+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Ketika Anda bisa menikmati panorama keindahan Kabupaten Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta lebih luas dan bebas untuk dipandang setiap sudut, tentu menjadi kebahagiaan dan pengalaman yang luar biasa. Salah satu Destinasi Wisata yang bisa Anda gunakan sebagai spot untuk memenuhi keinginan tersebut adalah Puncak Widosari Samigaluh. Dari atas puncak ini akan membuat Wisatawan yang berkunjung terpukau ketika melihat pemandangan yang luar biasa indahnya.

Panorama Keindahan Puncak Widosari Samigaluh, Sumber IG @tuti_yuniarti

Lokasi dan Akomodasi ke Puncak Widosari

Puncak Widosari berada pada 1.017 mdpl dan secara administratif termasuk dalam wilayah Dusun Tritis dan Dusun Tegalsari, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh ke Puncak Widosari dari Kota Jogjakarta atau Jogja sekitar 41 km atau sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Rute perjalanan dari Kota Jogja bisa melalui Jalan Godean atau Jalan Kebon Agung.

Biasanya jalur yang umum dilewati oleh Wisatawan dari Jalan Godean menuju Pasar Godean, lurus sampai ke perempatan Nanggulan, belok kanan sampai ke perempatan Dekso Pasar Plono, lalu ikuti petunjuk arah menuju ke lokasi Puncak Widosari. Jika jaringan internet Anda aman atau tidak terganggu lebih baik menggunakan google maps. Tetapi jika sebaliknya jangan lupa untuk membaca petunjuk jalan atau menanyakan ke warga sekitar jalur menuju Puncak Widosari.

Fasilitas Tersedia di Puncak Widosari

Anda tidak perlu risau atau khawatir ketika berkunjung ke Puncak Widosari karena fasilitas yang tersedia di Puncak Widosari sudah cukup memadai. Seperti Musholla, area parkir, toilet, warung makan, kursi, gazebo, gardu pandang atau tempat melihat pemandangan sehingga cocok bagi Anda yang suka mengabadikan momen berwisata.

Menikmati Suasana Hening dengan Udara yang Segar di Puncak Widosari Samigaluh, Sumber IG @arifarfka_

Menariknya lagi, demi kenyamanan Wisatawan, Pihak Pengelola menyediakan fasilitas WiFi gratis. Waow, tepat juga yaaa? Apalagi di dataran tinggi kadang sulit jaringan internet. Tetapi disini malah sebaliknya sehingga momen upload foto dari atas Puncak Widosari terasa banget. Tidak sedikit Wisatawan yang ingin segera menceritakan keseruan berwisata ke tempat ini dengan mengupload ke sosial media melalui jaringan WiFi yang tersedia.

Keindahan Puncak Widosari

Keindahan alam Puncak Widosari yang begitu luar biasa bisa disaksikan dari atas ketinggian Puncak Bukit Widosari. Selain pemandangannya yang eksotis, Wisatawan akan dimanjakan dengan kesejukan udaranya yang bersih dan alami. Puncak Widosari juga memiliki keunikan tersendiri karena dilihat dari bawah, punggung bukit Widosari menyerupai bentuk wajah Manusia.

Berbagai spot kece yang bisa Wisatawan dapatkan di atas puncak bukit ini, seperti menikmati sunrise dengan latar Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro di pagi hari, tetapi saat cuacanya cerah. Di siang hari, Anda akan dimanjakan dengan keindahan garis pantai Laut Selatan yang terlihat jelas dari kejauhan. Warna alami yang kontras dengan perpaduan langit biru dan hijaunya perbukitan membuat mata yang melihatnya terkagum-kagum. Ketika sore hari, Anda akan disuguhi dengan keindahan sunset yang begitu epic.

Menangkap Sunrise yang akan terbit di Puncak Widosari Samigaluh, Sumber IG @endah_supeni

Apalagi ketika sunset tidak terlihat dan diganti dengan gemerlap lampu Kota di Jogja, Magelang, dan Purworejo di malam hari tidak kalah mempesona, membuat suasana Puncak Widosari semakin syahdu. Suasana alamnya yang masih sangat asri dengan pemandangan alam yang begitu indah memberikan ketenangan tersendiri, sehingga membuat pikiran semakin tenang. Sangat cocok untuk Wisatawan yang ingin refreshing dan sejenak menyingkir dari hiruk pikuk kesibukan kota.

Akses ke Destinasi Wisata Lain

Ingin merasakan suasana yang berbeda, tenang saja karena di sekitar Puncak Widosari terdapat destinasi wisata lain yang tidak kalah menariknya. Anda bisa mengunjungi Kebun Teh Tritis dan Kebun Teh Nglinggo yang berjarak sekitar 3 km, kamu bisa sekalian mampir ke tempat wisata tersebut agar momen liburanmu semakin lengkap. Selain Puncak Widosari, terdapat juga puncak yang bisa Anda manfaatkan untuk menikmati keindahan alam di atas bukit dengan sensasi yang berbeda yakni Puncak Suroloyo yang hanya berjarak sekitar 4 km dari Puncak Widosari.

Harga Tiket dan Waktu Buka Puncak Widosari

Dibalik keindahan Puncak Widosari sebagai Destinasi Wisata, harga tiket Puncak Widosari Samigaluh cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 3.000 per orang. Biaya parkir Rp. 3.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil. Meminjam berbagai jenis tulisan sebagai peralatan dikenakan biaya Rp. 2.000 dengan bebas memilih jenis tulisan. Sedangkan waktu buka Puncak Widosari setiap hari Senin s/d Ahad, Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Puncak Widosari

Menggambarkan Keindahan Alam secara Langsung di Puncak Widosari Samigaluh, Sumber IG @ruslimages

Beberapa hal yang menjadi perhatian ketika berencana untuk mengunjungi Puncak Widosari, diantaranya:

  1. Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan aman karena medan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok sama seperti jalur perbukitan pada umumnya.
  2. Persiapan fisik Anda perlu diperhatikan karena setelah parkir kendaraan, Anda harus berjalan menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak.
  3. Anak tangga sudah dilengkapi dengan pagar dan sling baja yang kuat di setiap sisi kiri dan kanan, walaupun demikian namun tetap harus ekstra hati-hati saat menaiki anak tangga karena di kanan kiri adalah jurang yang curam.
  4. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Widosari adalah saat cuaca cerah, agar dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset secara langsung.

Penasaran dengan keindahan alam Puncak Widosari? segera buat rencana untuk berkunjung ke sini. Sebagai salah satu jasa tour wisata di Yogyakarta Antareja Tour siap menemani Anda selama berwisata. Antareja Tour adalah salah satu Jasa Tour Wisata yang menerapkan konsep wisata halal yang menenangkan. Jika Anda berminat bisa menghubungi Kami melalui kontak yang tersedia di laman website resmi antarejatour.com atau melalui instagram Kami @antarejatour.