Siapa yang belum pernah berwisata ke Kebun Buah Mangunan? Bicara soal tempat wisata di Jogja tak bakal pernah ada habisnya. Jika Anda sedang ingin berwisata alam di daerah Yogyakarta Anda harus berkunjung ke tempat wisata ini. Kebun buah Mangunan menawarkan pemandangan yang sangat bagus dan udara yang segar. Masyarakat dan warga sekitar sering menyebutnya negeri atas awan bantul, karena kehadiran kabut-kabut bak seperti hamparan kasur yang menggoda hasrat anda untuk tidur diatasnya.

Kebun Buah Mangunan sumber ig Foto profil a_nita1926

Kebun Buah Mangunan sumber ig Foto profil a_nita1926

Selain itu, kebun buah Mangunan juga tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati sunset dan belajar tentang tanaman, terutama tentang pembibitan buah.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika Anda memutuskan untuk berwisata ke kebun buah Mangunan, maka Anda juga bisa menikmati wisata Hutan Pinus Mangunan yang terletak di sebelahnya.

Ya, hutan pinus dan kebun buah Mangunan memiliki lokasi yang sama dan tidak begitu jauh. Jadi jika Anda masih ingin meng-explore kota Yogyakarta, Anda bisa juga sekalian berwisata ke hutan pinus.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak 15 km dari kota Bantul. Kebun buah ini sengaja dibangun untuk rekreasi serta tempat berkembang biak beberapa tanaman buah. Kebun buah ini terletak di ketinggian sekitar 150 hingga 200m di atas permukaan laut.

Nah, untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa mengikuti jalan ke arah ringroad selatan. Lurus saja sampai Anda menemukan Jalan Imogiri Timur lalu ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan pertigaan pasar Imogiri. Setelah  pertigaan lalu ambil arah ke kiri sampai Anda menemukan papan penunjuk arah menuju kebun buah Mangunan. 

Tetapi, jika Anda ingin merasakan pengalaman berwisata unik dan menarik di Yogyakarta bisa melakukan bersama kami. Karena, di provinsi kecil ini masih terdapat banyak potensi wisata yang menggoda untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda hanya cukup mengeluarkan uang 5000 rupiah saja. Uang tersebut sudah termasuk biaya parkir. Murah sekali bukan? Namun, dengan tiket masuk sebesar 5000 rupiah itu, tentu saja tidak termasuk dalam harga buah yang ingin Anda petik.

Kebun buah dengan luas 23.315 hektar yang telah dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Bantul ini memiliki banyak koleksi buah. Buah yang bisa Anda lihat adalah mangga, rambutan, jambu biji, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing hingga durian.

Karena latar belakangnya sebagai tempat rekreasi wisata, maka di Kebun Buah Mangunan, pengunjung juga dapat belajar semua tentang tumbuhan, salah satunya mengenai cara pembibitan dan cara menanam buah.

Nikmati Sunrise dari Negeri Atas Awan

Berada di ketinggian, pengunjung bakal disuguhi pemandangan luar biasa indah. Suasana perbukitan, lembah sungai, kelok sungai dan deretan pengunungan terlihat jelas dari kejauhan. Atmosfer romantis sangat terasa karena disuguhi pesona sunrise yang diselimuti gumpalan-gumpalan awan tebal. Rasanya bagaikan berada diatas awan, sangat menakjubkan.

Kebun Buah Mangunan sumber ig Foto profil blackdannett

Kebun Buah Mangunan sumber ig Foto profil blackdannett

Jika Anda ingin melihat matahari terbit dengan sangat eksotis dan berfoto dengan latar pemandangan perbukitan mangunan beserta hamparan kabutnya, lebih baik datanglah ke kebun buah Mangunan sekitar pukul 05:00 pagi. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat kabut tebal tepat di bawah Anda dan seolah-olah Anda berada di negeri atas awan. Tentunya pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda dan keluarga, karena bisa menyaksikan secara langsung fenomena alam yang begitu indah dari sebuah mahakarya sang pencipta.

Namun jika sedang musim hujan atau Anda datang setelah hujan turun, maka Anda tidak bisa menikmati sunrise di kebun buah Mangunan karena kabutnya yang tebal. Jadi datanglah saat cuaca yang tepat agar bisa menikmati sunrise di atas awan.

Demikian ulasan menarik tentang menikmati sunrise tak terlupakan di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi liburan dan wisata anda jika berkesempatan ke Yogyakarta. Jadi Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini. Selamat berwisata!