+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul mungkin tidak asing terdengar di telinga Wisatawan terutama Wisatawan lokal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Lepo Dlingo merupakan Destinasi Wisata lama yang mungkin Namanya masih terdengar tetapi tidak setenar dulu ketika tahun 2015 hingga 2018. Dikala musim hujan air terjun yang satu ini akan menampakan keindahannya tetapi dikala musim kemarau air terjun ini tampak seperti sungai pada umumnya.

Air Terjun Lepo, Sumber IG @maikpoh25
Air Terjun Lepo Dlingo Bantul, Sumber IG @maikpoh25

Ketika musim kemarau tiba, debit Air Terjun Lepo Dlingo tidak terlalu banyak. Bahkan dari 4 kolam yang berada disini, hanya kolam pertama dan kedua yang berisi air sedangkan kolam ketiga dan keempat kering hingga dasar kolam terlihat. Air yang terjun dari kolam pertama ke kolam kedua hanya mengalir biasa tidak atau tampak seperti air terjun pada umumnya. Akibatnya Wisatawan yang datang saat musim kemarau bisa dihitung dengan jari jumlahnya terutama saat weekday.

Walau demikian, Air Terjun Lepo Dlingo Jogja menyimpan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan air terjun lain di Yogyakarta. Berikut informasi yang Antarejatour.com berikan untuk Anda:

Lokasi Air Terjun Lepo

Secara administratif Air Terjun Lepo termasuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (D. I. Yogyakarta) tepatnya berada di Jalan Randusari, Banyuurip, Jatimulyo. Jarak dari Kota Jogja kurang lebih 30 km atau waktu tempuh 1,5 jam menggunakan kendaraan roda empat. Jalur yang bisa dilewati yakni jalan Imogiri atau jalan Wonosari dengan konstruksi jalan beraspal tetapi menanjak.

Keunikan Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo memiliki 3 air terjun dan 4 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Kolam pertama berada ditingkat paling atas memiliki kedalam 2 meter, di kolam ini terdapat tempat khusus untuk loncat yang terbuat dari jembatan bambu dengan tiang dari semen, biasanya yang jago berenang dan suka loncat memilih kolam yang pertama. Kolam kedua memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa, di sini terdapat air terjun yang paling tinggi dibandingkan dua air terjun lainnya, kola mini memiliki luas lebih dibandingkan ketiga kolam lainnya dan dikelilingi oleh bebatuan yang berbentuk persegi panjang, kola mini cocok bagi yang suka bermain air terjun atau anak-anak atau yang tidak bisa berenang.

Bermain Air di Air Terjun Lepo, Sumber IG @masmeya
Bermain Air di Air Terjun Lepo Dlingo Bantul, Sumber IG @masmeya

Kolam renang ketiga merupakan kolam terdangkal sehingga bagian dasar kolam tampak dari permukaan air walaupun tertutup oleh endapan kapur, uniknya terdapat tebing-tebing batu berbentuk balok yang tersusun alami. Kolam keempat yang letaknya paling bawah memiliki kedalaman hampir 2 meter atau seperti kedalaman kolam pertama, namun memiliki luas yang lebih sempit, air terjunnya juga paling rendah tetapi paling eksotis karena di air terjun ini Anda bisa duduk di dalam air terjun yang mengalir. Bagi anak-anak disarankan untuk bermain air atau mandi di kolam kedua dan ketiga yang lebih aman.

Fasilitas Air Terjun Lepo

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Lepo cukup lengkap untuk ukuran objek wisata yang berada di desa terpencil. Di tempat ini terdapat Musholla, kios, warung, toilet, tempat duduk, dan fasilitas penunjang lainnya. Ketika Admin kesini kirain harga makan, snack, atau minuman sama seperti harga di Destinasi Wisata pada umumnya tetapi malah sebaliknya, harganya normal seperti harga yang ditawarkan di Kota Jogja. Teman-teman bisa kebayang gak, murahnya seperti apa? Tentu Anda akan lebih hemat budget, bukan.

Admin pernah bertanya ke salah satu penjual yang ada di sini. Kenapa harga makan, snack, atau minuman dijual dengan harga murah? Ibu itu menjawab, untuk apa mahal-mahal mas, terpenting bisa dapat untuk walau kecil, lagian kasihan Pengunjung yang datang jauh-jauh jika harga yang ditawarkan mahal-mahal. Harga, makanan dan snack mulai Rp. 5.000 s/d Rp. 12.000 sedangkan harga minuman dari Rp. 3.000 s/d Rp. 7.000.

Waktu Buka dan Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo dibuka setiap hari Senin s/d Ahad mulai dari 08.00 s/d 17.00 WIB. Harga tiket Rp. 3.000 per orang, harga parkir Rp. 2.000 per motor, Rp. 5.000 per mobil, dan Rp. 15.000 bus. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Lepo saat weekday dari Senen s/d Jum’at ketika pagi hari karena pada waktu tersebut tidak terlalu banyak Wisatawan yang berkunjung. Dengan demikian, Anda dengan bebas mandi atau bermain air di 4 kolam dan 3 air terjun di sini.

Destinasi Wisata Sekitar Air Terjun Lepo

Pesona Air Terjun Lepo, Sumber IG @maikpoh25
Pesona Air Terjun Lepo yang tidak ada duanya, Sumber IG@maikpoh25

Banyak Destinasi Wisata yang berjarak tidak jauh dari Air Terjun Lepo, diantaranya Hutan Pinus Plengger, Puncak Pinus Becici, Bukit Lintang Sewu, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Mangunan, Seribu Batu Rumah Hobbit, Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan Kreen, Bukit Mojo Gumelem, dan Bukit Panguk Kediwung. Dengan jarak terdekat Seribu Batu Rumah Hobbit sekitar 7,6 km atau waktu tempuh 16 menit. Jarak terjauh Hutan Pinus Pengger sekitar 11,7 km atau waktu tempuh sekitar 22 menit.

Tips Berwisata ke Air Terjun Lepo dan Destinasi Wisata sekitarnya

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Lepo dan Destinasi Wisata lain yang berada sekitar Air Terjun Lepo, ikuti tips yang Kami berikan berikut ini:

  • Datanglah saat pagi hari sebelum matahari terbit sekitar 04.30 WIB atau saat menjelang Sholat Subuh.
  • Kunjungi Kebun Buah Mangunan terlebih dahulu karena pada Pukul 05.00 WIB gerbang Kebun Buah Mangunan sudah dibuka, di tempat ini Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) dan Anda akan merasakan sensasi seperti berada di atas awan.
  • Sekitar Pukul 07.30 WIB, lanjut perjalanan menuju Air Terjun Lepo untuk bermain air atau mandi pagi sambil sarapan pagi.
  • Kemudian melanjutkan perjalanan ke Bukit Panguk Kediwung – Bukit Mojo Gumelem, Jurang Tembelan Kreen – Seribu Batu Rumah Hobbit – Hutan Pinus Mangunan – Hutan Pinus Asri – Bukit Lintang Sewu – Puncak Pinus Becici – Hutan Pinus Pengger.
  • Dari Air Terjun Lepo Anda bebas memilih tujuan wisata mana saja bisa beberapa atau keseluruhannya tergantung waktu dan kondisi tubuh Anda. Tetapi diakhiri dengan tujuan ke Hutan Pinus Pengger karena destinasi wisata yang satu ini masih dibuka sampai malam hari pukul 22.00 WIB. Di tempat ini Anda bisa menikmati indahkan D. I. Yogyakarta saat malam hari.
Menikmati Keindahan Alam AIr Terjun Lepo, Sumber IG @nindy_dwipratiwi and taken by @nur.mustaqim
Menikmati Keindahan Alam AIr Terjun Lepo, Sumber IG @nindy_dwipratiwi and taken by @nur.mustaqim

Biar Anda tidak penasaran dengan keindahan alam dan kesejukan mandi atau bermain air di Air Terjun Lepo segera buat rencana Anda untuk berkunjung ke sini.