yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Dengan keberadaan banyak fasilitas wisata di Jogja, para wisatawan dimudahkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tadi meskipun lokasinya berada jauh di pedalaman bahkan di ujung perbatasan Jogja. Fasilitas yang bisa dimanfaatkan diantarnya adalah paket wisata Jogja.

Pantai Gesing Yogyakarta sumber ig ary_kusnanto
Pantai Gesing Yogyakarta sumber ig @ary_kusnanto

Paket wisata Jogja akan mempermudah wisatawan dengan paket wisata yang ditawarkan. Ditambah dengan jasa pemesanan tiket atau akomodasi antar jemput penginapan dan lokasi wisata, wisatawan benar-benar diberikan kenyamanan untuk menikmati aktivitas wisatanya di Jogja.

Pantai Gesing Yogyakarta adalah salah satu lokasi wisata yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta pantai eksotis Indonesia. Apa saja daya tarik dan hal-hal yang dapat dinikmati di Pantai Gesing? Simak ulasannya berikut ini.

Pantai Gesing Yogyakarta

Pantai Gesing Yogyakarta merupakan satu dari beberapa pantai yang berombak sedang dan cenderung tenang diantara pantai-pantai Gunung Kidul yang terkenal berombak raksasa. Dengan ciri khasnya, banyak aktivitas pantai yang bisa dilakukan para pengunjung di Pantai ini.

Keindahan pantai ini juga luar biasa. Letaknya secara geografis menyerupai teluk karena berada diantara dua bukit karang. Keberadaan bukit karang inilah yang menjadikan ombak di sekitar Pantai Gesing cenderung bersahabat. Pantai seperti ini memang menjadi tempat tumbuh yang ideal bagi biota laut dan menjadi sarang ikan-ikan hias.

Pantai Gesing Yogyakarta, sumber ig pesonajogja
Pantai Gesing Yogyakarta, sumber ig @pesonajogja

Karenanya, Pantai Gesing menjadi lokasi ideal bagi para wisatawan untuk bersnorkeling dan memancing ikan. Biota laut di pantai ini memberikan degradasi warna air lautnya dari hijau menuju warna kebiruan. Dipadu padankan dengan pemandangan hijau bukit yang menghimpit pantai ini serta warna biru langit yang cerah, tidak heran Pantai Gesing Yogyakarta menjadi obyek wisata yang sangat mempesona.

Lokasi dan Rute

Pantai Gesing Yogyakarta berada di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Gesing Yogyakarta, jika berangkat dari Kota Jogja, ada beberapa jalur yang bisa ditempuh. Jalur tersebut diantaranya adalah Jalan Parangtritis, Jalan Imogiri dan Jalan Wonosari.

Jalan Parangtritis memang lebih dekat dari Kota Jogja, namun untuk menjangkau Pantai Gesing tetap saja harus menempuh perjalanan yang lumayan. Sedangkan untuk Jalan Wonosari, perjalanan bisa memakan waktu agak lama disebabkan ketika berada di Kota Wonosari, harus beberapa kali memutar arah. Sehingga kami menyarankan untuk menuju Pantai Gesing dari Jalur Jalan Imogiri.

Kelebihan jika melewati Jalan Imogiri Timur adalah karena kondisi jalan yang cenderung lancar dengan sedikitnya volume kendaraan yang melewati jalur ini. Dari Jalan Imogiri Timur Anda harus menempuh perjalanan melewati Selopamioro, kemudian Panggan, pertigaan SDN Sawah Warak, pertigaan Bolang dan akhrinya menuju Pantai Gesing Yogyakarta.

Nama : Pantai Gesing
Lokasi : Girikarto, Panggang, Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Fasilitas

Pantai Gesing Yogyakarta memang tidak menjadi obyek yang memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Lokasi ini lebih kepada lokasi kapal nelayan berlabuh, tempat memancing dan lokasi berburu seafood dengan keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sehingga jika Anda memerlukan fasilitas seperti toilet dan mushola Anda bisa mencarinya di tempat tinggal warga sekitar.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi Pantai Gesing Yogyakarta Anda perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000. Selain itu Anda juga perlu mengeluarkan biaya parkir.

Pantai Gesing Yogyakarta, sumber ig jelajahijogja
Pantai Gesing Yogyakarta, sumber ig @jelajahijogja

Saran Tambahan

Obyek Wisata Pantai Gesing Yogyakarta adalah lokasi yang ideal untuk memancing. Namun tidak terdapat persewaan alat memancing sehingga Anda perlu menyediakan sendiri. Selain itu tentu saja, bagi penggemar pemandangan laut atau pantai yang mempesona, lokasi ini sangat ideal untuk menjadi spot foto.

Selain itu adalah menikmati kuliner seafood. Karena merupakan pantai, tentu saja seafood yang dijajakan masih segar. Anda juga bisa membawa pulang ke rumah dengan membelinya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Demikian ulasan terkait Pantai Gesing Yogyakarta. Semoga bisa menjadi informasi tambahan dan menjadi referensi wisata Anda. Simak ulasan wisata Jogja lainnya mengenai curug Pulosari di halaman antarejatour. Selamat menikmati wisata Anda!