+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Ngobaran Wonosari adalah salah satu pantai mempesona yang berada di Jogja bagian selatan. Pantai ini sering dikatakan mirip dengan pantai-pantai yang terdapat di pulau Bali. Karena di Pantai Ngobaran ini terdapat spot-spot yang bercorak sama seperti bangunan yang berada di sana, tebing-tebing serta pemandangannya.

Jogja bagian selatan memang memiliki banyak pantai-pantai indah. Karena pantai-pantai ini berada di pesisir Samudera Hindia yang merupakan lautan raksasa dengan ombak yang tinggi, pasir putih dan langit biru yang menawan.

Pantai Ngobaran Wonosari menjadi salah satu lokasi wisata pantai yang menjadi rekomendasi paket wisata Jogja. Hal menarik apa saja yang dapat kita temukan di sini? Simak beberapa informasi terkait deskripsi, lokasi, fasilitas, harga dan saran Pantai Ngobaran Jogja berikut ini.

Pantai Ngobaran Wonosari

Pantai Ngobaran Wonosari, sumber ig bambinkchan
Pantai Ngobaran Wonosari, sumber ig @bambinkchan

Pantai Ngobaran Wonosari adalah salah satu pantai indah dengan corak yang hampir mirip dengan pantai yang terdapat di Pulau Bali. Corak ini berkaitan dengan sejarah Pantai Ngobaran yang menarik untuk di simak karena merupakan asal-usul dari nama pantai yang satu ini.

Ngobaran merupakan kata yang berasal dari kata Kobaran. Yaitu kobaran api yang pernah ada di Pantai ini. Kobaran api ini konon katanya merupakan uacaa muksa yaitu aksi bakar diri. Aksi ini dilatari dari peristiwa antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak, dimana Raja Brawijaya V membakar dirinya oleh karena tidak mau berperang berhadapan langsung dengan anaknya sendiri yaitu Raden Patah yang merupakan pemimpin Kerajaan Demak.

Peristiwa sejarah ini pula yang ikut melatari berbagai bangunan atau corak dari lingkungan yang terdapat di Pantai Ngobaran. Di area pantai ini terdapat bangunan pura tempat peribadatan umat hindu serta area peribadatan ritual kejawen penduduk setempat. Termasuk juga terdapat masjid tempat peribadatan umat muslim.

Berbagai tempat peribadatan yang berada di satu area yang sama dan berdekatan menjadi inspirasi bagi masyarakat dan penduduk setempat tentang toleransi. Keindahan tempat-tempat ini sekaligus pemandangan mempesona Pantai Ngobaran juga sekaligus menjadi daya tarik pariwisata di tempat ini.

Spot foto pantai Ngobaran. Sumber IG @erka_photography

Lokasi dan Rute

Pantai Ngobaran Wonosari berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini berdampingan dengan pantai-pantai indah lainnya Seperti Pantai Kukup dan Pantai Ngrenehan. Sehingga untuk memudahkan menuju lokasi ini, tanda-tanda penunjuk arah menuju pantai ini dapat dijadikan patokan.

Rute yang dapat ditempuh dari Kota Jogja menuju Pantai Ngobaran Gunung Kidul ini bisa melalui dua sisi. Semuanya mengarah ke selatan. Untuk area selatan yang lebih dekat ke Barat, bisa melalu Jalan Imogiri Timur. Sedangkan arah selatan yang berada di Timur adalah melalu Jalan Wonosari.

Jika melalui Jalan Imogiri Timur, sesampainya di area Pasar Imogiri menuju ke Selopamiro. Setelah bertemu jalur lintas selatan, di sisi bagian kanan jalan akan tampak tanda penunjuk arah menuju Pantai Ngobaran. Jika melalui Jalan Wonosari, patokannya adalah jalan menuju Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron akan ada penunjuk arah menuju Pantai Ngobaran.

Nama : Pantai Ngobaran
Lokasi : Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Fasilitas

Pantai Ngobaran Wonosari, sama seperti Pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, yakni sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang terdapat di Pantai Ngobaran antara lain :

Warung Makan Seafood

  • Tempat Ibadah
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Fasilitas lainnya

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Ngobaran Wonosari adalah Rp. 3.000. Biaya lainnya yang diperlukan adalah tiket parkir yaitu berkisar antara Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. Dengan biayanya yang terjangkau, Pantai Ngobaran bisa menjadi alternatif wisata hemat di Jogja.

Saran Tambahan

Pantai Ngobaran Wonosari memang terkenal sebagai pantai yang bisa menjadi spot foto menarik. Tidak begitu terkenal sebagai wahana permainan air. Namun jangan khawatir, keindahannya bisa Anda nikmati sembari menginap atau camping. Dengan begitu Anda bisa melihat setiap momen indah pantai ini mulai saat sunrise hingga sunset.

Pantai ngobaran yang indah. Sumber IG @pantai_ngobaran

Demikian ulasan terkait Pantai Ngobaran Wonosari. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan koleksi referensi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan wisata Jogja lainnya mengenai pesonan Pantai Timang Jogja. Terimakasih sudah membaca ulasan kami, selamat menikmati wisata Anda!